101 'The EXO'luXion' Serpong [51 - 101]

Friendly reminder: SUPERLONG POST!
'The EXO'luXion' Serpong adalah konser EXO kedua gue setelah 'The Lost Planet in Jakarta' 2014 dan 'The EXO'luXion in Singapore' Januari 2016 kemarin. Ada 101 momen yang terjadi, dalam hidup saya untuk lebih spesifiknya, sebelum konser, saat konser, dan setelah konser.

50 momen sudah gue tulis di bagian satu dari tulisan ini. Klik di sini untuk membaca sebelum melanjutkan ke 51 momen selanjutnya.

Fasten your seatbelt again and lets go!

51. Teriak Aja Semua! Teriak!

Gue bener-bener excited menunggu konser ini walaupun sebelumnya sudah pernah melihat aksi panggung EXO di Singapura. Sekali lagi, konser di Indonesia, di negara sendiri tentu saja lebih nonjok di hati.

Konsernya ngaret cukup lama. Setelah masuk ke Blue dan ketemu sama beberapa temen-temen gue di sana, gue berdiri cukup lama sebelum akhirnya lampu utama dimatiin dan VCR pertama dimulai. Yang lucu dari fans Indonesia tuh sebenarnya adalah reaksi mereka setiap kali pergantian lagu yang diputer buat mengisi kekosongan antara jadwal masuk venue sampai konser di mulai.

Setiap keputer lagu apa, fans langsung "KYAAAAAAAAAAAAAA!" Setiap keputer lagu apa langsung "AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK!"

Yang lebih lucu lagi, pas video promosi SM Global Audition diputer. Anjir. ITU CUMA VIDEO WOYYYY!!!!!! KENAPA PADA HEBOH BANGET!!!!! Ya Allah. Nggak heran baru berapa lagu pertama pada pingsan. Ya wong dari pagi udah panas-panasan di luar, kemungkinan pas di dalem makan nggak cukup karena makanan nggak boleh masuk ke hall dan kalau beli di dalem harganya selangit (AIR MINERAL YANG DI AEON Rp 1,500 mereka jual di venue MAHAL BANGET!!!!!!!!!!!!), di dalem malah teriak nontonin video.

WKWKWKWKWK

Next concert, kalo nonton lagi, pastikan makan yang banyak, minum yang cukup, dan cuekin aja lagu-lagu yang diputer itu apalagi video-videonya. Simpan energi untuk show yang sebenarnya. Plis...?

52. Panggungnya Tinggi Banget?


Mungkin gue pendek banget sampai-sampai ketika gue masuk ke Blue itu nggak perlu nunduk pas ngelewatin bawah panggungnya. Eh tapi pas gue berada di wilayah Blue sana, gue ternyata baru sadar bahwa bodyguard yang tingginya dua kali lipat gue pun nggak nunduk ngelewatin bawah panggung itu.

Kenapa panggungnya tinggi banget?!?!? Terlebih di bagian-bagian belakang. Itu kayaknya lebih dari dua meter! Tapi gue nggak tahu sih yang di depan kayak gimana. Soalnya pas di Singapura, panggungnya nyaris setinggi gue. Atau paling nggak 10 - 20 cm lebih tinggi dari gue. Sementara yang kemaren kayaknya sih itu 2 meter lebih.

Tapi nggak tahu juga deng. Nggak sempat bawa meteran.

53. DAMN THIS BACKPACK!

Karena gue nginep di hotel deket venue, otomatis gue bawa banyak sekali barang. Tapi gue nyesel nggak nyimpen sebagian besar barang yang ada di ransel gue di mobil siangnya. Padahal baju-baju kotor gue udah masuk ke sana semua. Alhasil sepanjang konser itu gue bawa ransel dan.... shit... aktivitas berlebih gue membuat semuanya jadi terasa berat aja. HAHAHAHAHAHA

I mean, gue tidak berniat untuk stay di satu lokasi aja. Melainkan akan lari ke kiri dan ke kanan, ke depan dan ke belakang. Membawa ransel membuat pergerakan gue bener-bener jadi tidak nyaman. Kebiasaan sih kalo nonton di pager, ranselnya pasti ditaruh di bawah seberang pager, kalo nggak ya diiket di pager pake tali rafia. Lah sekarang digotong terus. Sebel.
Tip: kalo konser mending bawa kantong ajaib Doraemon aja -.-
54. Security Menyamar Jadi Fans?

Maafin kalo gue su'uzon lagi nih. Kayaknya ketularan sama staf nih su'uzon berlebihan sampai geledah sana geledah sini grepe sana grepe sini. Tapi gue inget banget sama yang satu ini.

Mengingat sekarang promotor sangat gencar soal keamanan (baca: kamera, bukan bom), sekarang security-nya pake cara yang cukup oke buat merazia mereka yang berhasil ngumpetin kamera ke dalam ruangan konser. Caranya adalah ya masuk di antara kerumunan fans dan menyamar jadi fans.

Oke, nggak bener-bener menyamar jadi fans sih. Soalnya kalo dipikir secara logika juga nggak mungkin fans EXO pake polo shirt ketat sampe otot-otot dadanya keliatan terus bagian bawahnya dimasukin ke celana terus dia pake earpiece gitu tapi bawa lightstick di tengah-tengah kerumunan. Begitulah cara security di konser ini merazia fansite kemaren.

Jadi dia bakalan berdiri di belakang dan perhatiin semua orang sambil angkat-angkat lightstick, terus kalo dia sudah menemukan mangsa, dia bakalan ngomong di earpiece-nya dan nanti dua orang lain akan datang dan menggotong tersangka keluar dari section itu.

ANJEEEEEEEEEEEEEEEER.

Dan security yang berperan sebagai secret service itulah yang waktu itu gue lihat melintas di bawah panggung tanpa nunduk sedikitpun dan membuat gue yakin kalo panggungnya tinggi. Tapi dia cukup bisa dimanfaatkan, omong-omong. Terlebih ketika gue butuh melintasi kerumunan dari kiri ke kanan. Gue tunggu aja dia bergerak pindah dan gue tinggal jalan di belakangnya tanpa hambatan.

Makasih!

55. Konsernya Kok Nggak Mulai-mulai?

Seharusnya setelah lagu Indonesia Raya diputar, VCR pertama langsung mulai tuh. Tapi ini malah jeda lagi ditambah lagu lagi. Sebel banget. Ngaret berapa belas menit deh gitu konsernya. Mau duduk tapi nggak bisa karena takut terjadi sesuatu yang mengenaskan dan gue terinjak. Tapi berdiri juga pegel banget sama ransel.

Akhirnya gue di belakang ngerumpi dulu sama anak-anak Genggils dan memberitahu rencana gue hari itu.
"Pokoknya gue mau ngejer Baekhyun sama Suho nih! Udah siap lari-larian. Nanti pas lagu 'Don't Go' gue mau cover dance sok-sokan nari kupu-kupu yang lucu," kata gue.
Dan ketika konser dimulai, sedetik rasanya seperti deja vu. Sedetik kemudian panggung mendadak nggak keliatan. PANDANGAN KETUTUPAN HANDPHONE SEMUA.

ISTIGFAR!



56. WELCOME TO THE EXO'LUXION!

Momen VCR pertama memang selalu memberikan efek deg-degan yang parah sih. Walaupun ini sudah kedua kalinya gue nonton konser yang isi VCR-nya sama dan list lagunya juga sama, tapi tetep aja membekas. Mana lagi ini akan jadi konser EXO pertama gue nggak berdiri di depan pager seperti dua konser sebelumnya.

Gue teriak kenceng banget ketika VCR mulai sampai-sampai mungkin orang yang ada di belakang gue jijik sama tingkah gue dan bergumam dalam hati, "Kalau ini anak teriak lagi akan gue tebas kepalanya pake lightstick!"

Tapi bodo amat. Kalau mau sepi ya di kuburan aja mbak, jangan di konser. Dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga gue sudah menyiapkan kekuatan serta mengenyampingkan harga diri. Pokoknya hari ini gue cuma buat EXO dan Baekhyun dan Kim Jun Myeon.

Ya walaupun pemandangan di depan gue handphone semua.

"WELCOME! TO THE EXO'LUXION!"

Dan fans lalu ber-KYAAAAA KYAAAA tanpa henti.

57. Menari Seperti Sapi

Gue bener-bener nggak bisa menyembunyikan rasa seneng itu pas lagu pembuka dimulai. Nggak cuma teriak-teriak aja, tapi gue berusaha menunaikan janji gue untuk cover dance di sana. WAKAKAKAKKA GOBLOG! Gue aja nggak jago nge-dance tapi pas denger lagu 'Overdose', 'History' sama 'El Dorado' itu gue nge-dance nggak karuan.

Walaupun space di belakang nggak yang seluas apa, tapi cuek aja. Mungkin sempat ada momen di mana orang di belakang gue kakinya keinjek atau gimana. Tapi gue tetep aja menari seperti sapi. SENENG BANGET! BARU PERTAMA KALI KONSER EXO KOK KAYAKNYA BEBAS BANGET BERGERAK.

Biasanya dada udah di pager, punggung didorong-dorong dari belakang dan tinggal nunggu memar-memar aja tuh di bagian depan. Tapi kali ini aku bahagia. Melepaskan semua beban di dada dan menari bersama Kim Jun Myeon dari kejauhan. WKWKWKWKWK

MOST FAVORITE PART: "SAIL SAIL SAIL GOTTA GOTTA GO GO!" Terus dilanjutkan dengan adegan waving like a striptease dancer.

58. KENAPA KEBELET PIPIS?! KENAPA?!?!

Banyak minum itu penting. Tapi efeknya juga harus dipikirkan. Tapi daripada pingsan dan nggak bisa nonton konser sampe abis kan mending pipis, izin ke toilet sebentar (BERASA ULANGAN UMUM PAKE IZIN DULU KALO MAU PIPIS!) dan masuk lagi. Itulah yang terjadi padaku yang hina ini.

Di tengah-tengah kenikmatan gue menari-nari seperti sapi di tiga lagu pertama, gue mendadak kebelet pipis. BENXXXIII BANGET SAMA METABOLISME! Timing-nya loh, pas banget ini lagi orang-orang mau nge-dance 'Don't Go' yang sudah gue tunggu-tunggu!

Gue nggak menyerah dengan keadaan. Gue tahan sedikit pipisnya sambil mensugesti diri gue bahwa gue bisa akan menahannya sampai VCR kedua dimulai. Sebenarnya hasrat ingin pipisnya ini sudah terasa sejak Indonesia Raya. Tapi ya dasar orang mager, mau keluar tuh rasanya males banget.

Sebenarnya males ditanya-tanyain sama security sih kenapa keluar bla bla. Males juga kalo harus diperiksa lagi tasnya dan macem-macem. Jadi aja ditahan sampai VCR kedua. Karena yang penting sekarang adalah harus dance 'Don't Go' dulu.

59. That Moment When You Realised That EXO Leader is Now Chanyeol, Not Suho.

Di Ment pertama, setelah "WE ARE ONE! ANYEONGHASEYO EXO-IMNIDA!" gue mau ketawa kenceng banget, tapi akhirnya gue ganti dengan teriakan "SARANGHAEYO PARK CHANYEOL!" WAKAKAKAKAKKAKA

Enggak tahu deh apa yang terjadi di depan ya, karena gue daritadi cuma fokus ke gerakan cover dance abal-abal gue doang di belakang. Tapi kayaknya Chanyeol kembali menyaksikan adegan berdarah-darah dan pingsan-pingsanan? Atau dari panggung adegan dorong-dorongannya sangat keliatan atau gimana?

Ya pasti keliatan sih orang panggungnya aja tinggi banget. Tapi gue mendadak ketawa pas Suho bilang, "Sebelum kita mulai, Chanyeol mau bilang sesuatu dulu,"

I mean... LEADER-NYA SIAPA SIH?! KALO EMANG MAU NYURUH FANS NGGAK USAH DORONG-DORONGAN KENAPA NGGAK ELO AJA YANG NGOMONG, KIM JUN MYEON?! KAN ELO LEADER-NYA?!

Dan di situlah kemudian konser ini berubah jadi latihan Senam SKJ.

"Ya, mundur tiga langkah ya, satu, dua, tiga,"

Ada gitu yang mundur? WAKAKAKAKKA Di belakang kayaknya nggak keliatan ada yang mundur tuh.

Sumpah sih ini lucu banget. Dan makasih loh Park Chanyeol, dari awal sudah menunjukkan bahwa anda tidak dalam kondisi mood yang bagus. #SU'UZON #JANGANSOTOYDEHRON! #MULUTSAMPAHDASAR!

(Ya itu persepsi gue sih. Maafin kalo nggak setuju :p)

60. Heboh Banget Sampai Soundsystem Kalah Sama Suara Fans

LIKE SRSLY.

Fans Indonesia tuh daebak kalo urusan teriak dah. Selama mereka ngomong gue di belakang entah apakah karena nggak fokus dengerin mereka, atau emang soundsystem-nya nggak terlalu berasa enak di kuping atau gimana. Tapi sesi Ment pertama itu gue nggak denger apapun kecuali teriakan fans. Hihihihihi...

Mana lagi translator-nya kadang-kadang nggak bisa keep up sama omongan mereka dan langsung sum up everything gitu kan jadi makin lucu. Dan kenapa translator yang digunakan itu lagi itu lagi. HAHAHAHAHA.

61. Ehmm.. Nggak Ada Sama Sekali Nyebut Lay Nih?

Sedih karena Lay nggak dateng dan pengumumannya hanya beberapa jam sebelum konser dimulai. Tapi lebih sedih lagi karena di panggung kayaknya nggak ada yang inget ya kalo Lay itu hari ini nggak dateng? :")

Ya aku juga sebenarnya lupa sih kalo EXO tuh masih punya Lay. Sampai pas 'Don't Go' gue sadar kalo ada part Lay yang dinyanyiin Xiumin sama beberapa member lain. Gue inget banget soalnya pas 'Don't Go', Lay itu posisinya di depan banget. Dan malam itu yang di depan member lain.

Ah sedih sih... Lay lama-lama bakalan kayak Kibum dan lama-lama bakalan nggak aktif lagi di EXO... dan lama-lama bakalan......

#EA #DIAMLOMULUTSAMPAH(2)

62. The Butterfly Dance

Oh! Oh! Oh! Finally! Pas Ment pertama abis, gue sudah ancang-ancang untuk cover dance 'Don't Go' nih. WKWKWKKW. Sebenarnya gue sudah rencana untuk nge-dance ini ketika EXO tampil di panggung. Enggak kok, bukan mau meniru kesuksesan fans Filipina. Tapi hanya sekedar pengen aja, random, mengingat ini konser pertama gue bisa lari-lari di belakang.

Dari awal sampai abis lagu gue nyanyiiiiii aja dan setiap gerakan di refrain berusaha gue ikutin dengan nista dan bersenang hati. Padahal bagian bawah tubuh gue sudah hampir mati rasa karena ingin pipis. Tapi ya tetep aja nggak bisa ke toilet karena VCR kedua belom juga dimulai.

Gerak-gerak berlebihan adalah cara terbaik saat kebelet pipis. Tapi gue takut aja sih sebenarnya ngompol di situ. Kan nggak lucu. Tapi kondisinya nggak sampai yang separah itu Alhamdulillah masih bisa ditahan sedikit. Pokoknya pantang keluar sebelum VCR kedua diputar!

Dan kedua jempol gue bertemu, jari-jari yang lainnya berusaha dibuat ngetril, supaya pas adegan kupu-kupu terbang di bagian refrain lagu gerakannya jadi sempurna. Dari kejauhan gue ngeliat Suho dan Baekhyun sambil ketawa-ketawa sendiri.

63. Fancam-ing Sambil Lari-larian

Terima kasih buat semua fans yang saling dorong ke depan di Blue karena membuat bagian belakang Blue jadi leluasa untuk lari-larian. Pas 'Playboy' beruntung Baekhyun ke bagian kiri panggung dan gue buru-buru buka handphone Lumia 1020, berusaha membuktikan kalau hape ini emang bagus buat fancaming konser dalam jarak yang dekat. Selama beberapa detik, akhirnya, gue merasakan pengalaman pertama fancaming sambil lari-larian.

Sayangnya pas lagu itu Baekhyun nggak lama berdiri di sana. Yang lama malah Chanyeol sama Chen. Bahkan sedetik dan itupun kayaknya delusi gue aja sih. Chanyeol sempat ngelirik ke kamera gue. Kemudian dia dan Chen dance di atas panggung setinggi dua meter itu dan bikin sakit leher ngeliatinnya.


Sementara gue masih berusaha nahen pipis sampai akhirnya Sehun muncul di 'Baby Don't Cry' dan gue nungguin di situ sampai dia kelar perform. Sayang sekali kamera gue selalu hilang fokus. Alhamdulillah dijauhi dari zinah mata.

'My Answer' nggak terlalu menikmati karena memang penampilannya juga jauh di depan sana dan nggak akan keliatan meski mau di zoom berapa kali juga kalo pake handphone itu. Jadi yaudah pasrah menunggu VCR kedua dan buru-buru lari ke toilet.



64. ALHAMDULILLAH BISA PIPIS!!!!

Entah gimana caranya akhirnya gue, Ririn dan kak Tifa ketemu di belakang. Padahal tadi pas awal-awal kayaknya mereka sudah ada di depan pager deh. Mungkin karena mereka mundur atau gimana gue nggak tahu. Tapi itu gue anggap sebagai berkah karena gue bisa titip tas untuk pamit pipis setelah VCR kedua dimulai.

"Plis Yin, jagain tas aku, butuh pipis banget, nggak tahan!" kata gue agak serak. Baru sadar kalo suara juga udah rada abis karena teriak dan ngos-ngosan ngejer buat fanca, ditambah cover dance abal-abal.

Ririn tentu saja tidak menolak dan gur buru-buru lari ke toilet dan izin dulu sama security di sana. Ternyata emang suara konser di dalem itu bocor banget sampe luar ya? Sampai-sampai di toilet gue masih samar-samar bisa denger lagu 'My Turn To Cry'.

Kalo pas siang toiletnya rame banget, pas konser dimulai tentu saja sepi. Cuma ada satu orang yang lagi ngepel. Pas selesai dengan urusan perpipisan, gue random aja nanya ke yang lagi ngepel,

"Ada air minum gak?"

"Nggak ada."

Sementara gue butuh minum sebelum lanjut ngalay di dalam.

"Yaudah saya minum air keran aja."

Dan dengan bergelaskan telapak tangan, seteguk, dua teguk, tiga teguk, YAH KETERUSAN HAHAHAHAHAHAHA gue minum air keran itu sebelum kembali lari ke dalem dan pas banget VCR kelar.

65. Jeda yang Terlalu Lama antar Lagu! GANGGU!

Entah apakah yang lain sadar atau enggak, tapi kayaknya ada banyak sekali hal-hal yang mengganggu di konser ini. Selain gue tentu saja WKWKWKW Ngerasa nggak sih kalo jeda antara VCR ke lagu dan beberapa jeda lagu satu ke lagu yang lain itu agak lama? Gue sih ngerasa. Dan yang paling berasa itu ya abis VCR kedua ke 'The Star' itu.

Mungkin karena panggung utama belum kelar digeser besi-besi tingginya atau gimana, nggak tahu. Tapi yang jelas itu kosongnya lama banget pokoknya sampe harus ada musik-musik instrumental tambahan supaya nggak hening. Cukup mengganggu sih kalo menurut gue. Terlebih di SM yang mana mereka perfeksionis banget kalo soal konser.

Tapi di satu sisi bagus juga ada jeda yang lama kayak gitu. Karena EXO sendiri keliatan sangat ngos-ngosan entah apakah karena udara yang panas atau mereka yang berlebihan gerakannya nggak tahu juga. Jeda yang lama itu setidaknya bikin mereka bisa istirahat barang-barang semenit kan lumayan juga.

Atau... sebenarnya masalah bukan di panggung. Tapi di kostum. Mungkin ganti bajunya kelamaan karena ada retsleting nyangkut? Bisa jadi. Ya kita mah nggak pernah tahu apa yang ada di belakang panggung. Jadi iyain aja.

66. Dan Cover Dance Abal-abal Berlanjut!

I was terribly happy di tiga lagu selanjutnya. Tapi dari 'The Star', 'Exodus' dan 'Hurt', dua yang terakhir adalah favorit gue. Adegan dance cover alay gue pun berlanjut. Karena emang nggak ada hal lain yang bisa gue lakukan ketika itu mengingat mereka perform-nya di panggung depan banget kan.

Gue pun mulai meniru gerakan-gerakan membekap mulut sambil menjulurkan sebelah tangan dengan telunjuk terangkat ke udara pas 'Exodus', dan berusaha sebisa mungkin untuk menirukan gerakan cacing kepanasan di 'Hurt' pas bagian "You hurt~~~ me~~~ SO BAD SO BAD~" Bagian yang selalu jadi favorit gue sejak album 'EXODUS' dirilis.

Dan adegan dance inipun berlanjut sampai lagu-lagu berikutnya. Pas 'Xoxo' gue dengan bahagia meniru gerakan mereka yang goyang-goyang pantat sambil tangan diangkat ke atas kayak di iklan Kolon Sports itu. ADUH POKOKNYA GUE BAHAGIA BANGET DEH LELUASA SEKALI SOALNYA DI BLUE BELAKANG.

Sementara pas 'Lucky', gue nggak bisa kontrol dan loncat-loncat tanpa henti. Lagu ini momentum banget di 'TLP 2014' jadi gue nggak akan bisa diem mendengarkannya. Tapi sayang yah, adegan ganti-ganti baju di siluet itu nggak terlalu lama. Cuma sekelebatan. Oh iya, adegan pas waktu berhenti di 'Peter Pan' juga nggak lama. Sayang banget :p

Yah nasib Indonesia lah seadanya aja. EXO mampir aja udah syukur. WKWKWKWKKKW



67. "Gila Ron! Chanyeol ganteng banget!"

The best thing about this concert adalah gue nonton sama temen-temen gue yang rumpi WAKAKAKKA Kak Tifa yang baru aja ke belakang lagi setelah ngeliat Chanyeol dari dekat langsung teriak ke gue, "GILA RON! CHANYEOL GANTENG BANGET!"

Sementara gue sudah bilang ke dia sejak lama kalau Chanyeol bukan bias gue, tapi tetep aja hari itu dia berusaha spazzing Chanyeol ke gue. Meanwhile, karena adegan dia ceramah di awal tadi gue makin yang HAHAHAHAHAHAHA sama Park Chanyeol. Walaupun gue teriakin juga Park Chanyeol saranghae.

"Putih banget! Ganteng banget parah!" kata kak Tifa lagi.

"Ehem... kak, lo belom liat Suho dari deket kan? Tadi ngejer Chanyeol kan? Yuk, ikut gue yuk, kita kejer Suho. Biar lo liat nanti Suho aslinya kayak gimana kalo dari deket," kata gue kalem.

"Bener ya?! Awas lo kalo ternyata Suho biasa aja!"

Ya gak mungkinlah Suho biasa aja. HELLAW~

68. "ANJIR! ANJIR! RON! SUHO RON!"

Karma does exist. Ketika Suho sudah mulai merambah ke bagian belakang panggung, gue ngintilin dia ke sebelah kanan dan kak Tifa ikut sama gue terus. Di situlah kemudian dia teriak di kuping gue kenceng banget.

"ANJIR KIM JUN MYEON! ANJIR! RON! SUHO RON!"

Dan gue hanya bisa tertawa puas.

"Kak, makasih atas pujiannya tapi itu nggak perlu. Dia memang sudah seperti itu dari dulu kak. Kamu udahlah ngefans aja sama Chanyeol. Biarin Suho fans-nya dikit kak. Jangan nambah sama kamu," kalem aja nih gue.

"NGGAK BISA! FIX SUHO JADI BIAS GUE!"

Ya selamat jatuh ke perangkap orangtua.

69. Poor Our Three Main Vocalist

Kita semua nyanyi di hampir semua lagu. Tapi yang paling berasa sebenarnya pas 'Miracles In December' sama waktu 'Sing For You'. Simpan dulu yang 'Sing For You' sampai nanti poin berikutnya. Tapi di 'Miracles In December', semuanya mengerahkan tenaga untuk nyanyi bareng EXO. Sampai-sampai mungkin fans nggak sadar kalo Chen sempat struggle banget buat hit the high note dan terdengar fals.

Sebenarnya sejak 'Exodus' suara Chen sama D.O udah berasa banget bedanya. Baekhyun pas bagian "She's dangerously hot!" itu juga berusaha agar tak goyang (suaranya bukan bokongnya). Gila sih mereka semua bener-bener capek. Entah apakah karena efek konser Amerika atau gimana. Tapi yang paling ngenes pas Chen nyanyi terus sempat berenti sejenak di nada tinggi terus nyambung lagi.

Positive thinking aja deh itu karena dia berusaha memberikan apresiasi kepada fans yang ikut nyanyi juga. Sampai dipuji Xiumin loh!

70. Dan Semua Fanboard Bermuka Aneh Itu Di-notice EXO

"Kami lihat banyak fans Indonesia yang bawa muka-muka aneh kami ya!" kata siapa deh, entah Suho apa siapa. Sebelum akhirnya Baekhyun ngambil salah satu muka jelek dia dan diperagain di atas panggung. WIHHHHH.... Manteb.

Setelah itu semua fanboard muka-muka jelek pun mulai berani diangkat lebih tinggi dari sebelumnya. Sementara gue hanya ketawa aja di belakang nungguin Suho ke situ karena gue pengen kasih liat dia fanboard 'Glory Day' dan Byun Yo Han gue.

71. Chanyeol Ceramah Terus!

Entah apa yang disaksikan Chanyeol di atas panggung sampai-sampai setiap ada kesempatan untuk bicara dia selalu minta fans untuk nggak dorong-dorongan, nggak lempar-lemparan benda ke panggung dan semacamnya. Yang bikin ngakak sekaligus agak miris sebenarnya, ada momen di panggung tengah pas Ment, ketika Chanyeol baru aja bilang "Jangan ada yang lempar-lempar barang ke panggung ya. Kita nggak mau ada yang terluka," WUUUSSSSHHH ada benda yang naik panggung karena dilempar dari depan dan itu jatoh depan Baekhyun persis.

Terus muka Baekhyun langsung mengeluarkan ekspresi side-eyeing tapi terus ketawa gitu. Hahahaha... Karena gue juga pernah lempar fanboard ke panggung sekali, jadi gue nggak berhak buat melarang siapapun untuk lempar sesuatu ke panggung juga. Walaupun pembelaan gue, gue lemparnya pas panggung kosong, bukan pas orang-orang lagi Ment. WKWKWKWKWKWKW

Dan setelah itu Chanyeol jadi hobi banget ceramah. Lama-lama dia jadi Mario Teguh juga nih ah!

72. "Wanbyeokhan areumdaun!"

Fans Indonesia juara ketika disuruh teriak. Makanya pas lagu 'Machine' itu nggak ada yang gagal mengeluarkan tenaga terkuat mereka buat teriak. Walaupun di depan-depan sudah banyak sekali orang yang pingsan, tapi yang lain masih kuat aja buat teriak dan diajak "WANBYEOKHAN AREUMDAUN!"-an.

'Full Moon', 'Machine', 'Drop That', 'Let Out The Beast' sama 'Run' adalah deretan lagu yang emang paling ditunggu-tunggu di konser ini. Paling suka pas adegan Baekhyun naik sling pokoknya. Dia mainin lasernya lebih seru ketimbang pas di Singapura. Kali ini lebih atraktif dianya.

Dan pas 'Drop That', gue ngejer Suho sampe ke belakang-belakang tuh. Entahlah itu gue dapet momen atau enggak dilihat sama dia pas gue angkat fanboard 'Glory Day' gue ke dia. Tapi dia kayak nunjuk-nunjuk gitu ke gue. Delusi sih ini sebenarnya. Tapi gue seneng banget. Kim Jun Myeon yang banyak gaya itu akhirnya ada momen sama gue. Walaupun kayaknya sih delusi.



73. Oh Crap! Chen's Dance Is Way Better Now!

Ini harusnya ada di poin sebelum gue pipis. WKWKKW. Jadi pas 'Playboy' gue sempat fancamin Chen sama Chanyeol yang kebetulan kebagian daerah di belakang sebelah kiri di Blue. Dan di situ gue perhatiin kalo ternyata dance-nya Chen sekarang jauh lebih keren dari sebelum-sebelumnya. Katanya kan dia tuh yang paling susah kalo urusan dance, ya maklum main vocalist. Tapi sekarang udah oke banget!

Beruntung dia disandingkan dengan Chanyeol. Karena, maaf banget nih sekali lagi ya maaaaf banget, dance Chanyeol di situ agak sedikit lebih jelek dari Chen. Nggak ini jujur karena rekaman fancam gue mengatakan demikian. Bukan karena bias atau gimana. WAKAKAKAKAKAKKA

Dan pas Chen ada di section itu, sayup-sayup ada fans yang teriak, "ANJIR CHEN TERNYATA GANTENG BANGET!"

Dan komentar Eky yang gue ceritain after concert, "YA KEMANA AJA! JONGDAE EMANG GANTENG!"

Selamat!



74. Ada yang Minta Selfie di Tengah-tengah Konser! WAKAKAKKA

Mungkin beberapa orang eneg kali ngeliat gue ke sana ke mari ke sana ke mari. Tapi maaf-maaf ni, gue sedang mencoba menikmati momen aja karena kapan lagi bisa kayak gini. Kalo merasa terganggu pada saat itu maaf-maaf banget deh nih hahahaha

Tapi lucunya, ada salah satu, entah, gue harus nyebutnya apa, temen baru yang ketemu di situ dan kayaknya dia tahu gue dari Twitter atau blog entah gue pun nggak yakin, yang kemudian minta selfie di tengah-tengah konser EXO.

EGILAK! HAHAHAHAHAHAHAHAHA MAU KETAWA TAPI GIMANAHAHAHAHAHA KENAPA SIH RANDOM BANGET CHINGUYAK WAKAKAKAKAKKAKAKA

75. Sebenarnya Mau Ngeluarin Kamera, Tapi...

Alasan kenapa gue nggak meninggalkan ransel gue di mobil sebenarnya karena gue bawa kamera. Bukan kamera digital, tapi kamera yang gue bawa pas TLP 2014 juga. Pengen banget sebenarnya gue ngeluarin kamera itu dan rekam semua yang bisa gue rekam saat itu. Tapi gue orangnya sepenakut itu kalo berurusan sama security. Gue nggak berani.

Alhasil itu kamera cuma diem aja di bawah celana jins yang gue jejelin di bagian bawah tas gue. Padahal banyak banget kesempatan untuk ngeluarinnya. Tapi tetep aja nggak berani. Akhirnya gue hanya menikmati setiap momen dengan teriak, loncat, mengayun-ayunkan lightstick, dan berlari-lari, tanpa disibukkan dengan kamera. Seru sih, jadi fokus.

76. Security pun Beraksi!

Yang seru ketika berada di belakang adalah bisa menyaksikan banyak hal yang nggak bisa dilihat ketika berdiri di depan pagar. Bukan cuma EXO yang bisa lo tonton, tapi juga adegan kucing-kucingan antara fansite dan security.

Ada satu momen gue lagi kalem banget nge-dance nggak karuan ketika tiba-tiba security yang tinggi tadi manggil dua orang temennya buat meringkus seorang fansite cewek yang ketahuan sedang motret. Kameranya nggak terlalu besar sebenarnya, kamera DSLR yang standard-lah lensanya. Tapi sial aja dia ketahuan.

Akhirnya dia digiring sama dua security lain yang pake rompi oranye, keluar dari kerumunan dan diperlakukan kayak orang abis kena razia narkoba. Kasian sebenarnya :"( Tapi ya mau gimana...

77. KaiSoo... Why So Receh...

Banyak yang nunggu momen Chanyeol-Baekhyun ya? Tapi sepanjang konser entah apakah gue yang nggak liat atau emang nggak ada, gue nggak tahu. Tapi Kai sama D.O sih membara banget. Sebel nggak sih sama si Kyungsoo-Kyungsoo ini?

Nggak cuma momen dia ngelepas jaket karena kepanasan doang yang bikin gue pengen jewer dia. Tapi setelah dia lepas jaketnya itu, dia bantuin Kai buat ngelepas jaketnya Kai. Ya kan sebel. Shipper langsung pada histeris. Belum lagi di salah satu momen setelah 'Lucky' dan pas baru awal '3.6.5' si Kyungsoo-Kyungsoo ini ngebenerin kerah bajunya Kai.

LIKE.

WHY.

KYUNGSOO.

WHY...........

#TEAMKAISOO #KAISOOISREAL

78. Yang Dikejar Selalu Gagal, yang Nggak Dikejar Malah Banjir

Gue bicara soal Baekhyun. Setelah momen di Singapura itu gue baper banget nih sama Baekhyun. Padahal niatnya waktu itu mau ngejer Suho. Eh malah dapetnya Baekhyun. Ya sama-sama bias sih, tapi ya tetep aja, Suho malah cuek banget WKAKAKAKAKAK Tapi di Jakarta, pas giliran ngejer Baekhyun, eh malah seringnya dapet Suho.

Eh enggak deng.

Malah Chanyeol yang banyak di fancam gue. Walah walah walah...

Gue berusaha untuk selalu ada di lokasi di mana Baekhyun berdiri ketika dia sudah sampai di bagian belakang Blue. Tapi fokusnya dia adalah ke Green. Ya jadilah cuma dapat punggungnya doang. Emang ni nggak jodoh sama Baekhyun-Baekhyun ini... Mungkin dia jodohnya emang sama Kim Taeyeon.



79. Kim Jun Myeon yang Superreceh :"(

Tolong. Suruh dia diem sebentar aja.

Supaya fancam gue bisa bagus. Thanks.



80. Everyone was Supertired...

Mau ketawa pas Suho (yang mungkin akhirnya sadar kalo Chen suaranya udah mau ilang, D.O hampir fals di nada tinggi, Baekhyun berusaha keras supaya nggak malu-maluin pas nyanyi karena juga terasa aneh di beberapa bagian) bilang, "Wah, hari ini semua member kerja keras banget ya!"

WKWKWKWKWKWK Mau nyindir apa gimana nih Suho sebenarnya? Tapi emang sih, keliatan banget kok capeknya. Apakah emang di panggung sepanas itu. Apakah emang mereka secapek itu apa gimana nggak tahu deh. Tapi kesannya bener-bener ini konser kok kayaknya "AYO PLIS CEPETAN SELESAI DEH GUE CAPEK!" gitu di beberapa bagian.

Agak nggak sesantai 'The Lost Planet' tahun 2014. Apakah ini efek karena aku lari-larian dan mereka tenggang rasa sama aku? AIGUUUUU~~~~~~~ #DIBUNUH

81. Deja Vu?

Waktu konser di Singapura, inget banget ada bagian "Walaupun Natal Sudah lewat, tapi kita mau membawa suasana Natal itu ke sini," sebelum mereka nyanyi 'Christmas Day'.

Dan dialog yang persis sama diulang di Jakarta juga.

Ya... Tapi Alhamdulillah fans mah seneng-seneng aja. Padahal nggak semua juga ngerayain Natal tapi demi oppa ya hayuklah sini hajar aja mau ngomong apa juga diteriakin deh. Dan lagi-lagi ketika gue mencoba untuk fancam, isinya tetep aja Chanyeol. Bahkan sampe disamperin ke tempat gue berdiri sama dia.

Wah wah wah wah... apakah harus ganti bias.



PFFTTT

82. ARGGGHHHHH!!!!!

Di 'First Snow', ada momen di mana Suho berdiri menghadap ke Green dan gue sudah menunggu momen dia bakalan balik badan karena kamera handphone gue udah siap di belakang punggungnya. Tapi malah dia pergi ke kanan. Tapi kemudian Baekhyun muncul dan gue pun berharap dia juga bakalan ngadep ke gue. Eh malah terus jalan ngikutin Suho.

Baru aja gue mau matiin kamera, tiba-tiba di belakang teriak, "PARK CHANYEOL!!!" dan gue buru-buru mindahin kamera ke yang lagi lewat.

LAH DIA LAGI DIA LAGI. Spontan aja gue yang "ARRGGHHH" gitu dan kerekam WK.



83. D.O was Too Spongy, Xiumin was Too Cute

Di beberapa momen memang D.O mungkin nggak akan mengeluarkan ekspresi yang menyenangkan. Tapi secara tidak terduga, dia bisa jadi orang yang remes-able. Ngerti gak sih kalo liat bola kenyal gitu pengen dibejek-bejek terus? Kayak spons cucian. Sebel banget sama Kyungsoo-Kyungsoo ini! Udah keker badannya tapi tetep aja kayak minta dibejek. Hahahaha

Ada beberapa fancam gue yang dia lagi nge-dance dan itu lucu banget. Beneran kayak lagi nonton 'Happy Feet'! ARRGGGGHHHHHH!!!!! Berasa seneng jadinya karena dia menikmati sekali panggung itu. Daripada yang ceramah-ceramah terus.



Eh maap.

Sementara itu Xiumin yang sekarang jadi paling tua di EXO nggak pernah berhenti senyum dan memamerkan gusi dan giginya yang kecil-kecil. "AKU CINTAAAAA!!!!!" katanya teriak-teriak, berusaha membahasakan "SARANGHAE!"

Kacau sih ini orang lucu banget. Kalo misalnya begah ngeliat Mario Teguh di panggung, lirik Xiumin langsung happy lagi. Kalo nggak ada yang diliat karena bias lagi nggak di depan mata, tapi ada Xiumin, bisalah berbahagia karena dia di sana bahagia sekali.

"AKU CINTAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!"

84. Kenapa Gue Nggak Berani Teriak?

Fancam gue bener-bener bersih dari kata-kata caci maki. Apalagi dari suara gue sendiri. Padahal di belakang-belakang sering banget dapet Suho lewat tapi nggak pernah berani teriakin dia. Mungkin, kalo misalnya gue teriak, dia denger. MUNGKIN. Karena jarak antara panggung yang tinggi itu dengan kami juga rasanya nggak sejauh-jauh itu. Tapi nggak berani.

Antara nggak pede suara gue masuk fancam atau emang terlalu fokus megang kameranya. Padahal mah pengen banget teriak "YA KIM JUN MYEON!" sambil fancam gitu tapi ya lupa aja pokoknya. Ribet juga sih harus megang fanboard sama kamera disaat bersamaan. Jadilah ya... segitu aja momennya. LOL

Tapi pas lagi nggak nyanyi, gue sempat teriak "KIM JUN MYEON SARANGHANDA!" yang berakibat gue diliatin semua orang selama beberapa detik terus gue fokus aja sama handphone dan sok-sokan lagi bales SMS.

Thanks.

85. Suara Kai Kenapa? LOH?! LOH?!

Enggak tahu apakah itu di Ment terakhir atau beberapa saat sebelum terakhir, tapi gue denger ada yang ngomong, cuma nggak ngenalin itu siapa. Pas gue liat ke panggung ternyata yang ngomong Kai. Eh kenapa suaranya jadi beda? HAHAHAHA Ya Allah anaknya kecapekan kayaknya sih.

Suaranya Kai tuh kan udah berat gitu ya. Pas dia ngomong itu jadi makin berat yang udah kayak lagi bengek batuk banget. Ya nggak heran sih kalo Suho akhirnya ngomong "Wah member hari ini kerja keras banget ya!" dan nggak heran juga kalo Kyungsoo memberikan perhatian lebih.

#EA #TEAMKAISOO

86. Delusi: Byun Yo Han Gue Diliat Suho

WKWKWKKW Mau ketawa sebenarnya. Mau klaim kalo Suho ngeliat tapi juga nggak bisa karena nggak tahu apakah dia beneran ngeliat atau nggak. Tapi pas 'Unfair', dia lagi-lagi ke daerah belakang dan gue masih di situ dari beberapa lagu sebelumnya. Gue belum sempat ngasih liat dia (HALAHAHAHAHAH) fanboard Byun Yo Han itu. Jadi pas dia ke situ niatnya mau gue kasih unjuk.

Pas banget beneran deh itu pas banget, dia muncul dari balik loudspeaker dan, wallahu'alam deh dia liat kali itu fanboard terus sepersekian detik kenapa gue merasa tadinya dia mau ikut nyanyi lirik lagu 'Unfair' tapi mendadak mulutnya komat-kamit nggak jelas karena ngeliat fanboard gue?

#EA #DELUSI #LOKIRACUMAELODOANGYANGBERDIRIDISITU


87. Translator Belibet

Itu udah ujung banget konser dan kita mau diajak teriak "KALO GUE (SUHO) BILANG WE ARE KALIAN BILANG ONE YA! KALO GUE (SUHO) BILANG EXO KALIAN BILANG SARANGHAJA YA!" gitu. Tapi translatornya kayaknya belepotan gitu dan jadinya malah awkward. Tapi untungnya sih teriakannya lancar-lancar aja.

Momen paling menyenangkan sebelum ini sih ketika member pada teriak "TERIMA KASIH JAKARTA!" "AKU CINTA!" dan macem-macem lah itu. Bener-bener berasa disayang banget ya sama EXO. Ya walaupun datang H-1 pulang hari H yaudah yang penting "AKU CINTAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!" aja pokoknya.

88. Tertawa Tapi Senang Setiap Suho Bicara Bahasa

Si kakak-kakak ini kayaknya emang lagi receh banget. Semua dikomentarin. Semua proyek fans kayaknya dijabanin sama dia. Dia juga yang pertama buka obrolan soal muka-muka aneh di fanboard. Tapi yang paling ngena sih pas dia kemudian baca "TERIMA KASIH EXO!" dan kemudian spontan entah apakah dia ngerti atau nggak itu artinya apa tapi dia langsung bilang "TERIMA KASIH EXO-L!"

ANJIR. ITU GUE LAGI MAU BENERIN FANBOARD DI TAS JADI TERTOHOK. "HAH KIM JUN MYEON BILANG APA COBA ULANG SEKALI LAGI!"

Lalu gue teriakin aja "KIM JUN MYEON SARANGHANDAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!"

88. Gue Nggak Mau Semuanya Berakhir........

Kalo kita udah terlalu menikmati konsernya, nggak akan berasa kalo ternyata itu udah lagu-lagu terakhir. Pas jelang encore sih jujur aja itu jeda lama banget. Beberapa peralihan lagi balik lagi ke poin yang di atas itu jeda juga ada yang lamaa banget. Dan pas udah masuk encore, udah berasa aura-aura perpisahan.

ANDWAAAAAAEEEEEEEEEEEEEEEEEE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Gue yang dari tadi lari-larian ngejer-ngejer bias jadi nggak berasa banget kalau ternyata sudah dipenghujung konser. Sampai-sampai ketika konfeti putih sudah meledak dan berjatuhan, gue masih yang "Hah? Ini beneran udahan?!" gitu padahal itu masih lagu 'Unfair'. Sementara pas di Singapura lagu terakhirnya itu 'Angel'. Ya itu pas fanboard gue akhirnya dipungut sama Baekhyun.

"Kok nggak ada 'Angel'?! YA! KALIAN HARUSNYA NYANYI ANGEL!" teriak gue dari bawah pas Xiumin lagi lari keliling panggung. Tapi ternyata nggak dinyanyiin. HAHAHAHAHAHAH Astaga. Dan yaudah konsernya pun berakhir.

Akhirnya... bisa istirahat dan duduk tenang dulu di dalem mobil abis ini karena akan menyusul ke bandara.

89. After Concert = Mabok!

Nggak ada istilahnya duduk tenang kalo abis nonton konser itu. Pas di SIngapura bahkan gue sama Bunga heboh karena fanboard gue dipungut Baekhyun dan itu efeknya berkepanjangan sepanjang malam. BENER-BENER SEPANJANG MALAM! Bahkan ketika kita makan di Bugis Street pun gue masih tetap bahas itu dan ngasih liat videonya ke semua orang. LOL

Dan ketika gue menangkap ada dua video yang (delusi) Suho nunjuk-nunjuk ke gue pas 'Glory Day' dan pas Byun Yo Han, gue kasih liat juga ke temen-temen semobil dan semua pada heboh nggak karuan.

"Ini sih fix banget Suho udah hapal muka lo Ron!" kata kak Ashya yang membuat gue besar kepala. Gue pun muntah seketika ditempat. Semacem impossible sih sebenernya. WAKAKAKAKA

"Ya kak, anggep aja dia hapal ya muka gue. Jadi besok-besok gue tinggal nampang aja dia udah tahu gue siapa," kata gue. Lalu semuanya menyiram gue dengan air raksa.


90. Go to Bandara!

Kita semua janjian untuk kumpul lagi di depan hotel setelah konser selesai. Alhamdulillah nggak terlalu ribet untuk mengumpulkan mereka. Koordinasi kita bagus banget hari itu. Mobil sudah standby dan kita pun sudah siap untuk meluncur ke bandara dengan segala rencana yang sudah tersusun rapi. Walaupun gagal sih di gue.

Ini adalah pengalaman kedua gue nganterin idol ke bandara. Pertama pas 'Super Show 6' di bulan Mei tahun lalu yang bertepatan dengan hari ulang tahun gue btw. Dan ini yang kedua. Pas Super Junior cukup chaos, tapi kondisinya biasa aja. Nah yang EXO ini nih, gue nggak bisa meraba-raba akan jadi seperti apa kondisi di bandara. Karena biasanya, kalo nganter itu kesempatan untuk ketemunya lebih besar daripada jemput.

91. Sempetin Cuci Muka Biar Fresh

Baju udah lepek banget setelah konser itu. Tapi jelas kondisi berkeringatnya nggak separah EXO sih. Tapi tetep aja baju bau juga. Akhirnya sebelum nganter mereka sampai ke pintu masuk keberangkatan, sempat-sempatin dulu cuci muka dan ganti baju terus pake parfum. Supaya meninggalkan kesan wangi bukan bau ketek yah.

Nggak susah sih nyari lokasi keberangkatan ini. Karena ternyata pintu masuk mereka ke bagasi itu sama kayak lokasi masuknya Super Junior bulan Mei tahun lalu. Cara tergampang untuk mengenalinya (karena gue lupa gate berapa) adalah pintu masuk keberangkatan ini satu-satunya yang nggak dipagerin.

92. Nggak Bisa Diem Sebentar?

Sama halnya ketika jemput kemaren, fans sudah bikin barisan di depan pintu keberangkatan. Ya, awalnya sih rapi, ya berusaha untuk kalem karena memang artisnya juga belom muncul. Tapi baru aja mobilnya parkir, semua langsung teriak.

Teriak yang bener-bener teriak! Itu tengah malem dan suara fans tuh kayak beneran gaduh banget. SEREMMMMM!!!!!!

"SSSTTT!!!" kan digituin nih sama staf. Soalnya EXO kayaknya nggak berani keluar kalo masih pada teriak-teriak. Akhirnya tenang. Alhamdulillah. Aman lah ya.

Pas Chanyeol muncul. ANJIR TERIAK LAGI YA ALLAH NGGAK PAHAM KENAPA SIH HAH APAKAH KALIAN MELIHAT JIN IFRIT SAMPAI TERIAK HAH ASTAGFIRULLAH.

93. That Moment When You Realised That EXO Leader is Now Chanyeol, Not Suho (2)

Chanyeol jalan di barisan paling depan. Kenapa bukan Suho? HAHAHAHAHAH Masa karena Chanyeol paling tinggi? Apa dia paling depan karena dia yang mukanya paling bisa ketus? KENAPA DIA JADI KAYAK LEADER BANGET KENAPA HAHAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAH ASTAGFIRULLAH RABBAL BAROYA.

94. Suho Pincang?

Nggak. Mungkin ini gue salah liat atau gue yang terlalu lebay mendramatisasi keadaan. Tapi gue fokus nyariin Suho pas di bandara karena sekali lagi ini perkara bias. Dan pas dia muncul dari belakang Xiumin (ada Sehun di belakang Suho) kenapa gue ngeliat dia kayak pincang gitu? HAHAHAHHA

Berbeda dari Chanyeol yang wajahnya terangkat dan percaya diri, Suho malah nunduk sepanjang jalan menuju ke pintu kaca.

Wah... hebat juga ya orang-orang ini? Tadi aja baru teriak-teriak "AKU CINTAAAA!!! AKU CINTAAA!!!" dari atas panggung, giliran sekarang posisinya nggak sampe setengah meter dari fans semua nggak ada gitu yang mengeluarkan ekspresi sedikit menyenangkan, dadah-dadah atau apa gitu? WKWKWKWKWKWKKWKW

Waenyol.

95. Loh, Baekhyun Mana?

Gue terlalu fokus sama Suho sampai-sampai nggak perhatiin Baekhyun tuh sebenarnya ada di mana. Kalo gue nggak nonton lagi fancam gue pas lagi di bandara, gue nggak bakalan nemu kali si jodoh Kim Taeyeon ada terselip di belakang Sehun dan salah seorang staf. Dia pake topi dan masker terus pake jaket putih? Bener gak?

Tapi sih kayaknya bener. Soalnya di belakang Baekhyun ada D.O. Dan waktu di Singapura walaupun gue nggak ikut jemput, mereka berdua tuh selalu bareng. Why D.O? Kenapa nggak sama Kai? Apakah ternyata KaiSoo itu hanya formalitas di panggung semata?

#EA #WHY #D.O #WHY

96. Mbak-mbak Berjilbab Agresif

Barisan EXO diakhiri dengan Chen dan Kai. Tiba-tiba aja ada mbak-mbak berjilbab biru yang nyerobot mau masuk ke kawasan yang dibarikade bodyguard. EGILAK MBAK! HAHAHAHAHHA Salah satu bodyguard langsung narik dia mundur dengan sedikit agak kasar. Ya semoga nggak sakit deh itu badannya ya mbak. Lain kali coba jangan agresif. Santai aja gitu.

WKWKKWKW

97. Lantai Bandara Geter-geter Kayak Gempa

Setelah EXO masuk ke ruang keberangkatan, semua fans yang tadinya ngumpul di pintu itu buru-buru lari ke pintu yang lain. Berusaha untuk ngejer EXO dan ngeliat mereka dari balik kaca. Gila sih itu lantai bandara beneran goyang karena ratusan fans lari dan suara kaki mereka menggema di tengah keheningan malam dan serbuan angin gerah dari luar.

HIHIHIHI padahal lari ke sana pun nggak keliatan apa-apa sih sebenarnya. Waktu pas Super Junior juga kita pada lari ke situ tapi nggak ngeliat apa-apa. Cuma dinding dan keputusasaan.

Thanks.

98. Laper. Laper.... LAPERRRRR!!!!!!

Semua sudah berakhir. EXO sudah tinggal nunggu keberangkatan ke Korea. Euforia ini harus ditutup. Rasa lapar pun mulai menyengat perut. Gilak sih. Baru inget lagi kalau ternyata emang belom makan dari kemaren (karena sudah berganti hari). Sepanjang konser cuma dibekali oleh air keran doang dan belum makan lagi. BUTUH NASIIIIIIII.

Irza, Ririn, Kak Sandra sama Kak Ashya beli A&W dulu sebelum pulang. Gue sama Eky nunggu di luar A&W karena nggak beli. Duit gue kayaknya abis atau gue yang terlalu malas belanja makanan di bandara karena terlalu mahal.

Eky akhirnya pamit pulang ke Bintaro naik Grab Car. Sementara gue nunggu yang lain dan menyongsong keberangkatan ke tempat drop masing-masing.

99. Apakah Ini Konser Terbaik EXO yang Pernah Gue Tonton Sejauh Ini?

Untuk pengalaman baru lari-larian di belakang section Blue sih iya. Tapi secara keseluruhan sebenarnya nggak terlalu. Masih lebih enak di Singapura karena ritme-nya lebih rapi dan member tuh keliatan banget lagi happy pokoknya. Tapi gue enjoy banget sih nonton konser yang ini. Terlepas dari sempat ada mikrofon mati, soundsystem yang nggak terlalu bagus, jeda yang lama di antara VCR dan antara lagu, dan sebagainya.

Mungkin lebih ke karena ini pertama kalinya gue melakukan hal-hal baru yang nggak pernah gue lakukan di dua konser EXO yang sempat gue datangi sebelumnya. Gue bisa lari-lari di belakang (thanks to tim dorong-dorongan), gue bisa cover dance abal-abal di belakang, gue bisa nunjukkin fanboard Suho gue di belakang, dan ya, anehnya, semua itu terjadi ketika berdiri di belakang hahahahaha

Ternyata menyenangkan juga nggak di pager ya!

Tapi kalo dibandingkan dengan yang di Singapura, tetep menurut gue Singapura lebih oke untuk 'THE EXO'luXion'. Tapi kalo mau dibandingkan dengan 'The Lost Planet' 2014 kemaren, yang ini masih kalah. LAPANGAN D TETAP JUARA!



100. Kesan?

Terima kasih Kim Jun Myeon dan Byun Baek Hyun atas usaha kerasnya. Terima kasih EXO karena sudah mau jadi kutu loncat di Jakarta.

101. Pesan?

Semoga tur dunia ketiga lebih indah dan tanpa drama ya. Dan, oh iya, jangan lupakan Lay :")

[jangan lupa juga nih add LINE@ KaosKakiBau buat rame-ramein aja hihihi @ecd6150l (di search pake @ jangan lupa)]
Jangan lupa buat ikutan 'GLORY DAY FIGHTING!' project by #kaoskakibau juga ya! Detail-nya bisa dilihat di Facebook KaosKakiBau (fb.com/kaoskakibau) Dukungan kalian buat Junmyeon, Ji Soo, Jun Yeol dan Hee Chan sangat ditunggu!

Semua video dan foto dalam artikel ini (kecuali foto yang paling atas) diambil menggunakan Nokia Lumia 1020. Nokia Lumia 1020 bukan sponsor dari artikel ini tapi. Mungkin suatu hari nanti.

Share:

0 komentar