WayV Ada di Superstar SMTOWN!!!! [Plus Tips Buat Pemain Baru]


Gue agak kaget waktu ngeliat daftar blogpost yang paling banyak dibaca belakangan ini di KaosKakiBau: Tutorial Superstar SMTOWN. Seinget gue, itu artikel gue tulis udah lama banget. Kalau nggak salah pas awal-awal game Superstar SMTOWN dirilis dan bahkan masih lokal di Korea aja. Tapi semakin ke sini Dalcom Soft. semakin banyak bikin variasi game Superstar jadi popularitas ini makin naik dan sekarang aksesnya pun jadi lebih gampang di PlayStore dan AppStore.

“Mungkin karena sekarang banyak variasi game-nya jadi banyak yang ingin coba dan cari tahu cara mainnya,” kata salah satu temen di Instagram. Masuk akal juga sih karena game ini memang kan lokal banget ya. Kalau bukan fans artis tertentu atau manajemen tertentu, pasti nggak akan main. Kalau mau lebih gede lagi ya kalau bukan fans K-Pop pasti nggak akan main juga.

Gue sempat break main game ini setahunan. Tapi kadang-kadang kalau gue lagi mood aja gitu atau lagi bener-bener nggak tahu harus ngapain, gue mainin buat melepas sedikit penat di kepala dan di dada. Soalnya, sejak kartunya jadi makin banyak gue jadi makin males mainnya. Dulu kartu tuh cuma sebatas album aja. Sekarang nggak cuma album, per lagu bahkan bisa beda-beda. Buat orang yang udah main sejak lama dan kartu-kartu lamanya udah bagus-bagus malah jadi susah buat dapat padanan kartu, terlebih ngedapetinnya kan random, karena kartu-kartu baru makin banyak. Itu sih yang akhirnya jadi alasan terbesar gue kenapa pas di masa-masa break itu gue jadi kayak “Ah males ah!” gitu.
Belum lagi NCT yang setiap perilisan card pack-nya beda. NCT Dream setelah Mark keluar pack-nya beda. NCT 127 setelah WinWin keluar dan Jungwoo masuk pack kartunya beda. RIBET BANGET SIH INI?! Belum lagi Super Junior ada yang versi ini lah, itu lah, apa lah. Makin ribet aja. Cuma sekarang enaknya jadi banyak bonus. Jadi lebih gampang dapetin diamond dan RP.

Yah ada positif ada negatifnya juga sih. Tapi yang pasti itu semua nggak mengurangi keseruan mainin lagu-lagunya sih. Walaupun tetep, karena kartu adalah hal krusial di game ini dan menentukan skor dan segala macam, masih bikin kesel intinya mah.


Belakangan ini gue jadi mainin lagi game-nya. Alasan utamanya adalah karena akhirnya WayV masuk nih ke game ini! Seneng banget! Walaupun gue yakin gue nggak akan sesegera itu dapat deretan kartu-kartu mereka, tapi setidaknya masuknya WayV ke game ini jadi bikin gue semangat lagi buat mainin dan ikutin misi-misi setiap minggunya. Perasaan dulu gue heboh gini cuma buat EXO aja deh tapi sekarang gue ngerasain hal yang sama ke WayV. Entah harus bersyukur atau harus mengucap Astagfirullah. WAKAKAKAKAKAKAKA.

Sekarang di Superstar SMTOWN udah ada dua lagi WayV. Lagu yang sama sebenarnya Turn Back Time tapi dalam dua versi berbeda yaitu versi Mandarin dan versi Korea. Jadi masih banyak lagu-lagu yang harusnya akan masuk ke depannya. Paling nggak title track akan masuk semua sih dan gue akan sangat menunggu momen saat akhirnya Love Talk ada di game ini. HEHEHEHEHEHE.

Eh anyway ini kemaren gue nyobain perdana main Superstar SMTOWN lagu Turn Back Time-nya WayV. Boleh lho kalau mau ditonton di YouTube gue:



JANGAN LUPA SEBSKREB, LAYK, DAN SHER VIDEONYA YA! WKWKWKWKKWKWKWKWKWKW

Nah karena banyak banget yang baru mulai main game Superstar, gue mau ngasih tips nih supaya mainnya jadi lebih enak dan nyaman. Ini ada beberapa tips buat pemain baru Superstar SMTOWN, Superstar JYPNation, Superstar Pledis, Superstar Starship, dan yang akan datang Superstar GFriend:


1. Pas baru mulai, langsung bikin akun dengan mendaftarkan email

Memang sih lo bisa main game Superstar ini tanpa akun. Setelah download dari PlayStore atau AppStore biasanya lo akan diminta untuk mengunduh beberapa files yang gedenya antara 70 – 100MB-an untuk pertama kali. Nanti setelah itu download-nya paling cuma lagu-lagu yang lo mainkan (tapi sekali download akan kesimpen terus di hape, jadi waspada aja kalau misalnya lo merasa hape lo udah agak lemot geraknya bisa jadi karena lagu-lagu yang lo donlot udah kebanyakan) (tapi kalau hape kelas menengah sih harusnya aman ya). Nah lalu pas lo buka game-nya kan lo bikin profile tuh. Jangan lupa buat langsung masukin email lo dan registrasi.

Kenapa?

Supaya nanti kalo lo ganti hape, lo nggak akan kehilangan kartu-kartu yang sudah lo kumpulin dan skor yang sudah lo mainkan. Bintang-bintang di lagunya juga akan tetap tersimpan di akun email lo. Jadi ini adalah poin krusial buat pemain pemula.

2. Kalibrasi/sesuaikan ritme tap-nya

Di bagian setting (kalau lo tap avatar lo di game ini) lo bisa mengatur atau mengkalibrasi ritme tap-nya sesuai dengan kenyamanan lo. Masing-masing orang punya sense yang beda nih sama ritme tap-nya jadi usahakan lo personalisasi dulu bagian itu. Jadi nanti pas lo main, enak gitu lho. Jadinya kayak waktu beat lagunya sama waktu lo nge-tap tuh bisa ngepas gitu. Jadi lebih mudah juga untuk berhasil memainkan satu lagu dalam game ini. Tapi memang sih untuk ritme lagu sendiri bervariasi. Ada yang emang ngikutin beat lagu, ada yang ngikutin kata-per-kata, ada yang random kayak rap misalnya. Tapi anyway setelah lo mengkalibrasi lo akan jadi lebih nyaman pas main. Nggak akan merasakan “Kok tombolnya datang duluan tapi lagunya belom?” atau “Kok lagunya duluan tapi tombolnya telat?” dan walaupun telatnya itu sepersekian detik, itu lo akan merasakannya banget.


3. Kumpulkan kartu dengan tipe yang sama

Yang penting di game ini adalah kartu. Semakin tinggi grade kartu semakin tinggi skor lo setiap kali main. Selain grade kartu yang harus lo perhatikan juga adalah tipe kartunya. Kayak yang sedikit gue singgung di atas, tipe kartu di game ini sekarang banyak banget, tergantung juga tuh sama grup dan versi album yang mana. Tapi basically konsepnya sama kok. Lo harus ngumpulin kartu dengan tipe yang sama untuk semua member. Misalnya gue di EXO-K kartunya Miracle in Desember semua. Dengan begitu lo akan mulai dengan skor di atas 500ribu kalau kartu lo setipe dan grade tinggi dan setipe semua.

Di game Superstar ada beberapa grade kartu: C, B, A, S, dan R. Kalau dulu sampe S doang. Jadi setelah S bintang 5 yaudah itu jadi kartu tertinggi. Kalo sekarang R bintang 99 yang paling tinggi.

Kartu bisa didapatkan secara random dengan beli pack kartu dengan RP atau dengan diamond. Bedanya di mana?

Beli kartu dengan RP:

  • Paling mahal 30 ribu RP untuk 30 kartu
  • RP bisa didapatkan dengan main terus sampai headphone-nya abis (kalau abis biasanya akan nambah 1 setiap beberapa menit)
  • RP bisa beli pake duit juga (biasnya gue pake kartu kredit atau sekarang harusnya bisa pake e-money Google PlayStore gitu).
  • Grade kartu dari C – R. Bisa dapet random se random-randomnya. Tapi kebanyakan dapatnya pasi C B A. Kadang dapet S. Kalo beruntung ya dapet R. Dalam satu pack biasanya hanya 1 yang grade tinggi.
  • Beli pake RP ini buat jadi modal untuk ngawinin kartu biasanya.

Beli kartu dengan diamond:

  • Diamond harus beli dulu baru bisa dituker dengan pack kartu
  • Kartu yang dibeli dengan diamond biasanya isinya premium dan grade kartunya tinggi
  • Diamond bisa lo dapatkan juga dengan menjalankan mission atau lo login tiap hari kan ada tuh bonus-bonus harian yang di setiap hari apa dapet diamond, tinggal kumpulin itu deh
Kartu-kartu ini bisa dikawinin dan antar member/grup pun bisa. Kalau gue biasanya beli pack 30 yang pake RP buat modal ngawinin kartu. Karena kebanyakan C kan, jadi yang C ini gue pakai untuk upgrade kartu yang lainnya. Semisal gue cicil buat naikin bintang kartu R gue gitu. Penjelasan kawin kawinan kartu cek di sini.

Ingat, tentuin dari awal lo mau ngoleksi kartu tipe yang mana! Dalam perjalanan bisa berubah kok tergantung apa yang datang duluan dan bisa lo ganti-ganti. Tapi lo fokusin aja dari library lo, liat mana yang lebih banyak. Kalo misal EXO yang banyak The War tapi semua grade kecil, nggak masalah. Lebih baik kartu grade kecil tapi setipe semua daripada maksain grade besar tapi campur-campur.

Kalau belum ada yang setipe, ya boleh dicampur dulu sampe lo dapet tipe yang lo cari.

4. Mainin level easy – normal dulu

Buat pemula tentu saja lo harus mainin level easy dan normal dulu. Bukan berarti lo nggak boleh langsung ke hard. Tapi di level easy dan normal lo jadi bisa menyesuaikan ketukan lagunya dan latihan gitu buat menuju ke hard. Selain itu, lo juga bisa mainin semua level di easy dan normal untuk dapetin bonus kartu di akhir game-nya. Jadi itung-itung lo bisa nabung buat modal ngawinin kartu. Tapi harus inget, kalo kebanyakan kartu nanti inventori kartu lo bisa penuh. Jadi itulah kenapa lo harus ngawinin kartu buat upgrade kartunya. Jangan disayang-sayang kartunya! Karena kalo inventori kartu lo penuh, lo nggak akan bisa nyimpen kartu baru (akan kesimpen di inbox). Inventori bisa diperluas dan dibeli pake diamond.

Kalau jari lo udah terbiasa di easy dan normal, silakan meluncur ke hard. Level ini menurut gue lebih seru sih karena lebih menantang. Gue kalo main di level easy dan normal tuh ngantuk. Lamban banget soalnya WKWKWKWKWKWKWKKW.

5. Login tiap hari buat ngumpulin bonus

Sekarang enak, tiap hari ada bonus. Dulu mah kalo gak beli gak dapet diamond deh! WKWKKWKKW makanya sekarang sempetin aja buka sepuluh menit doang sehari buat dapetin bonus-bonusnya. Jadi bisa deh tuh dikumpulin buat modal main, modal RP ngawinin kartu, modal diamond buat beli kartu, dan sebagainya.

Nah, have fun!


Share:

0 komentar