JIN 'Gone' Music Video Review Saya!

Dulu, gue selalu berharap Baekhyun dan Suho adalah member EXO yang akan main drama pertama kali. Kalo nggak drama, paling nggak tampil di MV drama deh. Bias sih sebenarnya, tapi beneran yang pengen banget. Tapi setelah EXO comeback dengan XOXO dan mereka mulai merambah ke banyak bidang di luar menyanyi, kesempatan untuk Baekhyun dan Suho ternyata semakin mengecil. Alasannya, Baekhyun terlalu menye-menye dan Suho terlalu kaku mukanya.

Waktu Chanyeol sama Sehun muncul di 'Royal Villa', semakin kecil pula kesempatan dua bias gue itu untuk tampil di drama. Baekhyun nge-MC aja masih cantik banget, gimana kalo main drama. Ujung-ujung dapet peran 'cantik' agak nggak rela juga. Tapi yah memang sudah nasibnya mungkin. Someday dia akan menemukan jalan yang terbaik.

Sampai akhirnya ada kabar Xiumin bakalan jadi bintang MV dan itu drama MV, gue akhirnya bisa move on dari harapan-harapan untuk Baekhyun dan Suho. Xiumin sepertinya lebih menjanjikan.

Gue sejak EXO debut udah ngefans Xiumin. Ya mungkin emang spazzing gue soal Xiumin gak sesering BaekHo. Tapi gue selalu menganggap dia keren sejak debut. Kalo yang udah follow gue dari jaman masih 2000 followers pasti tau Kak Xiu hahaha.

Dulu memang dia kesannya kayak yang member nomor dua bangetlah yang jarang dilirik. Mungkin karena dia (sedikit) gemuk waktu itu. Tapi justru menurut gue itu yang membuat dia jadi lucu. Selain itu karena memang suaranya juga. Terus goyangan pinggulnya waktu di 'MAMA' dan pas showcase EXO. Ada yang perhatiin? Kalo nggak ada silahkan tanya diri kalian apakah kalian se-ngefans itu sama EXO? #EA #GAYA

Xiumin bekerja sangat keras sebelum comeback 'Wolf' sampai akhirnya dia jadi kurus kayak sekarang. Walaupun dia terlihat sangat baik-baik saja, tapi beberapa kasus diet yang gue baca dan dilakukan oleh artis KPop, mereka jadi punya kelainan terutama masalah pencernaan. I think Xiumin juga punya penyakit itu karena dietnya gue rasa tapi ya nggak diumbar-umbar aja.

Tapi sejak dia kurus, fans-nya jadi semakin banyak gue liat. Xiumin nggak lagi jadi member nomor dua tapi sekarang sudah sejajar dengan member-member yang sejak awal fans-nya udah banyak kayak misalnya Sehun, Luhan dan Kris misalnya. Sekarang aura oppa-nya (dalam kasus peran di MV) lebih keliatan. Itulah salah satu alasan kenapa dia akhirnya dipilih buat main di MV 'Gone' ini, menurut gue.

Siapa yang bisa memerankan karakter dewasa di EXO kalo bukan dia? Hidup! Manse!
*

Faktor lainnya bisa banyak. Tapi, dengan image Xiumin yang sekarang, dapet banget. Dia terlihat dewasa, disaat yang sama terlihat sangat menyenangkan dan lucu. Yah kalo yang suka nonton drama, tipe-tipe second male lead yang selalu membantu female lead-nya tapi selalu sial. Kayak gitu.

Dipilihnya Xiumin sebagai model MV 'Gone' ini jelas jadi salah satu cara sosialisasi SM ke fans Woollim atas merger perusahaan yang mereka lakukan beberapa waktu lalu. Hahaha bahasa gue di kalimat sebelumnya tolong nggak bisa lebih formal lagi apa gimana Ron.

Yang gue pengen bilang, nggak cuma sampai disini artis SM bakalan ada atau kerja sama dengan artis Woollim. Karena sekarang Woollim sudah ada di bawah SM, kedepannya pasti bakalan ada lagi yang kayak gini. Ya mungkin ini memang tahap awal, jadi bintang MV.

Sama kayak pas EXO baru debut, SM mencoba untuk mempromosikan EXO lewat MV-nya TTS. Sama kayak JIN yang baru debut, SM dan Woollim menunjuk member EXO buat model MV supaya lagu-nya JIN dan video musiknya ditonton juga sama fans EXO. 

Coba baca komen di video YouTube-nya, ada berapa banyak yang nonton cuma karena Xiumin, bukan JIN? Walaupun beberapa fans mungkin ngerasa kayak 'Hey you EXO fans gives some respect dong to JIN', tapi gak bisa bohong juga karena ada EXO orang akhirnya jadi penasaran.
*
*
Sosialisasi SM dan Woollim yang lain ya TASTY yang kemaren tampil di SMTOWN Beijing dan hari ini tampil di konser SNSD di Hong Kong. Nggak menutup kemungkinan Infinite bakalan kolaborasi dengan SHINee (OH PLEASE KEY-WOOHYUN) atau siapalah next time. Entah lagu bareng atau cuma sekedar model MV doang.

Nggak rugi-rugi amat kan merger? Malah dua-duanya dapet keuntungan kan... 

***


*
Gue suka sama MV 'Gone' ini. Walaupun jalan ceritanya ya sinetron banget, tapi diluar itu gue suka sama cara pengambilan gambarnya, konsepnya, color tone videonya, cara sutradara menyampaikan ceritanya. Semuanya kayak satu paket yang emang udah keren banget.

Cuma.... di beberapa bagian ada yang gue mau protes............

Pertanyaan 1: Lokasi pertemuan Xiumin dan Yoo Jung itu sebenarnya rumah siapa?

Awalnya gue pikir (dan kemudian gue yakin) kalau itu adalah rumah Yoo Jung. Tapi kemudian ada yang aneh... Kalau misalnya emang itu rumah Yoo Jung, kenapa ketika Yoo Jung datang hari itu (di awal MV), dia terkesan kayak sedang bertamu bukan pulang ke rumah sendiri?

Yang bikin gue mikir kayak gitu sih sebenarnya waktu Yoo Jung masuk ke ruangan dan duduk menunggu giliran dia buat kursus (atau apalah itu ya yang akan dilakukannya). Nah disitu terkesan kayak dia emang pendatang bukan pemilik rumah.

Kalo misalnya gue nih, bokap gue guru piano gue sendiri, sampe rumah ya gue bakalan langsung ke kamar. Kalo tau masih ada orang yang kursus gue bakalan tidur-tiduran dulu di kamar. Mandi dulu. Ngapain kek. Spazzing kek apa gitu di Twitter. Yoo Jung disitu kesannya formal banget sih.

Cuma kemudian, mikir lagi. Kalo itu bukan rumahnya dia kok dia hapal banget segala lokasi. Pertama, pas turun dari mobil di nggak perlu dituntun jalan ke dalam. Kayak udah hapal banget dimana harus belok. Berapa langkah lagi pintu. Dimana kursi.

Ditambah di akhir MV ada adegan dia lagi ada di dalam kamar, mondar-mandir tapa kesandung. Kayaknya emang udah lama tinggal disitu.

Di saat yang sama dia terlihat nyamn namun juga terasa asing di rumahnya sendiri.

Jadi bahan pikiran.

Pertanyaan 2: Guru piano atau ayah Yoo Jung atau bukan?

Pertanyaan paling mendasar sih sebenarnya. Statusnya dia siapa. Ayah Yoo Jung atau bukan? Atau kayak di drama-drama dia hanya perpanjangan tangan dari ayah Yoo Jung gitu?

Hahahaha

Waktu Xiumin pertama kali liat Yoo Jung, dia marahin Xiumin karena nggak konsen ke latihan. Oke wajar. Tapi kenapa waktu adegan terakhir yang pas Xiumin sama Yoo Jung berduaan di taman, Xiumin ditarik sama bodyguard, dia dari atas ngeliatin kayak dendam gitu? Salah apa Xiumin....

Yang gue baca, ceritanya, kenapa Xiumin dan Yoo Jung harus dipisahkan, karena Yoo Jung kalo jadi sama Xiumin bakalan sakit hati karena umur Xiumin nggak lama. Jadinya harus dipisahkan. Lalu kenapa di akhir MV si guru piano malah melanjutkan dentingan piano Xiumin buat Yoo Jung?

Terus ada lagi adegan Yoo Jung main piano terus dimarah-marahin sambil mukulin tongkat. Lah, ini orang udah tau itu si cewek buta, ya wajar dong kalo misalnya dia salah pencet tuts piano. Kenapa marahnya sampe segitunya? Kalo dia emang ayahnya, AYAH MACAM APA HELAH, tapi kalo bukan KENAPA YOO JUNG HARUS ADA DI KAMAR DI RUMAH ITU PAS MALEM. Geregetan.

Sebenarnya siapa dia? Kenapa gue harus bingungin orang ini.

Tapi ya sih kayaknya emang bukan anaknya. Kalo emang anaknya, dia harusnya udah muncul sejak lama dan Xiumin harusnya kenal dia sejak lama.

"Loh tapi kan bisa aja dia baru pulang dari luar negeri!"

"Nggak deh itu pas awal di masuk rumah nggak bawa koper sama sekali."

"Dia kan anak orang kaya, kopernya dibawain kacung lah!"

"Ya trus kenapa dia dimarahin gegara gak bisa main piano sama si guru piano kalo emang dia ayahnya kan harusnya dia tau anaknya buta!" #tetep

(kenapa jadi berantem sama diri sendiri)

OH GUE TAU JAWABANNYA!

Kenapa Yoo Jung tinggal disitu mungkin sekolah piano-nya sekolah asrama.

(Bebas sih...)

Pertanyaan 3: Xiumin mati atau nggak?

Jawaban gue nggak. Dia nggak mati. Dia pingsan karena dia nggak minum obat. YAIYALAH ITU OBATNYA DIAMBIL SI CEWEK. Atau jangan-jangan si cewek sengaja ngumpetin obat itu karena emang dia ada dendam tersembunyi? Oke ini salah.

Nggak yang jelas menurut gue dia nggak mati. Dia cuma kecapekan. Nanti lanjutannya waktu JIN debut sama girlgroup-nya Woollim, sambungan ceritanya disitu. Buakakakka

Kenapa gue yakin dia nggak mati? Soalnya Yoo Jung masih tersenyum diakhir MV. Itu sebenarnya bisa bermakna ganda. Bisa memang mengisyaratkan Xiumin nggak mati, bisa juga mengisyaratkan dia salah paham kalo sebenarnya Xiumin nggak mati.

Ekspresi si guru piano sih meyakinkan kalo Xiumin mati. Tapi karena identitas si guru ini gak jelas dan dia adalah guru yang jahat memarahi gadis buta jadi gue nggak percaya sama dia.

Intinya apa? Xiumin nggak mati.

Pertanyaan 4: Kenapa Xiumin harus ditarik paksa sama para bodyguard?

Ada beberapa kemungkinan:

a. Karena dia belum mandi jadi dipaksa pulang buat mandi,
b. Karena itu jadwal dia harus check up ke dokter tapi dia nggak mau check up karena dia udah tahu dia bakalan mati cepet. Jahat ya,
c. Karena dia nggak boleh deket-deket sama Yoo Jung. Kenapa orang yang udah tahu mau mati harus memberikan harapan pada gadis buta? Kasian kan gadis butanya. Tapi sudah terlanjur jatuh cinta sih....
d. Selama ini Xiumin banyak utang,
e. Manusia serigala nggak boleh deketin manusia biasa,

Soalnya ya gue melihat itu sangat berlebihan gitu. Emang si Yoo Jung ini pembawa virus berbahaya sampai-sampai Xiumin nggak boleh deket-deket sama dia? Emangnya karena dia buta kemudian Xiumin jadi nggak selevel sama dia terus gak boleh deket? HELLO LO JUGA UDAH MAU MATI ELAH OKNUM YANG MEMAKSA XIUMIN BUAT GAK BOLEH DEKETIN YOO JUNG INI LEBAY.

Kemudian di adegan itu gue tetep kesel sama si guru piano yang identitasnya nggak jelas. Gue rasa Yoo Jung ini anak pungut deh sampe itu guru piano jahat banget.

Pertanyaan 5: Siapa Xiumin?

Anak orang penting macem Kim Tan yang nggak boleh berkasih dengan seseorang yang tak sempurna untuknya. Itulah kenapa si guru piano terlihat puas ketika Xiumin ditarik paksa bodyguard. Kalo nonton 'Heirs', jadi tau gimana sulitnya ngelawan orang yang strata sosialnya lebih tinggi. 

Pertanyaan 6: Ada yang aneh gak di MV-nya?
Mari kita simak~

Adegan pertama Yoo Jung turun dari mobil, sopirnya dan pelayan di rumah guru piano itu kan ada di depan gerbang. Kemudian Yoo Jung turun dan berjalan masuk ke halaman. Perhatikan tiang listrik yang ada di belakangnya.
*
*
Kemudia angle berganti, di tempat yang sama masih ada tiang listrik itu, tapi, kemana pelayan dan sopirnya? Secepat itukah menghilang sementara mereka tahu anak ini buta. Pastilah bakalan ditengokin sampai at least dia menuju tempat tujuannya. Mobil putih itu juga nggak keliatan (mobilnya Xiumin). Ketutupan tembok item di sebelah kiri? Bisa bisa.... Tapi sopirnya kemana?
*
*
Pas Xiumin ngeliatin Yoo Jung dari balik kaca, kesannya kayak sendirian..... syahdu.....
*
*
EH TIBA TIBA ANJRIT ITU MUNCUL DARI MANA AKI AKI?! Terus kesannya Xiumin udah tau dia disitu sejak awal dan sudah tahu kalo dia mau nanya sama si aki-aki soal si Yoo Jung.
*
*
Ada sekitar 9-10 permen di piring kecil di atas piano waktu Xiumin mulai duduk di samping Yoo Jung. Adegan piring ini ke syut setelah permen-permen jatuh. Artinya sebelum 3 permen jatuh, aslinya ada sekitar 13 permen di piring itu kan ya?
*
*
Tapi sebelum Xiumin nyuapin permen ke Yoo Jung, cuma sisa 6 termasuk yang diambil Xiumin. Nah kemana permen-permen sebelumnya? Masak serakus itu wanita ini sama permen padahal belom ada semenit.
*
*
Terus... Kenapa permen itu bisa jatuh? Oke ganti pertanyaannya. Seberharga apa permen itu sampai-sampai dia harus bela-belain mungutin permen yang sudah jatuh? Tekun sekali wanita ini :")
*
*
Kenapa lelaki ini harus sebegitu sembunyi-sembunyinya
*
*
Kalo akhirnya harus berduaan di tempat yang nggak sampe dua meter dari tempatnya ngintip tadi, masih di rumah yang berbahaya, masih di kandang singa. Ya kalo nggak mau ketauan ajak ke tempat yang jauh kek. Ke gurun Sahara kek. Kalo depan rumah gitu ya elah....
*
*
Toples permen di atas piano itu kosong dulu,
*
*
Baru berisi,
*
*
Lalu kosong lagi,
*
*
Gue suka banget sama visualisasi toples permen itu. Permen kan manis. Manis identik dengan kebahagiaan. Ketika kebahagiaan direnggut manisnya ilang. Manis ilang permennya abis. Tapi setelah itu shot-nya apa?
*
*
Permen yang manisnya abis, diganti shot obat. Obat biasanya rasanya pahit. Darisitulah pahitnya kisah cinta ini akhirnya dirasakan Yoo Jung. Xiumin mati (atau hampir mati). Dia gak boleh bareng sama Xiumin. Pahitnya kayak menelan obat. Hasek.
*
Udah dibahas kan tadi soal keliling-keliling di kamar seolah hapal mati sama kamar itu dan masih tetep gak dapet jawaban sebenarnya itu rumah dia atau bukan. Tapi ada masalah lain, lilin di belakang pintu.
*
*
Yoo Jung nggak mungkin naroh itu lilin disitu. Dia kan buta. Si bapak juga gak mungkin naruh lilin disitu. Ya iyalah kalo dia naruh disitu ketika sedang berada di dalam kamar, bagaimana dia bisa keluar kamar orang pas di belakang pintu gitu lilinnya? HAYOLOH.
*
Perhatikan jam ketika Xiumin dan Yoo Jung di adegan ini:
*
*
Kemudian perhatikan jam di adegan ini:
*
*
Jam-nya kok nggak berubah? Ya gapapa sih sebenarnya. Tapi kalo jam-nya nggak mati, kenapa Xiumin bisa masuk ke rumah itu jam 3 pagi. Rumah orang loh itu. Hehe. Hehe aja kok.
*
*
Senyuman ini banyak makna. Tapi kalo misalnya senyuman itu berarti bahwa Xiumin mencintai dia walaupun Xiumin sudah mati, gue nggak terima. Nggak realistis. Dia pasti senyum karena ngerasa Xiumin masih hidup dan baik-baik saja. Gitu.... heheh.... suka suka sih.... iya gue tahu ini agak gak jelas. Tapi masih yakin kalo endingnya nggak begitu. Masih ada lanjutannya.

***

Overall, gue suka MV-nya. Menarik untuk disimak dan cukup membuat kontoversi hati tralala trilili. Dibadingkan dengan MV K.Will yang ada Chanyeol-nya gue lebih suka yang ini sih. Eh, bahas yang Chanyeol juga apa ya? HAHAHAHAHAHA
*


Share:

35 komentar