Shock Liat Teaser Irene & Seulgi! SM Entertainment Berani Banget?!


Gue selalu mengeluhkan satu hal yang sama ke beberapa temen gue yang suka K-Pop belakangan ini: SM tuh artisnya siapa lagi coba? Kasian anak-anak NCT kayak gak dikasih istirahat gitu.

Saking terbiasanya gue sama roster idol-nya SM yang banyak banget pas Gen-2, sekarang ketika lagi sepi gini kayak yang diliat itu lagi itu lagi. Ya gue bukannya nggak suka ngeliat NCT, tapi kalau hanya NCT yang dimunculkan terus kan kasihan mereka. Kapan istirahatnya? Kenapa gue jadi sok perhatian gini padahal gue bukan NCTzen?

Makanya gue seneng ketika WayV akhirnya dibawa promosi ke Korea di comeback yang ini. Dan gue juga mulai mencium aroma-aroma shifting dari China ke Korea nih sekarang untuk WayV. Gue tuh gemes aja gitu kenapa nggak dari awal pas mereka udah mutusin buat promo di acara musik TV di Korea, mereka nggak langsung rilis Turn Back Time dalam Bahasa Korea aja? Kan yang di sana yang nonton nggak roaming dan repot-repot baca subtitle. Yang gue denger-denger dari teman-teman gue sesama netizen (wkwkwkw) sempat ada knetz yang bilang “Ni ngapain grup China promo di Korea sih?!” Sedih akutu. Apa jangan-jangan memang promo di Korea adalah keputusan last minute ya? HUHUHUHU.

Selain NCT dan WayV (karena gue tetap percaya mereka adalah dua entitas berbeda hihihi maap maap guys), SM Entertainment masih punya Red Velvet. Bisa dibilang satu-satunya girlgroup yang aktif di manajemen saat ini. Tapi sayangnya karena kondisi Wendy yang kemaren sempat kecelakaan bikin promosi Red Velvet buat Psycho juga tersendat dan akhirnya yaudah ditinggalin aja. Damn SBS Gayo Daejeon!

Untungnya, hihihi, karena SM sebelumnya sudah sukses dengan konsep sub-unit di dalam grup (mulai dari Super Junior-M, Happy, Trot, CSJH-Dana&Sunday, EXO-M, K, SC, SNSD-Oh!GG), ya kenapa enggak mereka bikin sub-unit buat Red Velvet?

Antara ketebak dan tidak ketebak sih sebenernya. Karena satu hari, di salah satu episode Podcast KEKOREAAN gue sama Dita juga pernah ngebahas soal “Member grup mana sih yang akan atau cocok dibikin solo?” gitu dan gue inget pernah jawab Seulgi.

Waktu awal debut Happiness dulu, ada satu shot di MV lagu itu yang menampilkan wajah Seulgi mirip banget sama Taeyeon. Di satu episode Arirang After School Club juga ada fans internasional yang notice hal yang sama dan menyebut Seulgi sebagai “The 2nd Taeyeon”. Gue nggak komplain sama sekali. Karena kalau dilihat sekilas memang agak-agak mirip. In fact, semua artis SM pasti ada kemiripan satu sama lain dan itu sudah jadi legenda dan misteri di kalangan fans lama juga. “GIMANA CARANYA SM BISA NEMU KAI YANG MIRIP TAEMIN?! NEMU TAEMIN YANG KEMUDIAN MIRIP JAEJOONG?! NEMU TAEYONG YANG MIRIP JAEJOONG?! NEMU JENO YANG MIRIP DONGHAE!? NEMU IRENE YANG SEPARO MIRIP TAEYEON SEPARO MIRIP TIFFANY LAMA-LAMA JADI MIRIP BOA GINI DIA?! TERUS KENAPA LAMA-LAMA JAEHYUN JADI MIRIP KRYSTAL GINI SIH?!”


Dulu, dulu banget, di awal-awal gue ngeblog gue sering banget bilang ini: muka artis SM semuanya satu cetakan. Entah apakah mereka menggunakan teknik-face-lifting-shifting-atau-apapun-itu tapi it does works. Apapun yang mereka lakukan dengan bikin wajah artis-artis mereka jadi sama gitu, it works in the industry. Karena pada akhirnya orang-orang akan suka dengan tipe wajah yang sama. Kayak kalo satu udah terkenal terus muncul wajah lain yang mirip maka wajah lain itu akan mudah diingat orang “Wah kok mirip si Anu?” kayak gitu. Di satu sisi sih memang ini kayak bala ya. Karena nanti takutnya orang yang dibilang mirip malah mendompleng popularitas yang lain gitu kan. Tapi kalo kasusnya di dalam manajemen sih yaudah bodo amat. Toh kalo yang satu mendompleng kesuksesan yang lain duitnya juga masuk ke kantong yang sama.

Nah balik lagi ke Seulgi, di episode Podcast KEKOREAAN itu gue pernah meramalkan kalau di Red Velvet tuh yang mau didebutin solo ada dua kandidat: Seulgi sama Wendy. Tapi gue denger-denger dari fansite (HALAH HAHAHAHA GAK DENG INI GUE BACA SELEWAT DI TWITTER) kalau Wendy tipenya nggak mau solo. Gue seneng. Karena dia memikirkan kesehatannya juga maksudnya kalo debut solo berarti dia akan capek dan sibuk jadi susah me time. Gila gue perhatian banget ya sama orang yang nggak kenal sama gue bahkan. Ya tapi at least gue pernah lihat dia dari dekat dan gue jadi sayang sama dia.

LHA HALU.

Nah kalo Seulgi, di episode Podcast KEKOREAAN itu gue bilang ke Dita kalau gue meramalkan Seulgi akan didebutkan solo oleh SM tapi konsepnya malah nggak kayak Taeyeon (meskipun dia dibilang The 2nd Taeyeon). Gue malah melihatnya Seulgi akan didebutkan solo tapi dengan konsep BoA.



Coba deh perhatiin. Setelah BoA, belum ada lagi artis SM yang solo dengan konsep singer-dancer kayak gitu. Member SNSD pernah dibuat kayak gitu tapi kayaknya SM sendiri nggak terlalu serius dengan mereka jadinya Seohyun promonya setengah-setengah, Yuri promonya biasa-biasa aja (GUE SUKA LAGUNYA TAPI!!!! PAJYEOGA GIPHI~ NO WA NA KATCI~), Tiffany padahal bagus tapi yaudah kayak gitu aja. Sekarang Taeyeon juga nggak selalu muncul dengan lagu dancey (yang mana bagus sih gue lebih suka konsep Taeyeon yang sekarang soalnya wkwkwkkwkwkwkw). Jadi masuk akal kalau kemudian SM mencari penerus BoA nih. Memang sih bisa aja SM mendebutkan artis solo baru yang dari awal aja udah disiapkan untuk jadi the next BoA gitu. Tapi gue rasa manajemen ini nggak terlalu percaya diri untuk bisa menciptakan sebuah brand dan produk baru yang setidaknya bisa dibuat jadi the next BoA. Maksud gue… BoA tuh legend. Susah buat nyari penerusnya. (ASLI SOTOY AMAT)

Makanya Seulgi gue pikir bisa nih buat paling tidak memunculkan kenangan di benak masyarakat bahwa dia mirip-mirip BoA gitu. Secara wajah, gue yakin juga akan mengingatkan orang-orang sama BoA juga (ya dengan asumsi bahwa artis SM mukanya sama semua). Ditambah lagi selama di RV, walaupun dia vokalnya juga bagus banget tapi SM menempatkan dia sebagai lead dancer. Cocok kan? Kalau dibuat solo kayak BoA tuh emang Seulgi pas banget!

Eh tapi ternyata SM lebih memilih untuk mendebutkan Seulgi ke sub-unit.

Oke secara sejarah SM Entertainment ini bisa jadi salah satu sukses sih. Karena dulu SNSD-TTS kan sukses banget. At least gue ngerasanya gitu. SNSD-TTS tuh punya lagu yang bagus-bagus dan beda banget dari lagu-lagu SNSD. Dan saat itu, setelah CSJH-Dana&Sunday cuma sekelebatan mata saja, SNSD-TTS dapat sorotan yang luar biasa.

Lalu mungkin bikin lo bertanya-tanya ya, kenapa pas f(x) nggak lengkap SM malah nggak ngedebutin member yang tersisa sebagai sub-unit? Hehe.

Nah, siapa yang cocok dipasangkan sama Seulgi di sub-unit?

Banyak yang mungkin memilih Wendy karena secara vokal dua-duanya sangat melengkapi satu sama lain. Dan tentu saja gue tahu lo semua shipper WenSeul. Iya gue tahu! GUE TAHU! DAN MEREKA MEMANG GEMESIN BANGET! Tapi sayangnya Wendy sedang tidak dalam kondisi yang prima. Jadi, siapa yang paling oke buat menemani Seulgi di sub-unit? HEHEHEHEHE

SAYANGKU: IRENE.


Ini nggak ujug-ujug kok. Seulgi dan Irene sudah lama di-branding sama SM sebagai “couple” dalam grup ini. Selain karena Seulgi, Irene, dan Wendy adalah SM Rookies angkatan pertama cewek yang diperkenalkan dan didebutkan (DAN KEMANA TUH SEKARANG KONSEP SM ROOKIES KOK MENGUAP SAJA?!?!?!?!??! PADAHAL AKU KANGEN NGE-STAN MEMBER YANG BELUM DEBUT. SOALNYA KALO SUDAH DEBUT TERUS MEREKA KEBANYAKAN FANS AKU PUSING). Seulgi dan Irene juga pernah disatukan dalam video cover Be Natural sebelum Red Velvet debut dulu. Harus gue akui memang penampilan itu sangatlah ikonik!



Sepanjang ngefans artis SM di generasi kedua, gue nggak pernah tuh ngeliat video chair dance seseksi itu. Seksi tapi tidak murahan. Seksi tapi tidak buka-bukaan. Gue suka banget deh akhirnya mereka juga merilis lagu Be Natural secara full berempat waktu itu. Eh berlima deh sama TY Track… TY Track…

Jadi Seulgi dan Irene. Atau sekarang SM menyebutnya dengan yang tua duluan jadi Irene & Seulgi. Atau Irene&Seulgi? Gimana sih penulisannya yang bener? PAKE SPASI ATAU ENGGAK NEHHH??????

Sudah ada beberapa teaser yang dirilis buat debut sub-unit pertama Red Velvet ini. Yang pertama ngasih tahu judul album sama lagunya ‘Monster’. Yang bikin gue agak-agak… ya kenapa sih harus pakai judul yang sama dengan judul lagu EXO? Maksud gue apakah enggak bisa mencari padanan kata dari Monster gitu supaya kalo googling tuh nggak ribet gitu lho:

Mungkin maksud Anda Monster oleh EXO?

Mungkin maksud Anda Monster oleh Henry?

Mungkin maksud Anda Monster oleh BIGBANG? Maaf Anda salah manajemen hehehe kan lagi ngomongin SM bego.

Tapi sekarang kalo lo Googling Monster K-Pop Song pasti yang keluar tuh EXO. Karena lagu itu ikonik banget. Karena se-ikonik itu makanya gue pikir harusnya nih manajemen pake judul yang lain aja. Padanan kata Monster apa sih yang lain? Banyak kok. Kalau menurut situs www.thesaurus.com, Monster itu bisa juga berarti:


  1. Beast – yang mana nggak mungkin dipake karena ada grup yang sudah terkenal juga dengan nama itu. Tapi ya nggak ada yang nggak mungkin sih karena SNSD aja bisa pake judul Mr. Mr padahal ada grup yang namanya MR. MR juga dulu dan manajemen MR. MR komplen karena search term mereka di internet jadi ilang dan keganti sama SNSD semua.

  2. Behemoth – yang menurut gue kalo dipake memang agak ribet sih apalagi kalo dimasukin ke lirik lagu. Tapi bukan berarti ini pilihan yang buruk.

  3. Demon – ini juga cocok nih seperti alamiahnya K-Pop yang sudah membawa hidup gue ke jalan kesesatan. Yang membahagiakan.

  4. Devil – nggak usah dipake lagi udah dipake Super Junior.

  5. Freak – nggak mungkin dipake karena terlalu kayak umpatan.

  6. Giant – ini juga cocok tapi mungkin nggak sesuai konteks lagunya nanti.

  7. Villain – ini juga cocok sih dan bisa jadi salah satu pilihan.

YA TAPI MOHON MAAF RON DARI TADI LO BERDEBAT SAMA DIRI LO SENDIRI YA MUNGKIN KARENA MEMANG MONSTER YANG PALING TEPAT DAN PALING MASUK AKAL DAN COCOK SAMA JUDUL LAGUNYA. UDAH GITU AJA.

Iya iya maaf ya Ron yang nyolot. Dari Ron yang pake huruf kecil.

Ya tapi kalo lo mau bahas kesamaan judul di lagu-lagu artis SM ada banyak kok selain itu. Cuma ya ini karena bersinggungan sama EXO aja makanya gue panjang-panjangin WKWKWKKW soalnya gue sayang dua-duanya.

Nah kalo soal konsep, ini nih yang sebenarnya menarik. Kalau dari teaser pertama yang mereka rilis kan itu kelihatan banget kalo konsepnya feminin dan dark/monstrous gitu. Feminin karena dari logo dan branding awal sub-unit ini kayak, gue nggak tahu sih itu tapi mirip kotak bedak gitu buat gue. Awalnya gue mikir ini kayak Galaxy Z Flip anjir apakah mereka iklan terselubung atau gimana? Soalnya kan hapenya juga mirip kotak bedak. Lalu ada juga konsep dark yang ditampilkan karena judul comeback-nya kan Monster.

Nah kan ada dua poster kotak bedak nih ya. Ada yang putih dan ada yang hitam. Yang putih (gue rasa ini untuk Irene karena di-upload duluan dan Irene namanya disebut duluan jadi poster yang duluan adalah Irene) menampilkan sebuah bunga/tanaman yang kelihatannya kering dan berduri. Sementara yang hitam (berarti kalau yang putih buat Irene, yang ini harusnya buat Seulgi) menampilkan bunga mawar.


Dari video 24 detik ini kita dikasih lihat kayak ada dark force gitu yang menguasai dunia ini. WKWKWKWKWK Ya terdengar sangat EXO-saat-awal-debut sekali ya kalau ditulis seperti itu.

Nuansanya kayak film horor gitu. Di tengah hutan, pephonan tinggi, lalu angin bertiup kencang sekali menggoyangkan ranting-ranting pepohonan, menimbulkan suara yang sebenarnya kalo nggak dikasi backsound menegangkan sih nyaman dan syahdu ya, tapi karena ini lagi dalam konsep Monster jadi malah serem kesannya. Menampilkan kesan kesendirian yang mendalam sih kalau buat gue. Padahal Irene kan sama Seulgi. Nggak sendirilah.

Terus ada juga shot kayak cairan hitam yang bergerak-gerak kayak lagi diblender gitu. Kayak semacam kopi kapal api hitam tapi tanpa ampas enak banget tuh pasti jadi gue nggak repot-repot deh harus pake saringan atau gue rendem semalaman dulu biar ampasnya mengendap. Tapi ini jelas bukan kopi karena mungkin ini seperti… apa ya… zat yang mengubah mereka jadi monster gitu? Gue nggak tahu sih tapi kebanyakan konsep SM kalo udah berhubungan sama mutasi gen pasti ada cairan-cairan kalo nggak suntikan dan pil. Eh tapi bisa juga berarti yang item itu darah karena darah mereka sudah bermutasi. Karena di shot selanjutnya ada cairan yang lebih kental. Either way, sama-sama mengisyaratkan bahwa jiwa dan raga mereka sudah terkontaminasi.

ANJIR JADI SERIUS GINI.

Lalu di shot berikutnya ada bulu-bulu binatang dan akhirnya muncul mata kucing.

Jadi… sebenarnya… yang bermutasi itu bukan Irene dan Seulgi ya. HAHAHAHHA PADAHAL GUE UDAH NGEBAYANGIN WOW KALO MEREKA JADI MONSTER KAN SERU BANGET?!?!

Dan anyway, itu shot kucing kayaknya dipake juga di MV SM yang sebelumnya nggak sih? Soalnya gue ngerasa kayak shot itu familiar. Tadinya gue kira itu kucing yang di MV Red Light-nya f(x) tapi bukan ternyata kucingnya lebih kecil dan matanya juga ditampilkan dua dan beda warna kan. Tapi yang ini kayak sangat-sangat familiar gitu shot-nya. Mungkin ini memang kayak video stock gitu atau gimana gue nggak tahu tapi memang ini pernah gue lihat di video lain. Mungkin juga bukan artis SM. Coba beri gue pencerahan guys! Kalo kalian lihat kabari gue di Twitter.



Video teasernya mungkin nggak semembuat shock teaser foto pertamanya sih. WOW. WOWWWWWW!!!!!!!!!!! WOWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWW!!!!!!!!! Oke guys, gue harus akui, walaupun kadang-kadang gue suka berlebihan dalam nge-ship dua orang baik yang berjenis kelamin sama atau berjenis kelamin berbeda; walaupun gue juga sangat suka Taeyeon-Tiffany, Baekhyun-Suho, Sarawat-Tine, tapi foro Irene & Seulgi ini tetap membuat gue shock. Kayak… KAGET BANGET?!

SM TUH NGGAK PERNAH BANGET GAK SIH MENAMPILKAN HAL-HAL YANG SEMENJURUS INI?!

Gue nggak komplen soal bagaimana mereka menciptakan nuansa sensual antara dua perempuan. Karena gue tahu ada orang-orang yang memang suka sama hal-hal seperti itu. I mean, gue mungkin salah satunya karena kok kayaknya Taeyeon-Tiffany gemes banget?! Gitu. Tapi ya gue tetep shock. Karena Taeyeon-Tiffany aja nggak pernah dibuat sebegininya dalam sebuah konsep foto untuk album.

Irene & Seulgi bener-bener break the boundaries (mengutip perkataan Dita di episode terbaru Podcast KEKOREAAN soal Road to Kingdom yang akan segera tayang. MANHI KIDARIJUSEYO!).

Dan kalau dipikir-pikir, buat apa juga komplen soal ini? TOH MEREKA TERLIHAT LUAR BIASA ESTETIK. OH MY GOD. BENTAR DULU MAU NANGIS SEBENTAR AJA YA. (PELUK IRENE).

Irene dengan lipstik merahnya (yang kalo dari samping gitu keliatan mirip BoA banget anjir) dan dengan tahi lalat di pipi yang bikin dia kesannya kayak mbak-mbak jahat posesif yang nggak mau kalo miliknya disentuh oleh siapapun. Kemudian Seulgi dengan tampilan yang sama-sama bold tapi lebih mild dan lebih kayak, aduh apa sih Bahasa Indonesianya gue nggak kepikiran kata-kata lain selain “pasrah”, WKWKWKWKWKW, MAKSUD GUE BUKAN PASRAH TAPI KAYAK DIA TUH KALEM AJA GITU. Nggak dominan gitu. HAH BUKAN ITU MAKSUD GUE JANGAN DIHUBUNG-HUBUNGKAN KE SITU YA. WALAUPUN YA GABISA JUGA GUE NGATUR PIKIRAN ORANG SIH. Seulgi lebih jadi kayak orang yang dikontrol oleh Irene di foto ini.

Kembali ke teaser hitam dan putih yang di atas, foto ini semakin menekankan konsep Irene yang lebih bold dan dominan, semacem angel karena kotak bedaknya putih tapi sebenarnya dia tuh berbahaya juga karena tanaman berdurinya. Sementara Seulgi yang lebih mild dengan bunga mawar tapi bukan berarti dia innocent karena kotak bedaknya item.

Kotak bedak adalah penentuan jati diri ya.


Dan sekali lagi, I’m not complaining.

Mereka berdua terlihat sangat-sangat misterius dan meninggalkan kesan yang membekas banget ketika gue pertama kali ngeliat foto ini. Membuat gue menantikan foto-foto selanjutnya.

Dari tulisan di atas mungkin lo sudah bisa menebak se-excited apa gue sama debut sub-unit ini. Tapi dari pengalaman yang sebelumnya, polanya akan tetap sama: SM rilis teaser bagus, bold, menusuk, mengejutkan, wow, shocking, wow, tapi nanti kalo udah masuk ke MV ya sudah bisa jadi semuanya hanyalah kehebohan yang berujung kekecewaan.

TAPI…!!!!

Belakangan MV dari SM bagus-bagus jadi, walaupun gue sama sekali nggak mau berharap karena SM = Suka Mengecewakan, jadi gue simpan ekspektasi itu dan terima apa adanya saja.

Kecewa lebih sakit daripada ikhlas.

Akhirul qalam: SEULRENE IS REAL. HATER BACK OFF!


(ANYWAY JANGAN LUPA SUBSCRIBE KE YOUTUBE CHANNEL AKU HEHEHEEH AKU BARU UPLOAD VIDEO BARU *KISS)

Share:

0 komentar