Yang Gue Suka/Gak Suka dari MV Turn Back Time-nya WayV



Ini sudah waktunya gue menulis di blog soal WayV. Hihihi… Seolah ingin memberi keadilan pada grup favoritku yang terbaru ini. Setelah EXO rupanya gue juga masih bisa jadi bucin boygroup! Walaupun mungkin yang ini kayaknya msih dalam fase biasa-biasa aja karena gue belum punya satu CD mereka sama sekali. Dalam standar yang gue bikin sendiri, gue bahkan masih belum bisa menyebut diri gue WayZenNi karena masih belum punya kontribusi apapun dalam penjualan album. Oke, aku akan menuju ke sana. Jogeumman kidaryo!

Kalau gue nggak salah inget, gue pernah nulis soal review MV Boss NCT U di blog ini bertahun-tahun yang lalu. Mungkin itu adalah tulisan pertama gue soal NCT kali ya? Gue nggak tahu juga. Walaupun nama NCT dan member-membernya sering gue sebut di tulisan-tulisan gue yang lain. Kayak pas gue lagi sakit otot karena kayaknya kebanyakan mengutuk Jaehyun dalam kehidupan sehari-hari akhirnya Jaehyun memberikan kutukannya kembali ke gue. Dan waktu itu juga gue pernah nulis soal pengalaman wawancara sama NCT 127. Jadi kayak yang gue bilang di paragraf pertama, ini sudah saatnya gue nulis soal WayV.

Sebelum kita masuk ke pembahasan MV, izinkan gue berterima-kasih dulu kepada SM Entertainment karena sudah mendebutkan WinWin dan melakukan transfer pemain terhadapnya dari NCT 127 ke WayV. Terima kasih banget karena akhirnya WinWin diberikan spotlight he deserves ketika sudah ada di WayV. Nggak lagi terbayang-bayangi oleh member NCT 127 yang pesonanya sangat membahana sampai-sampai pesona WinWin pun harus tertutupi. Hal terbaik yang dilakukan SM di 2019 adalah mendebutkan lagi WinWin di WayV. Gue udah berkali-kali bilang ini sih tapi gue akan bilang sekali lagi: WINWIN DI WAYV JADI LEBIH DIKASIH PANGGUNG BUAT TAMPIL. TERIMA KASIH SM ENTERTAINMENT!

Nah, kemaren gue sempat bikin review singkat soal MV Turn Back Time di YouTube dan IGTV (kalau kalian belum subscribe ke YouTube gue bisa klik/tap di sini, kalau kalian belum follow gue di Instagram bisa klik/tap di sini). Di review itu gue juga sekalian bikin react ala-ala gitu. Biasanya gue tuh seru kalo bereaksi terhadap sesuatu karena Dita berkali-kali bilang sama gue kalau reaksi gue tuh suka lebay. Tapi kalau di depan kamera kayaknya gue masih malu-malu. Maklum, wajah pas-pasan kayak gini suka insecure kalo muka jeleknya keliatan. Padahal memang sudah keliatan. Sebelum baca tulisan ini sampai habis, kalian bisa tonton dulu videonya di bawah ini biar agak nyambung sama apa yang akan gue tulis ya.


Di tulisan ini gue akan lebih mengelaborasi apa yang sempat gue katakan di video di atas. Jadi, without further ado, berikut ini adalah hal-hal yang gue suka dan gue nggak suka dari MV WayV Turn Back Time.

Yang Gue Suka

Set dan CGI di MV yang bagus banget


Entah sejak kapan, mungkin sejak 2010 atau sebelumnya, gue memang suka banget memperhatikan set-set MV-nya SM Entertainment. Kalau bener 2010 berarti mungkin itu pertama kalinya gue tenggelam lebih dalam ke dunia K-Pop. Ada MV yang memang bagus, ada MV yang biasa-biasa aja, ada MV yang nggak bagus. Tapi kalau kita ngomong soal set MV dan efek yang mereka tampilkan di MV di tahun 2020 ini, jelas berkembang banget. Gue sih kalo jadi SM bakalan malu banget kalo dalam rentang 10 tahun MV gue nggak ada perubahan. Makanya gue bilang kalau artis-artis SM yang sekarang tuh MV-nya udah bisa dijamin bakalan bagus. Nggak lagi cuma sekedar MV dalam kardus Indomie yang membosankan. Yang kalau dulu sering banget kita bahas “Eh ini kan properti yang pernah dipake di MV yang itu, kok muncul lagi di sini?” atau “Itu kayaknya set-nya mirip sama MV yang ini, kok muncul lagi?”. Kalau sekarang, bisa-bisa dihujat netizen. HEHEHEHE jadi inget TWICE kemaren sempat dikritik kan JYP-nya gegara katanya menggunakan properti yang sama dari MV yang sebelumnya.

Setelah era NCT menurut gue MV-MV SM udah jauh lebih bagus dari era Bonamana. Lo bayangin dulu di Bonamana mereka cuma modal tembok kosong doang sama lampu dipindahin kiri kanan kiri kanan begitu seterusnya sampai malaikat maut menjemput. Tapi bukan berarti tanpa teknik, memang bagus, jadi terkesan vintage kalau sekarang mah. Di masa itu, kalau dibandingkan dengan MV yang lain tuh kayaknya kok Bonamana kasian amat gitu maksud gue. Makin ke sini sih udah makin baik harusnya ya? Gue udah lama nggak liat MV Super Junior. Terakhir yang gue ikutin banget itu Mamacita dan gue suka banget karena di situ Super Junior menjadi Super Junior yang gue kenal. Grup yang kocak dan komedik.

Nah berkembang dari sekedar kardus Indomie, MV artis SM sekarang sudah upgrade banget. Kalau pun memang mereka memaksakan harus syuting di dalam kardus, tapi mereka mengemas kardusnya jadi lebih mewah. Dari kardus Indomie jadi kardus Emas Antam (YA SILAKAN KAKAK NABUNG EMASNYA).



Set di Turn Back Time ini adalah nuansa baru yang berbeda. WayV diajak masuk ke sebuah distopia yang misterius. Kenapa misterius? Ya karena kita nggak tahu bagaimana awalnya dan bagaimana akhirnya. Walaupun gue yakin sih kalau kalian baca teori-teorinya, kalian pasti akan menemukan cerita lengkap dari Turn Back Time ini. Gue juga kayaknya harus mulai baca teori nih supaya makin seger pikiran gue.

Setiap member di MV ini punya dunianya masing-masing. Atau bisa dibilang sel yang memenjarakan mereka masing-masing. Salah satu yang jadi favorit gue adalah Hendery, Lucas, dan Kun (oke WinWin juga karena kasian kan dia dirantai-rantai gitu. Ini WinWin masuk daftar karena faktor kasian aja. Coba lo bayangin kalo lo dirantai gitu gimana lo bokernya coba? Itu pasti udah bau banget sama kotoran sendiri ya kan. Jadi pantas dikasihani).

Hendery


Set Hendery menurut gue layak untuk diekspos lebih karena dari semua member, cuma dia yang dipaksa buat berendem sampai bengkak. Gue khawatir dia mengkerut lama-lama di dalam air atau lebih parah lagi kalau dia tiba-tiba punya insang. Hendery dengan image prince charming-nya (untuk bagian ini jangan dipikirin kelakuannya ya soalnya nggak masuk sama image wajahnya itu) sangat pas ditempatkan di sebuah set yang penuh dengan nuansa fantasi gitu. Semacam kubangan di tengah hutan tempat tinggalnya Maleficent gitu. Walaupun mungkin ini di dunia yang berbeda ya. Kesimpulannya yang bikin gue suka sama part-nya Hendery di MV ini adalah: 1. Prince charming, 2. Kecebur di kubangan. Kapan lagi kan ada adegan prince charming kecebur.

Lucas


Kalau Lucas sudah jelas karena (ini jujur aja gue sekip banyak banget teaser jadi ketika gue nonton gue baru tahu kalau) dia tiba-tiba punya sayap di situ. Ini sebuah twist yang sangat menarik menurut gue. Karena ternyata SM membawa kita (dan WayV) ke sebuah dunia yang tidak hanya dihuni oleh manusia saja tetapi juga laron dan makhluk bersayap lainnya. Eksistensi Lucas dengan sayapnya di MV ini membuat gue bertanya-tanya apakah sebenarnya member lain juga bukan manusia? Seperti misalnya ternyata Hendery sebenarnya adalah kappa? Entahlah. Tapi adegan ketika punggung Lucas dengan bekas lukanya itu muncul kemudian sayapnya mengembang itu bikin gue syok banget sih. Sebuah twist yang sangat menarik hanya saja tidak dieksplor lebih lanjut. Nggak heran kenapa Lucas nyeker waktu di dalam sel ya. Mungkin karena dia punya sayap, dia nggak perlu susah-susah pake sepatu. Terlepas dari sederet ketidaksinambungan antara adegan (kayak misalnya kalau punggung Lucas berdarah kenapa dia dengan santai tiduran tanpa pakaian gitu? Apa nggak sakit?) tapi gue tetap favorit sama bagian Lucas di MV ini.

Kun


Nah yang sebenarnya lebih seru dari semuanya adalah Kun. Kenapa lebih seru? Karena dia di sini harus akting jadi agak-agak psikopat gitu. Maksud gue, akting gini kan nggak gampang ya. Tapi kalo munculnya cuma sedetik dua detik kan kasian juga. Selain itu, gue rasa karakter Kun dalam cerita WayV di MV ini tuh bisa jadi twist lain yang nggak kalah menarik. Hanya saja nggak terlalu diceritakan dengan detail. Tapi mungkin ini akan jadi sesuatu yang penting di comeback selanjutnya kalau SM mau melanjutkan ceritanya. Karena kan setahu gue NCT punya universe juga tuh dengan teori-teori sendiri. Jadi di sini WayV harusnya juga punya universe dengan teori-teorinya sendiri. Kembali lagi ke Kun, yang bikin gue suka dari penampilan Kun di sini (selain rambut birunya walaupun gue gak suka biru) adalah konflik psikologis yang dialaminya selama terpenjara. Adegan ketika dia berdiri di tengah ruangan terus ketawa kayak psikopat gitu sih menurut gue harus ditepok tanganin banget. Gue juga ingin tahu lebih banyak kenapa banyak pecahan kaca di situ dan kenapa dia jadi menyakiti dirinya sendiri.

Terus, dari mana dia dapat cincin batu akik itu? DARI MANA?!?!?!??!

Oh iya, ada satu shot yang juga membuat gue yakin kalau Kun juga bukan manusia sih. Kayaknya dia ini semacam makhluk keturunan Luhan yang punya kekuatan telekinesis.

Story and theory


Buat orang-orang yang nggak ngikutin teaser-nya pasti akan bertanya-tanya soal jalan cerita yang ditampilkan di MV ini. Kenapa sih kok tiba-tiba nih orang-orang terkungkung dalam sangkar gini? Kenapa Ten bisa muncul dengan kartu all access gitu? Apakah kartu itu bisa juga digunakan masuk ke backstage konser K-Pop di Jakarta?

Tentu buat fans yang sudah ngikutin dari kode-kode yang di website bakalan lebih mengerti ceritanya. Tapi kalau mereka yang cuma MV-nya berujung pada hanya bisa menebak apa yang terjadi. Ketika gue nonton pun gue memposisikan diri sebagai orang awam aja. Karena pas gue ngikutin kode-kode di website pas teaser rilis jujur saja kepalaku pusing. Mikirin bayar listrik aja pusing apalagi mikirin kenapa Ten bisa muncul di situ pegang kartu all access, ya kan.

Yang gue suka pada akhirnya ya karena SM membuat sebuah storyline di MV ini yang bikin penonton awam tuh menebak-nebak apa yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi. Makanya tadi gue bilang gue akan baca-baca teori lagi deh abis ini supaya gue bisa dapat that “OH!” moment gitu lho pas nonton MV-nya. Nah, ini juga berkembang banget kan dari MV WayV yang sebelumnya. Take Over The Moon menurut gue konsepnya bagus banget dan MV-nya pun terasa seperti alien banget. Di Turn Back Time ini, masih dalam dunia yang sama gue rasa tapi dengan kekacauan yang berbeda. Kaitan antara satu MV dan MV lain di universe WayV ini semakin membuat mereka jadi menarik untuk diikuti.

Sekali lagi terima kasih SM karena sudah bekerja keras untuk WayV. HIHIHIHIHIHIHIHIHIHIH…..

Hanya saja seperti yang gue bilang di video react, MV ini tuh nanggung. Cerita yang disampaikannya nggak yang plek-plekan gitu jadi harus nebak-nebak dan berteori sendiri. Tapi di situlah gue rasa sih pesonanya.

Musik


Awalnya gue nggak suka lagunya. Karena buat gue, lagu ini tuh keluar banget dari WayV yang gue kenal dan suka selama setahun belakangan ini. Menurut gue, Take Off sama Moonwalk itu adalah dua lagu yang memberikan identitas buat WayV. Kayak pijakan kuat yang gue harap ke depannya mereka akan muncul dengan lagu yang punya vibe yang sama. Pinternya SM kan gitu, mereka selalu bisa memilik title track dengan vibe yang sama tapi lagunya nggak terdengar sama. Gue nggak tahu dengan lo tapi menurut gue, Turn Back Time ini vibe-nya malah nggak seperti WayV.

“Lagu ini sangat NCT banget!” kata gue waktu pertama kali dengerin. Soalnya, ketika gue mendengarkan Punch dan Kick It, gue sangat berkontemplasi, apakah gue akan suka atau tidak suka dengan lagunya. Berujung pada gue ambil bagian netral aja: lagunya bukan selera gue. Akhirnya nggak masuk ke playlist yang gue dengarkan sehari-hari.

Cuma, masalahnya, gue udah bias banget sama WayV. Gue pun memaksa diri gue untuk mendengarkan lagu ini berkali-kali dan bilang “Pasti deh ada bagian yang akan lo suka pada akhirnya!” gitu. Awalnya mungkin bagian goyang-goyang kepala itu. Tapi nggak juga karena gue rasa itu hanyalah kopian dari Lucky One-nya EXO. Jadi suatu malam gue kepikiran buat nonton MV-nya tapi dalam kecepatan 0,5 dari kecepatan normal. Dan gue menemukan fakta menarik bahwa musik intro lagu ini mirip lagu-lagu berbahasa Jawa yang punya nuansa horor di film-film seram. Dan ternyata nggak cuma gue yang setuju, beberapa orang juga merasa kayak gitu. Ada nuansa gamelan di intro lagu ini yang pada akhirnya bikin gue suka.

Jadi kesimpulannya, di bagian musik gue bukan yang 100% setuju kalau ini musik yang pas buat WayV. Tapi pada akhirnya karena gue sudah terlanjur bias, gue pun menyerah dan mendengarkannya. Pas itu gue jadi mikir akhirnya, kalau gue bisa memaksa diri gue untuk suka dengan style musik WayV yang kayak gini yang gue pikir ini mirip NCT, harusnya gue juga bisa dong ya suka sama lagu-lagunya NCT?

Oke. Mungkin abis ini gue akan kembali ngebias Jaehyun.

Setelah MV ini keluar gue sebenarnya semakin bingung untuk menentukan harus ngebias siapa karena semua dapat part yang setara dan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sejak Moonwalk, high note Xiaojun selalu gue tunggu-tunggu dan selalu gue suka dan di Turn Back Time ini Xiaojun benar-benar memberikan keberkahan buat dua lubang telingaku. Terima kasih Xiaojun.

Yang Gue Nggak Suka

Kostum


“Bisa nggak sih mereka bajunya nggak usah macem-macem?”

Itulah yang pertama muncul di kepala gue waktu teaser foto keluar. Udah bajunya macem-macem, bermasalah pula sampai MV delay dan album fisik juga delay. Kalo aksesorinya nggak kebanyakan kan nggak akan sampe bermasalah. Hihihhi… Tapi ya untuk yang satu ini sebenarnya masalah selera aja. Menurut gue, justru WayV kalau tampilnya dengan kostum yang nggak terlalu ribet kebanyakan peniti gitu jadi lebih ada pesonanya. Maksudku, mereka nggak perlulah berusaha terlalu keras untuk jadi terlalu swag gimana karena ya udah, mereka tuh justru akan terlihat lebih mempesona dengan sesuatu yang simple dan minimalist gitu. Ya mungkin pertimbangan kenapa akhirnya bajunya dibikin ala ala swag gitu karena lagunya. Tapi ya… kembali lagi aku sebagai netizen sotoy akan bilang: YA KALIAN KAN JAGO BIKIN KONSEP YA BIKIN DONG KONSEP BUAT LAGU YANG BADASS GINI TAPI TAMPILANNYA MINIMALIST. MINIMALIST BADASS GITU KAN KONSEP YANG JARANG KELIATAN DI MV K-POP.

(Lalu kemudian aku diludahi tim kostum manajemen).

Intinya adalah gue nggak terlalu suka kostum mereka di sini karena berlebihan. Berlebihan aksesorinya dan berlebihan bolongnya yang kemudian membawa kita ke poin selanjutnya.

Terlalu terbuka buat apa?

Gue selalu mempertanyakan hal ini. Sebenarnya kenapa sih manajemen tuh selalu aja ada momen member boygroup-nya dibuat tampil terbuka dan nggak pake baju? Buat apa?

BUAT APA?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!

Seperti yang gue bilang di video reaction gue, ada hal-hal yang lebih bisa ditampilkan selain badan gitu. Waktu WinWin mulai tampil telanjang dada di Take Off gue yang kayak “Oh yaudah oke.” Ketika dia tampil dengan style yang sama di Turn Back Time gue udah mulai yang “Oke ini sudah berlebihan. Cukup.”

Ya kembali lagi ini kan masalah suka atau tidak suka dan personal opinion aja ya guys. Kalau ada yang suka ya silakan, tapi gue tidak suka aja. Kalau ditanya alasannya kenapa ya karena… ya…. Gatau…. Ya karena…. Menurut gue masih bisa kok menampilkan gaya lain dan hal lain selain buka-bukaan itu.

HEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHE

Rambut YangYang



Tim stylist ketika memutuskan model rambut untuk YangYang di MV:

“Ok guys, kita sudah punya gaya rambut untuk semua member kecuali YangYang. Terima kasih mbak Kim karena sudah memilih warna biru untuk rambut Kun, dari katalog rambut Doyoung. Sekarang apakah kita sudah bisa memutuskan untuk model rambut YangYang?”

“Saya punya ide,”

“Oke silahkan mbak Lee,”

“Saya tadi buka-buka katalog lama dan menurut saya YangYang akan cocok dengan model rambut antara Key di Ring Ding Dong, atau Sungmin di Mamacita. Menurut saya kita sudah lama nggak menampilkan itu di MV,”

“Hmmm… tapi Sungmin di Mamacita kemarin sudah kita pakai ke rambut Mark di Kick It, bukannya?”

“Bener, tapi kalo di Mark kemarin kita bikin nggak lurus gitu rambutnya jadi agak curly. YangYang kita bikin aja dengan konsep yang sama, tapi lebih ke Sungmin gitu. Saya rasa sih image polos YangYang masih tetap bisa keliatan, tapi sedikit jadi lebih badass gitu,”

“Yang lain gimana?”

“Setuju sih,”

“Iya juga menarik,”

“Saya ikut aja,”

“Ya saya juga ikut aja ya mbak,”

“Oke yaudah kita putuskan YangYang pake gaya rambut yang sama seperti Mark dan Sungmin,”

Dan menurut gue keputusan mereka sangat tidak tepat sekali.

**

Nah itu sedikit isi kepala gue yang ingin gue sampaikan di posting-an kali ini. Jangan lupa stream Turn Back Time dan STAN WAYV!!!!!!





Share:

0 komentar