Debut TREASURE Bagus Guys! Gue Suka!


Sebagai fans artis-artis SM dan pendengar musik-musik mereka, gue jadi punya semacam… gimana ya nyebutnya… pagar? Atau batasan-batasan soal musik yang masuk sama selera gue. Walaupun gue nggak bisa bilang kalau semua lagu yang gue suka itu standarnya harus kayak lagu artis SM gitu (karena ada juga lagu dari artis SM, atau bahkan EXO, yang gue nggak suka), tapi sedikit banyak karena gue kenal dan suka K-Pop karena artis-artis SM, tipe musik yang gue cari pun yang mirip-mirip dengan lagu yang dirilis dan dinyanyikan oleh mereka. Itu bertahan beberapa tahun setelah pertama kali gue terekspos oleh K-Pop. Gue inget banget dulu gue sama sekali nggak mau mendengarkan lagu 2NE1 hanya karena dia bukan dari SM dan dia artis YG. 

Ya, gue pun pernah ada di fase alay itu kok. Aren’t we all? Nggak ya? Gue doang berarti. WKWKWKWKKWK. 

Sekarang gue nggak bisa bilang gue bener-bener tertarik sama lagu-lagu artis YG sih. Maksudnya nggak 100 persen gitu. Gue suka beberapa artis mereka dan beberapa lagu dari artis mereka. Kayak pas awal-awal WINNER debut, gue suka banget sama album debut mereka itu. Gue suka album debutnya AKMU karena warna musiknya sama sekali nggak YG Entertainment. Ada beberapa title track 2NE1 yang gue suka dan beberapa b-side track kayak Gotta Be You atau Crush. Sebagian besar lagu BLACKPINK gue suka kecuali How You Like That. Tapi yang terakhir ini walaupun gue nggak suka, gue akan terus-terusan mendengar lagu itu diputar di mana-mana dan mau nggak mau gue akan terpapar yang pada akhirnya bisa bikin gue berubah pikiran. 

Ya memang anaknya mudah dipengaruhi masyarakat. 

Itulah yang terjadi pada Kill This Love. 

Menurut gue, kita sebagai fans K-Pop sangat diberikan kebebasan untuk suka atau nggak suka dengan satu produk musik tertentu. Nggak ada yang salah dari ketidaksukaan lo terhadap sesuatu atau kesukaan lo terhadap sesuatu. 

Kayak sekarang gue bisa bilang gue nggak suka BTS karena emang gue nggak pernah dengerin lagu-lagu mereka yang sekarang-sekarang ini. Tapi gue suka BTS pas mereka rilis I Need U dan lagu-lagu mereka sebelum itu sangat fun buat karaoke. Tapi kalau yang terbaru selepas Spring Day dan setelah mereka jadi sebesar sekarang ini gue nggak pernah denger lagi. 

Dan serius, itu tuh nggak apa-apa. HAHAHAHAHAHAHA. Nggak semua hal yang masyarakat sukai dan mendominasi atau mainstream juga harus lo suka. Semua sesuai hati lo aja bray. 

Sekitaran tahun 2011 atau 2012-an kayaknya gue baru mulai memperluas cakrawala (anjer) K-Pop gue dengan mendengarkan grup lain. Masih tetap pilih-pilih sih itu juga. Tapi rata-rata lagu K-Pop populer yang ada di sekitaran tahun itu gue tahu dan gue cukup bisa menikmatinya. Itu jugalah yang pada akhirnya membuat gue mulai mendengarkan 2NE1, beberapa lagu BIGBANG, dan juga artis-artis di luar manajemen SM Entertainment yang memang udah jadi fondasi banget buat gue. 

Dan sekarang gue suka sama TREASURE. 


Nggak sedalem itu guys, tenang aja, (LHA SIAPA JUGA YANG KHAWATIR?????) sukanya bukan sampai yang wow aku sudah hapal member-member grup ini. Enggak. Atau mungkin belom. Karena sampai sekarang gue masih nggak tahu Bang Yedam itu yang mana dan Haruto itu yang mana. Gue pun tahu kalau ada member TREASURE yang namanya Haruto setelah gue rekaman Podcast KEKOREAAN sama salah satu fanbase TREASURE beberapa minggu yang lalu. Jadi ini bener-bener gue bilang gue suka karena musiknya masuk di kuping gue. 

Kasus TREASURE ini di gue sama persis kayak BLACKPINK sebenarnya. Antara gue nggak mau dengerin karena yaudah gue nggak mau terlalu tahu banyak, tapi di saat yang sama gue juga penasaran. Untuk pernyataan yang terakhir, gue termakan media play YG Entertainment banget sih.

Jadi seperti biasa gue kan suka baca-baca Soompi dan ada satu artikel yang judulnya “MV TREASURE ADALAH MV TERMAHAL UNTUK DEBUT ARTIS YG” gitu. Wah anjir, gue tertarik dong buat baca artikel itu. Karena dari judulnya aja itu berarti YG Entertainment invest banyak banget nih buat TREASURE. Bahkan ngalahin BLACKPINK lho ya! Dan mereka berani menjadikan itu sebagai sebuah headline tuh bener-bener wow banget sih. 

MV debut BLACKPINK ya memang biasa aja. Nggak ada yang terlalu terlihat mewah. Dan gue nggak inget pernah baca artikel dengan nada seperti TREASURE ini pas debut BLACKPINK. Tapi bisa jadi gue salah karena pas itu gue masih punya sentimen buruk ke YG Entertainment jadi gue nggak kepoin banyak soal itu. Tapi memang sih, soal budget MV ini selalu jadi headline andalan di YG Entertainment. I don’t know about BIGBANG tapi gue inget dulu 2NE1 waktu rilis MV Lonely juga headline-nya gitu. Katanya MV-nya mahal banget! Padahal MV-nya bukan yang wow amazing CG-nya luar biasa membuatmu terbelalak atau apa. Ya biasa aja MV-nya. Beneran. Coba deh tonton. Dan usut punya usut yang bikin MV itu mahal waktu itu adalah kostumnya. 

Ya. Oke. Baik. 

Lalu waktu 2NE1 rilis Come Back Home, headline soal MV termahal yang pernah dibuat itu pun muncul lagi. Di Come Back Home memang sih terasa sangat futuristik dan orang yang sekali nonton pun akan langsung bisa melihat itu. Beda sama Lonely yang kayaknya nggak kelihatan semahal itu, gitu. 

Itulah yang kemudian membawa gue ke TREASURE. Karena baca artikel soal MV TERMAHAL itu, gue pun mau nggak mau jadi pensaran. Enggak nungguin, tapi gue penasaran. Kayak apa sih jadinya? Akan semahal apa sih penampilannya? 

Lalu setelah MV BOY dirilis… 


SEBENTAR. INI BENERAN GRUP YG ENTERTAINMENT?! SERIUS?! 

WOW! 

Gue agak shock sambil senyum-senyum sendiri gitu nontonnya. Karena, ini MV fun banget menurut gue. Nggak sedikit pun sepanjang gue nonton MV ini untuk pertama kalinya gue mikir bahwa TREASURE ini dari YG. SAMA SEKALI NGGAK. Nonton MV ini rasanya kayak nonton MV-nya SEVENTEEN pas awal-awal mereka debut. Kayak gue lagi ngeliat THE BOYZ gitu. Rasanya, batasan-batasan yang udah gue buat untuk artis-artis YG yang dulu (di era 2NE1, BIGBANG, dan yang terakhir itu iKON) di sini jadi lebur dan hilang. GUE SUKA BANGET! 

Secara keseluruhan lagunya terdengar seperti lagu-lagu K-Pop yang sedang ada di luar sana. Buat sebagian orang mungkin “nggak ada kesan YG” itu bisa jadi sesuatu yang negatif kali ya. Jadinya kayak ciri khas YG tuh nggak berasa di lagu ini gitu. Menurut gue, pendapat itu valid sih. Tapi di sisi lain, gue sebagai orang yang bukan penikmat “ciri khas YG” itu malah jadi suka. Perhatian gue langsung tertuju ke grup ini dan gue langsung fokus sama warna musik mereka yang “out there” ini. 

GUE SUKA BANGET! 

SEKALI LAGI, GUE SUKA BANGET! 

Nah balik lagi ke topik MV mahal, kesan mewah itu sebenarnya nggak terlalu terlihat berlebihan sih. Ya maksudnya ini kayak, yaudah, MV K-Pop kebanyakan aja. Ya bagus, visual yang benar-benar penuh warna, member yang HEHEHEHE SANGAT MENYENANGKAN UNTUK DISIMAK DAN DISAKSIKAN WALAUPUN GUE MASIH GAK TAHU SIAPA YANG MANA, dan beberapa efek-efek futuristik kayak benda-benda lucu berterbangan atau tulisan-tulisan hologram di atas kepala member itu menurut gue memberikan kesan. Walaupun itu tidak lantas menegaskan kesan bahwa MV ini tuh mahal gitu. Ini gue sotoy aja sebenarnya. Look-nya memang MV ini mewah. Tapi kesan yang MEWAH BANGET SAMPAI WOW SANGAT MAHAL itu gak sampai di gue.

Kalau buat perbandingan, maaf tapi kalau ada yang ke-trigger maaf banget wkwkwkwkwkw, lihat MV BLACKPINK yang DDU-DU DDU-DU, Kill This Love, dan/atau How You Like That deh. Itu tanpa embel-embel “MV debut artis YG termahal” atau “MV dengan budget paling gede” gitu, menurut gue kesan mahalnya pun tetap terlihat. Kayak, warna-warnanya emang membutakan mata banget, nuni busyo gitu, in some ways norak tapi luv banget, dan kesan mahalnya tuh tetap terasa tanpa CG atau efek-efek hologram gitu. 

Oke kalem sejenak. Gue nggak mempermasalahkan siapa yang punya MV lebih mahal dari siapa. Tapi kalau kita bandingkan BOY sama tiga lagu BLACKPINK yang gue sebut di atas memang nggak fair. Kan itu dibuatnya setelah BLACKPINK terkenal, tentu saja budget-nya beda. Lagipula, YG kan bilang kalau BOY itu “MV debut termahal” jadi haruslah dibandingkan dengan MV debut yang lainnya. 

Give Love sama 200%-nya AKMU walaupun nggak mahal tapi aku suka. SUKA BANGET! LEBIH SUKA DARI MV-MV DANCE MANAPUN! ITU DUA MV NGGAK AKAN BOSEN GUE NONTON. Nggak mahal, nggak apa-apa yang penting ada impact dalam hatiku

MV WINNER yang Close sama Color Ring juga nggak terlihat mahal. B aja. Tapi nggak masalah juga karena gue suka sama lagunya. Gue nggak terlalu suka iKON jadi gue nggak lihat MV debutnya kayak apa. Tapi kalau BOOMBAYAH gue lihat dan itu juga B aja sih menurut gue. Bagus, tapi nggak terlihat mewah gitu. 

Nah kalau dibandingkan dengan beberapa judul yang gue sebut di atas, ya berarti BOY ini menang untuk urusan visual dan penampilan di MV-nya. Paling nggak ada impact-nya lah gitu di gue pribadi. Di situ baru terasa kalau MV ini memang mahal sebagai MV debut. Lagian kan ketika YG bilang ini MV DEBUT ARTIS YG TERMAHAL, kita kan nggak tahu budget-nya seperti apa. Ya gak sih? 

Kalau debut WINNER budget-nya Rp 1,0 miliar, terus BLACKPINK Rp 1,10 miliar, dan BOY Rp 1,11 miliar, ya berarti bener sih. Tetap BOY termahal meski bedanya cuma Rp 0,01 miliar. Nggak ada yang salah dengan media play-nya YG itu. WKWKKWKWKWKWKW. Yang jelas, terima kasih atas artikel soal MV TERMAHAL itu sih pada akhirnya gue jadi dapat sebuah tontonan yang menarik dan memanjakan mata dan menambah koleksi lagu untuk didengarkan. Dan kalaupun YG nggak bikin MV ini mahal sebenarnya juga nggak masalah kalau performance mereka bagus dan lagunya seenak ini. 

Gue nggak pernah membayangkan kalau YG pada akhirnya punya grup dengan member yang banyak kayak gini. Beberapa tahun ke belakang kan memang grup dengan member banyak (belasan) lagi naik daun banget ya mulai dari SEVENTEEN sampai sekarang THE BOYZ ini juga kan sedang trending-trending banget. Gue sih berharap YG bisa lebih baik dalam mempromosikan artis mereka ke depannya. HAHAHAHAH GUE KESEL AJA GITU, GILIRAN GUE UDAH SUKA SAMA TREASURE TERUS EH MEREKA ABIS RILIS SINGLE BARU COMEBACK LAGU 12 BULAN KEMUDIAN. YA TERIMA KASIH BANYAK SAYA KALAU MASUK FANDOM AKAN LANGSUNG PINDAH KE LAIN HATI. SAYA KAN LALAT. SAYA KAN MULTIFANDOM PELACUR. 

BOY bagus terus mereka rilis I LOVE YOU juga bagus. Gue suka dua-duanya!


There is something about this group yang gue belum bisa jelaskan apa gitu tapi hal itulah yang bikin gue tertarik buat tahu lebih banyak dan dengerin lagunya lebih sering. Entah apakah itu vibe-nya, member-nya, musiknya, atau sebenarnya memang gue aja yang mood-nya lagi nyari sesuatu yang baru untuk didengarkan dan dinikmati. 

Dan kalau sudah kayak gini kayaknya gue akan bucin deh. 

Lihat aja isi blog gue sekarang mulai banyak Thailand-Thailand-an. 

KWKWKWKWKWKW.

Memang anaknya gampang terpengaruh masyarakat sekitar.



Share:

0 komentar