Maafin... Saya Alay di 'THE EXO'luXion' Singapura [PART 3]



Gue nggak bisa mendeskripsikan bagaimana perasaan gue ketika melihat penampilan 'El Dorado'. Gue bener-bener takjub! Walaupun gue nggak teriak atau mengekspresikannya secara verbal saat itu, tapi di dalam hati dan pikiran, gue sudah melakukan gerakan mencakar-cakar dinding, gelindingan di jalan menanjak Meda - Berastagi yang gue lewatin Desember kemarin. Saking bahagianya.

"Mungkin gini kali ya, bedanya nonton konser dengan serius, ketimbang dateng ke konser dan sibuk motret? Feel-nya beda aja gitu..." gue ngomong sendiri. Untung nggak ada yang denger.

Gue jadi inget waktu 'The Lost Planet', bahkan sejak awal lagu, gue udah ngeluarin kamera buat motret. Hampir ketangkep tapi malah jadi aman karena banyak yang pingsan. Sampai akhirnya gue sadar kalau ternyata gue banyak sekali melewatkan momen di panggung karena terlalu fokus sama viewfinder kamera. Dan fokus nyari Suho berdiri di mana, Baekhyun pergi ke mana.

Yah, memang merekam di kepala, memasukkannya ke dalam bola-bola memori seperti 'Inside Out', lalu digelindingkan ke bagian long term memory memang lebih berkesan ketimbang merekam dengan kamera sendiri.

Kadang-kadang.

Karena memang nggak ada salahnya, memanfaatkan zoom kamera ketika mereka tampil di panggung utama. Karena jaraknya cukup jauh dari jarak pandang mata. Zoom kamera bisa sangat membantu. Atau kalau misalnya terlalu riskan mengeluarkan kamera, apalagi kalau misalnya lo berhadap-hadapan dengan security di depan pager, bisalah diakalin pake teropong.

Selesai 'El Dorado', EXO udah keliatan kepanasan. Kulitnya udah mengkilat-kilat karena keringet. Ketika formasi 'El Dorado' bubaran, gue langsung nyari-nyari Suho. Kocak! Mukanya udah basah, pipinya kayak merah-merah gitu macem kepiting rebus karena kepanasan, mulutnya monyong-monyong karena ngos-ngosan. Sesekali mengernyitkan jidat, menarik hidung(?) ke atas dan nyengir tanpa sengaja. Suho lalu berjalan gontai ke arah depan panggung, nyari-nyari boks berisi tisu dan air minum. Bahkan ketika dia berjalan mendekat aja rasanya nggak bisa teriak.

Nggak berani, soalnya sendirian. Jadinya jaim.


Gue sempat salah sangka beberapa detik. Belakangan ini gue memang suka salah lihat antara Kai sama Suho. Tapi di satu momen mereka lagi istirahat jelang Ment pertama itu, gue inget Jongin berjalan ke depan gue dan ngambil air minum. Beberapa member lainnya juga agak maju-maju waktu lepas jaket emas itu. Soalnya di depan mereka ada pengarah panggung jadi kayak sempat ada komunikasi di antara mereka.

Begitulah ketika semua member akhirnya berbaris dalam posisi Chanyeol di paling kiri, Suho di tengah-tengah, dan Sehun di paling kanan. Kalau gue memandang lurus ke depan, gue akan berhadapan dengan Xiumin dan Baekhyun. Dan alat tembak konfeti yang sangat mengganggu itu. Yah, tapi dari awal gue nonton ini sebenarnya memang ngincer Suho banget. Tapi saat itu gue belom berani ngeluarin fanboard. Kecepatan aja rasanya. Atau emang gue mager, karena harus merogoh tas.


"WHAT'S UP SINGAPORE!" Chanyeol teriak memecah keheningan (yang sebenarnya nggak hening-hening banget sih). Sementara gue ketika Chanyeol teriak langsung dalam hati yang, "Halah mulai deh nih, mulai lebay nih abang-abang Gurun Sahara," dalam hati. Ya maafin, tapi belakangan ini Chanyeol berasa terlalu mendominasi EXO banget nih. Jadi agak sentimen sama abang-abangnya.

Mian an mian.

Terus Suho teriak "LONG TIME NO SEE!"

Dan di situ dia dikerjain habis-habisan karena sok-sok ngomong Bahasa Inggris. Bisa sih, beberapa kata, tapi abis itu blank. Terus jadi bahan ketawaan. MAU SAMPAI KAPAN SIH DI BULLY TERUS!

A video posted by RON (@ronzstagram) on


Dari Standing Pen C, jarak lo sama EXO di sesi Ment deket banget. Kalau menurut gue sih, kalo misalnya gue yang berdiri di panggung, pasti gue akan lihat siapapun yang bawa fanboard. Karena emang jaraknya deket banget. Cuma masalahnya mungkin membernya mager. Atau mungkin memang ada aturan untuk tidak jongkok atau duduk di lokasi itu. Karena dari awal sampai akhir konser, sama sekali nggak ada satupun member EXO yang duduk manis di panggung tengah di depan gue. Enggak tahu deh kenapa.

Kalo misalnya berdiri lama, wah juara. Kyungsoo berdiri lama banget di salah satu lagu yang mereka lagi pake baju 'Ice Cream Cake'. Chen apalagi. Cuma ya, kalau yang duduk-duduk kayak di pinggir-pinggir panggung gitu nggak pernah ada. Ada satu member yang suka banget ke pinggir kanan. Namanya Suho.

Sesi Ment memang waktu yang paling tepat buat menarik perhatian member dengan fanboard sih. Walaupun ya, chance untuk mereka untuk do something selain ngomong itu dikit banget. Gimana ya, kemaren pas Ment ya kayak fokus Ment aja. Paling ya cuma lambai-lambai tangan doang. Itupun nggak terlalu intens. Kebanyakan di sesi ini mereka ngomong satu sama lain malah. Kayak Baekhyun sama Sehun kalo lagi nggak giliran mereka bicara, gosip terus berdua. Mungkin alasan kenapa mereka nggak mau melakukan apapun ya supaya fans juga perhatiannya fokus ke yang lagi ngomong.


Nah, sesi Ment ini juga bisa jadi adalah sesi yang paling menyebalkan KALAU di belakang lo ada fansite. Allahu akbar.... gue mending berhadapan sama alayers deh. Masih bisa nyambung dan bisa memaklumi. Tapi entah kenapa ini kalau udah berurusan sama fansite, rasanya kok kayak gondok banget.

Gue nggak tahu yang di belakang gue ini fansite-nya siapa. Atau mungkin malah bukan fansite, tapi orang yang berangkat ke konser dan motret buat disetor ke fansite. Tapi yang jelas, mereka ini cewek-cewek Korea.

Lama jadi fans, gue ngerti kalau mereka datang ke setiap konser karena memang itu kerjaan mereka. Tapi yang gu enggak habis pikir, kenapa mereka malah (maaf) betingkah ketika orang udah ngertiin mereka. Ya gimana coba nggak bikin kesel?

1. Sepanjang sesi Ment itu, mereka motret dan lensa kameranya kena kepala gue terus. Gimana rasanya lo ditoyor sama orang yang lo nggak kenal? Nggak cuma sekali, tapi berkali-kali. Jelas sangat mengganggu. Simpelnya gini deh, lo lagi naik bis, terus ada orang yang lo nggak kenal naruh dagunya di pundak lo dan bernafas dengan keras terus nafasnya bau. Apa iya lo mau diem aja? Paling enggak lo pasti bakalan menghalau mereka kan supaya pergi. Itulah yang berusaha gue lakukan. Tapi apa yang terjadi?

2. Ketika gue berusaha untuk menghindari kepala gue dari lensa kamera mereka, mereka malah ngumpat dengan kata-kata kasar dalam Bahasa Korea. Dan itu persis di belakang kepala gue. Ya gimana coba nggak kesel? Kalau misalnya gue nggak ngerti sih yaudah nggak apa-apa. Tapi ya ini gue ngerti mereka ngumpat apa, otomatis bete dong. Apalagi umpatannya keluar setiap kali gue mencoba untuk menghalau kamera mereka yang kena kepala gue.

3. Berisik. Karena posisi lensa kameranya itu persis di belakang kepala, deket juga sama telinga, jadi jepret-jepretannya bener-bener kedengeran. Stres banget!!!!!

Sekali lagi, gue nggak ada masalah sama sekali sama orang-orang yang moto-moto di konser. Ya gue juga kayak gitu. Tapi ya... kameranya juga jangan kena-kena kepala orang lah... Apalagi abis kenain, malah diumpat. Ya menurut gue ini sangat mengganggu dan tidak sopan aja. Padahal sudah sangat memaklumi karena itu pekerjaan mereka, tapi nggak terima aja kalau sampai mengganggu, terus nyolot, terus ngumpat, terus berkelanjutan.

Capek.

Gue sangat respek sama fansite-fansite. Ya gimana sih, perjuangan mereka ngumpetin kamera di selangkangan demi dapet foto buat di share ke fans kan udah oke banget. Apalagi gue juga suka bawa kamera ke konser walaupun kameranya nggak pernah bisa masuk selangkangan gue. Tapi gue tahu gimana rasanya kabur-kaburan dari security. Tapi kejadian hari itu, karena gue baru mengalaminya, citra mereka jadi sedikit tercoreng di kepala gue. Nggak cuma citra fansite-nya aja, tapi entah kenapa jadi malah mikir "Apa semua orang Korea suka ngumpat gini ya kalau terganggu?"

Nyebelin.

Tapi kemudian gue inget kalau gue nonton di tempat ini juga karena dapat tiket gratis, dan mereka bayar. Jadi gue nggak boleh mengeluh. Nggak tahu diuntung.


But anyway, pesan aja buat yang mau nonton konser EXO, jangan sampai gangguan-gangguan kayak gini (yang sialnya akan selalu ada) merusak kesenangan lo dan membuat uang lo melayang dengan sia-sia. Kalau mereka macem-macemnya masih bisa dimaklumi, yaudah cuekin aja, berusaha menikmati artisnya. Tapi kalau gangguannya udah sampe kena kepala, bahu lo dijadiin sandaran tangan mereka, kepala lo dijadiin tripod demi gambar bagus mereka, ya marah sangat manusiawi sih.

Walaupun mereka fansite, ataupun orang yang motret buat fansite, kalau mengganggu dan bikin sebel sampai kena-kena kepala, ya boleh kan kita marah. Orang mereka aja seenak jidat ngumpat-ngumpat elo, masa elo nggak mau marah-marah.

Tapi karena ini gratisan. Yaudah. Ikhlasin aja. Nanti akan ada balasannya.

Ketika konsentrasi gue sudah balik lagi ke EXO, ada momen di mana gue benar-benar merasa kayak "ANJIR INI UDAH LAMA BANGET GUE NGGAK LIAT KALIAN!". Padahal di Twitter foto-foto mereka seliweran terus. Gue pun mencoba untuk memperhatikan mereka satu per satu. Wah! Ternyata ada banyak banget yang beda dari ketika gue lihat mereka 2014 kemaren. Selain jumlah membernya yang berkurang drastis, badan beberapa member juga kayaknya beratnya berkurang. Sedih.... Pada keliatan kurus-kurus gitu....


Xiumin keliatan lebih berotot dan lebih kekar dari tahun lalu. Sementara gue nggak melihat terlalu banyak perbedaan di Kai dan Sehun. Bukannya mereka emang kurus ya selama ini? Maksudnya nggak yang kerempeng gitu. Ya biasa aja. Kalau Chanyeol fix nggak mau komentar HAHAHAHAHAH. Entah kenapa cuma Lay yang keliatan sangat segar dan sehat hari itu. Padahal katanya sebelum konser sempat diinfus ya? Aneh aja, di antara semua member, cuma Lay dan Baekhyun yang keliatan segar dan berisi. Kayaknya Baekhyun punya pacar baru deh.

Suho makin keliatan kecil. Entah karena emang rajin olahraga dan berat badannya berkurang, atau karena efek rambutnya yang pendek jadi mukanya jadi makin keliatan kecil. Kalau dengan rambut mengembang pirang kayak 2014 kan ya mukanya jadi keliatan kotak banget. Tiba-tiba inget Sehun pernah post foto dan ada Suho di belakang pamer badan. Ternyata itu hanyalah masa lalu. Karena badan Suho ketika gue lihat kemaren kayaknya.... nggak jauh beda sama gue... WAKAKAKAKKA Maksudnya kurus-kurusnya. Ya gue malah kasian, kenapa dia jadinya malah kecil banget. Mana kulitnya ketimpa lampu gitu jadi makin pucat pasi. Mukanya sih ada semu-semu merah karena ngos-ngosan.

Tapi nggak ada yang lebih kasian dari Chen kalo gue bilang. Asli... kenapa Jongdae kurusnya nggak ketolong. MAKAN NGGAK SIH???!?!?!?! Ibarat kertas, Chen jadi kayak HVS 50 gram. Padahal pas 2014 kayaknya lumayan tuh HVS 100 gram.

Ketika gue ngeliat D.O, secara otomatis kepala gue langsung mikirin kejadian di satu malam, ketika gue di bash karena bilang "D.O gemukan!"


Ternyata, pas ngeliat langsung, apa yang muncul di foto terlihat sangat jauh berbeda dengan aslinya. Oke, D.O memang gemukan ketika gue di bash waktu itu. Tapi pas di Singapore kemaren, yang gemuk dan keliatan besar ternyata cuma bahu dan lengannya doang. Ternyata badannya tetap aja kecil. Entah apakah setelah syuting film kelar dia berusaha buat menurunkan lagi berat badannya atau gimana. Tapi proporsi badannya jadi keliatan lucu gitu. Badannya mini, tapi lengan sama bahunya besar. Cuma keliatan sih sekarang bagian leher ke kepala itu lebih tegas. Nggak se-squishy dulu lagi.

Yang palig squishy malam itu tetep sih, BYUN BAEKHYUN! Waduh... kacau. KACAAAAUUUUUU... Kayak bantal leher yang kalo dibejek-bejek itu enak banget gitu. AAAAAAAAAAARRRRGGGHHHHH!!!!! Dan ternyata fans Baekhyun di Singapura (ATAU CUMA DI BELAKANG GUE?!) itu banyak banget! Setiap kali dia melakukan pergerakan, kayak semua orang ber "KYAAA!!! KYAAA!!!!!!!" sampe amandelnya copot. Nggak paham.

Yang paling keinget di Ment pertama cuma Suho ngomong inggris yang aneh itu. Ya kalo gue karena bias sih jadi yaudah nikmatin aja. Tapi kan ada orang-orang yang bakalan langsung "ADOOOH APAAN SIH UDAHLAH SKIP AJA NI ORANG TUA SKIP AJAA!" persis ketika kalo misalnya gue denger Chanyeol ngomong. WAKAKAKAKAKAKAKKAKAKA Tapi lucunya, ketika Suho ngomong Inggris, nggak ada member yang ngecengin berlebihan gitu. Diketawain sih, tapi ya biasa aja. Kalo misalnya Tao yang ngomong Bahasa Inggris, sudah ketauan siapa yang bakalan berisik ngecengin dia kan HAHAHAHAHAHABAEKHYUNHAANAHAHAHAHA

Konsentrasi kembali buyar ketika 'Don't Go'. Nyerah sama Suho karena dia emang kayaknya nggak pernah ke depan situ, dan itu bukan wilayahnya dia. Tapi pas 'Don't Go' yang di depan gue langsung Xiumin. Pas 'El Dorado' juga banyak Xiumin. Wah kayaknya kalo gue fans Xiumin, pasti bakalan puas banget. Udah dari awal dia nongkrong di sana. Nah di 'Don't Go' giliran. Setelah Xiumin, ganti Lay. Sepanjang 'Don't Go' yang di depan ya yang dua itu.




Sementara gue sebenarnya ingin lihat Baekhyun pas penampilan lagu ini. Beruntung sih, dia ada di tengah-tengah. Jadi masih dalam jarak pandang mata yang wajar. Gue pernah lihat fancam 'Don't Go' dan koreografinya kan lucu banget tuh, apalagi pas niru kupu-kupu pake jari. Mana jari Baekhyun kan gitu banget. Kayak sumpit bakso yang terbuat dari gelatin. Suho sendiri ada di agak kanan-kanan. Karena kamera hape gue nggak bisa menangkap dengan jelas akibat efek lampu, yaudah nikmatin aja Lay dan Xiumin.

Ada tiga orang di EXO yang kalau mereka nge-dance, gue sangat menikmati banget nontonnya. Yang pertama jelas Kai (walaupun dulu sebete itu sama dia), yang kedua Baekhyun, yang ketika Xiumin. Tapi pas nonton ini, list-nya nambah satu: Lay.



Ngeliat Lay dance itu kayak bener-bener ngeliat orang yang niat banget buat menjalani hidup dengan sebaik-baiknya. Walaupun (katanya) kondisinya lagi nggak bagus, gue nggak pernah menangkap ada momen dia kayak lemes atau capek gitu. Dance-nya selalu maksimal banget. Nah, bedanya sama Xiumin, dia kalo dance agak kaku dan berlebihan. Nggak seluwes Lay. Tapi, ada daya tarik yang sangat aneh di gerakan-gerakan kaku dan berlebihannya itu. Malah jadinya sangat lucu.

Dan Baekhyun... wah... seneng banget karena di 'THE EXO'luXion' rambutnya nggak dimacem-macemin. Jadi pas loncat sedikit, rambutnya berkibar. Noleh sedikit, kibasan poninya cetar. Nontonin Baekhyun tuh kayak every moves he made was happiness. Dan malam itu kayaknya dia kebanyakan makan gula jadi bahagia banget. Bikin yang nonton juga seneng banget!


'Don't Go' abis, gue bener-bener sekip pas mereka nyanyi 'Playboy'. Karena bagian panggung di depan gue kayak kosong berkali-kali itu dan cuma jadi jalanan selewat doang. Mungkin ini nggak enaknya di Standing Pen C tempat gue, tengah-tengah panggung dan nempel pagar. Ketika penampilan EXO yang posisinya nggak sedang di panggung tengah (kayak 'Playboy' ini), kondisi panggung bener-bener bisa kosong melompong! Mungkin kira-kira kalau dalam satu lagu berdurasi 4 menit, ada sekitar 1 sampai 1,5 menit mereka berdiri di panggung tengah dan nyanyi beberapa baris lagu (bergiliran). Sisanya ya mereka nyebar.

Ya adil sih sebenarnya. Soalnya yang berdiri di barisan gue ini kan memang ketika Ment bisa melihat mereka langsung dan mendapatkan pemandangan yang nggak didapatkan yang ada di kiri, kanan, ataupun tribun sekalipun.

Jadilah ketika 'Playboy' gue cuma bisa melihat Jongin #MeliukSepertiNagini di sebelah kanan panggung sambil berusaha keras menoleh supaya nggak encok. Kamera gue julurkan sebagai pembantu penglihatan. Di sana dia meliuk-liuk bersama Sehun. Buat yang ngejer Jongin, silakan pilih sebelah kanan panggung. Karena seinget gue, Kai sering banget ke posisi itu.



Apalagi pas 'Baby Don't Cry', dia posisi basah-basahannya di sebelah kanan (dari posisi penonton). Boleh deh, kalo niat kena cipratan air campuran keringet dari kulit Jongin berdiri deh tuh di sana. Kalau Sehun pas 'Baby Don't Cry' ada di sebelah kiri. Sementara yang biasnya vocal line yaudah sabar pake teropong, karena mereka nyanyinya di panggung utama pas ini sampai 'My Answer'.

Suara jernih Baekhyun + suara rendah berat kayak abis nelen batu punya D.O + suara ngeden tapi oke punya Suho = gue menangis terkapar dalam hati dan tidak bisa melakukan apa-apa selain ngeliat ke panggung, sesekali ke layar besar, menyanyi di dalam hati dan tepuk tangan dalam diam.



'Baby Don't Cry' dan 'My Answer' di 'THE EXO'luXion' udah paling the best! Dari segi vokal mereka maksimal, dance basah-basahannya juga maksimal walaupun nggak keliatan. Baekhyun main pianonya oke banget (dan setiap pundaknya bergerak-gerak pas main piano tuh kayak penuh drama sekali rasanya sodara-sodara! ANGKAT TANGAN SODARA MAKA HUTANG-HUTANG SODARA AKAN LUNAS!!!!!!)

[jangan lupa juga nih add LINE@ KaosKakiBau buat rame-ramein aja hihihi @ecd6150l (di search pake @ jangan lupa)]

Share:

1 komentar