Bikin Rusuh 'Phantasia in Serpong': Penyelundup!



Hal yang paling penting sebelum konser itu sebenarnya adalah makan dan tidur. Tidur sih, yang paling utama, karena proses antre dan nonton itu sangat melelahkan. Badan kalau udah nyentuh limit, nggak akan bisa dipaksa biar bagaimana juga. Gue jadi inget tahun lalu, gue sempat liputan di Batam, dateng ke Infinite Studios di sana buat ngeliat syuting 'Halfworlds' dan itu tengah malam. Karena pagi sampai sorenya tim jurnalis melakukan perjalanan dari Singapura ke Batam, malamnya gue tepar (padahal sepanjang perjalanan naik ferry dari Singapura ke Batam juga tidur!). Dan ketika yang lain nontonin syuting gue tidur di kursi di pinggiran lokasi syuting.

Sebelum lanjut membaca posting-an ini, baca dulu bagian pertamanya, klik di sini.

Nggak lucu dong kalau tidur di tengah-tengah konser SNSD (walaupun pada kenyataannya gue pernah tidur di tengah-tengah 'Super Show 4' dan nguap lebar diliatin Siwon--silakan ubek-ubek archive untuk baca posting-an tahun 2012 itu hahahaha). Makanya gue pun menyempatkan diri buat tidur di perjalanan ketika ke ICE (enak! Pake mobil kantor!) walaupun sebentar. Dan untuk urusan perut, sebelumnya juga sudah sempat makan bubur ganja (bukan beneran pake ganja tapi ini sebutan buat bubur ayam depan kantor gue yang enaknya luar biasa padahal sih sebenarnya mecin lagi mecin lagi) di kosan bareng Reysa. Tadinya mau makan siang pake ayam yang sudah diungkep sepagian itu. Tapi karena kenyang akhirnya nggak jadi.


Pas makan bubur itulah kita dengerin satu album 'Lion Heart'. Udah kebayang gimana ngeliat mereka ngangkang-ngangkang di panggung aja, padahal masih siang. Gue sebenarnya nggak terlalu dengerin album 'Lion Heart' ini. Walaupun ada beberapa lagu yang bagus dan gue suka. 'Lion Heart' pun sebenarnya gue sukanya belakangan. Karena lebih dulu ngefans 'You Think' ketimbang lagu dangdut yang satu itu. Tapi kemudian 'Lion Heart' masuk juga ke handphone gue. Nyerah karena ternyata candu.

Ada satu lagu yang judulnya 'Show Girls' dari album yang sama yang kedengerannya seru banget.

"Kayaknya ini bagus deh kalo live," kata gue ke Reysa pagi itu. 

Sambil membayangkan akan seperti apa penampilan live 'Show Girls' mengingat kan di 'Phantasia' ini memang lagu-lagunya kebanyakan dari album baru. Padahal banyak juga lagu-lagu lama yang diaransemen ulang dan pasti jadinya akan bagus.

Sesampainya kita di ICE, suasananya beda banget sama konser EXO waktu itu. Seinget gue, jam 2 sampai jam 3an pas konser EXO orang-orang masih antre buat nomor antrean. Tapi pas kita sampe di ICE, boro-boro keliatan orang antre.

"Ini sebenarnya ada konser atau nggak sih?"

Serius itu konser SNSD dan DEMI APA SESEPI ITU?!??!

"Ini kalau beneran sesepi ini sih, kita di BLUE kayaknya bisa mayan dapet tempat depan ya," kata gue ke Reysa dan Ambar. 

Berharap-harap doang dulu nggak apa-apa sih. Karena emang keliatan banget nggak serame konser EXO. Well, konser EXO itu yang dipake 2 Hall dengan target penonton 7000 orang. Sementara SNSD cuma pake 1 Hall dan target penontonnya pun cuma 4000 orang. Ya berasa sih sepinya. 4000 itupun nggak semua juga kejual.

Aneh aja ngeliat konser grup terkenal se-Korea Selatan ini adem ayem tanpa heboh-heboh berlebihan. Sementara pas EXO kemaren kayaknya bentar-bentar antrean heboh. Liat foto ChanBaek ciuman heboh.

ASTAGFIRULLAAAH!

Baca juga pengalaman nonton 'The EXO'luXion Serpong' Februari kemaren. Klik di sini untuk part 1 dan klik di sini untuk part 2.


Selesai sholat Ashar di mushola basement ICE (yang beneran demi apapun sepi banget! Padahal pas EXO itu wudhu aja antre!), gue ketemu sama Bernika, sang perantara malaikat pemberi tiket dengan para rakyat jelata haus akan gratisan. Setelah tiket di tangan, gue kasih ke Raga satu dan dia buru-buru masuk karena sudah beli fast track, yang beruntungnya pas itu juga fast track baru mulai masuk ke venue. Pas banget! Walaupun itu pasti dia juga udah bosen nunggu pasti, orang udah ada di sana dari jam 11 siang. Ya lelah lah pasti! Gue ketawain aja. Bawel sih, dibilangin!

Ambar juga sudah beli tiket BLUE dengan menggesek ATM-nya dengan berat hati. Gila sih. Uang dua juta melayang begitu saja. HAHAHAHAHAHAHA SETENGAH GAJI SEBULAN BYE BYEEEEE.

"Ini kalo bukan demi Tiffany alay ni nggak bakalan deh aku beli kak," kata dia. 

Mau ketawa tapi nggak enak. Mau nyuruh ngebatalin juga udah nanggung, udah jauh-jauh ke sini. Yaudah mending sekarang kita masuk aja ke venue karena di luar panas banget.

Gue melihat promotor sepertinya banyak belajar dari konser-konser sebelumnya ya? Karena pas EXO inget dong pasti pada heboh soal pelecehan-pelecehan seksual apalah itu, di grepe sana grepe sini yang sampe payudara dibejek-bejek dan pantat dipegang-pegang juga. Pemeriksaan SNSD ini nggak terlalu. Setidaknya itu yang gue alami sih.

Well, I mean... nggak ada adegan digrepe-grepe berlebihan.

Konser SNSD ini juga nampaknya berjalan di jalur syariah. Soalnya jalur antrean cowok sama ceweknya dibedain. WAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK Udah berasa mau masuk masjid, gilak! Ya tapi udah nggak ada lagi sih ceritanya penonton cowok dipegang security cewek kayak pas EXO.

HUH! SETELAH HARGA DIRI HAMBA DIPEGANG-PEGANG MBAK-MBAK BERJILBAB ITU YA, BARU SEKARANG TERJADI REVOLUSI SEPERTI INI! Nggak deng bercanda. Pas EXO nggak sampe digrepe-grepe sih. Cuma ditusuk-tusuk dikit.

Awh.

Yang paling mendebarkan sebenarnya pas lagi pemeriksaan tas. Karena yang gue khawatirkan bukan kamera digital yang gue bawa, tapi botol air minum. Sekali lagi, tolonglah, mau sampai kapan sih konser dilarang bawa air minum sendiri? Ngerti sih, di dalem tuh dibagiin. Tapi berebutan. Ya kan sama-sama air minum gitu. Ngapain deh pake dilarang-larang segala. Masih heran. Apa mungkin mereka khawatir kita akan memasukkan soju ke dalam botol akua apa gimana.

"Lemon soju~ tequila~ mojito~"

Tapi gue berhasil menyelundupkan botol minum "SHAWTY IMMA PARTY TILL THE SUNDOWN" itu dengan cara yang sangat sederhana, tapi luar biasa berguna.


Gue selalu pake jaket hitam 'Halfworlds' pemberian HBO kemana-mana beberapa bulan terakhir karena gue suka banget sama jaket ini. Waktu pemeriksaan dan siap-siap melewati metal detector, tas udah dilepas dan dikasih ke security yang meriksa. Nah, jaketnya itu gue gelantungin di lengan kiri dengan hoodie menghadap ke bawah. Hoodie itu berguna banget sebagai kantong dan disanalah gue menyembunyikan air minum gue. YEHET!

Biasanya sih memang security nggak akan terlalu ribet sama benda yang lo pegang. Mengutip dialog dari salah satu serial TV Amerika, "Orang-orang kadang tidak memperhatikan apa yang ada di hadapan mereka dan terlalu fokus pada hal lain yang mereka kejar," gitu. Jadi, air minum gue masukin ke hoodie dan menggelantung terus aja di tangan kiri. Nggak terdeteksi. Alhamdulillah.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk menyembunyikan benda lain seperti kamera misalnya. Silakan dicoba siapa tahu beruntung, kalau tidak beruntung berarti emang lagi sial aja?

Tapi gue kecewa sih, KECEWA SIH, KARENA PADA AKHIRNYA TRIK GUE KAYAK NGGAK GUNA GITU. Soalnya Reysa bawa botol minum gede banget hampir segede jerigen minyak tanah yang dia khawatir bakalan nggak boleh masuk. Tapi eh ternyata lolos juga. Setelah mengingat-ingat lagi kejadiannya, ternyata Reysa terbilang beruntung banget pas pemeriksaan tas.

Jadi ketika tas Rey baru mau dibuka sama security-nya, ada satu penonton yang mendadak ngajakin security itu ngomong. Entah nanya soal apaaa gitu sama security-nya. Fokus mas-masnya jadi hilang dan akhirnya tas Rey malah nggak diperiksa sama sekali, cuma disentuh doang. Trus udah.

Berkah sembahyang Ashar ya Rey! HAHAHAHAHHAHHA

Cuma kayaknya sih emang pengamanan di konser ini nggak seketat pas EXO kemaren.

Gue aman, Reysa aman, Ambar juga aman. Setelah pemeriksaan tas dan melewati metal detector di lobby, kita harus masuk lagi ke dalam hall 7 (kalau nggak salah) tempat menunggu antrean masuk ke hall 5 (lokasi konsernya). Sebelum masuk ke sana, tiket kita di-scan dulu dan abis itu ada bagian yang disobek, seperti biasa. Nggak kayak pas EXO yang dibagiin pin sesuai warna kelas, SNSD ini nggak dikasih apa-apa. Bahkan gelangpun nggak dikasih.

Ya, berarti ini mah gampang banget kalo mau pindah-pindah kelas juga kalo udah di dalem. Positiflah ini gue bisa punya kesempatan untuk melipir ke PINK. Pikir gue. Tapi nggak mau terlalu mikirin itu dulu karena biasanya praktik sama rencana itu suka nggak beres kejadiannya. Mending langsung foto-foto di wall of fame dulu. HAHAHAHAHA Ini adalah lokasi foto wajib di setiap konser. Soalnya paling ikonik. Selain, tentu saja, dengan layar gede nanti di dalam setelah konser.

Waktu 'The Lost Planet' 2014 kemaren sama sekali nggak sempat foto di wall of fame karena riweuh mikirin antrean. Badan juga udah nggak kuat buat mengalay-alay mengingat harus jaga kondisi. Men... udah semaleman tidur di trotoar udah nggak sanggup lagi buat alay-alay di wall of fame. Walaupun sebenarnya sayang banget. Soalnya kan poster-nya EXO masih ber-11 WAKAKAKAKAKAKAKKAKA

Baca juga pengalaman nonton 'The Lost Planet' di Jakarta tahun 2014 kemaren:

| Part 1 | Part 2 | Part 3 |

Kebiasaan sih kalau mau foto di wall of fame itu pasti antreannya nggak pernah beres. Ujung-ujungnya pasti rebutan. Gue paling males berebut. Jadi, mending biarin aja orang lain yang rebutan, gue yang jadi tukang fotonya. WK. Sebenarnya ini trik aja sih supaya pas giliran gue (dan temen-temen gue) yang mau foto, jadi orang-orang bisa memberikan keikhlasan waktu karena tadi kan udah difotoin. Jadilah hari itu gue menjabat fotografer sukarela lagi. Duh, jadi inget pas di Nami (baca di sini). Setelah serangkaian aral melintang dan kerja keras serta doa RA Kartini, kitapun berhasil foto di sana.


Masih ada sekitar dua jam lagi menjelang konser. Waktu yang cukup buat makan dan yah sekedar leha-leha sejenaklah di ruangan yang sudah hampir sepi itu. Nggak ada antrean lagi yang mengular. Setelah beli makan yang harganya mahal banget dan rasanya kayak makanan penjara itu, kita ketemu sama dua orang temen yang lain yang kebetulan juga nonton di PINK.

Mendadak punya perasaan yang menyenangkan soal PINK-PINK ini.

Perasaan deg-degannya makin berasa. Walaupun sebenarnya deg-degan gue sama deg-degan Reysa mungkin beda. Deg-degan gue lebih karena gue takut buat nyari masalah tapi pengen banget bisa nyelundup ke PINK dan bagaimanapun caranya gue harus bisa nyelundup ke PINK. Sementara Reysa (mungkin) deg-degannya karena emang udah nggak sabar pengen liat Taeyeon. Dia sempat cerita ke gue, terakhir nonton konser itu 2012 pas SMTOWN. Jadi tentu saja deg-degannya berasa banget. Sementara gue sendiri nggak terlalu yang gimana-gimana banget soal konsernya karena emang udah sesantai itu. Bahkan kita masih ada di luar venue aja membuktikan bahwa gue gak ada keinginan untuk bertarung dengan SONE sejati lainnya untuk tempat terdepan. Sesantai itu kok. Tapi yang bikin nervous emang ini nih, masalah nyelundup-nyelundup ini.

Mungkin begini juga kali ya perasaan orang jahat sebelum melakukan aksi kejahatan mereka. Separo hatinya bilang jangan, separo yang lain bilang lakuin aja.

Sotil.

Kita literally gabut sih setelah itu, setelah makan nasi rames Rp 30 ribu per porsi (GILAK SIH INI YANG JUALAN SEMOGA CEPET NAIK HAJI DEH), cuma leyeh-leyeh aja di hall kosong yang luasnya bisa dipake buat main badminton sekampung itu. Akhirnya malah balik lagi ke wall of fame dan foto-foto dengan gaya yang lebih alay lagi. Setelah bosan, dan sudah hampir satu jam sebelum konser, kita pun lelah.

Sampai jam lima lebih, masih ada penonton yang baru dateng. Tapi antrean sama sekali sudah nggak ada. Bener-bener lowong. Bahkan barikade yang tadi memisahkan antrean masuk ke lokasi konser per section udah nggak ada. Pemisahan per section-nya udah dipindah ke pintu yang langsung menuju depan panggung. Waktu berjalan lambat sekali.....

Baru sekitar dua puluh menit sebelum Maghrib, nasi rames yang tadi gue makan mulai bereaksi di perut. Mulesnya baru terasa. Ya, mari kita selesaikan urusan duniawi ini sebelum solat Maghrib. Enaknya di ICE ini sih sebenarnya karena toiletnya banyak dan cukup bersih. Walaupun pas Bigbang sempat nggak ada air dan toilet cowok pada akhirnya dipake juga oleh cewek. Dan sebelum beranjak ke mushola bareng Rey, gue menyempatkan diri untuk buang air besar dulu.

Plung.

Sekitar jam enam kurang lima belas kita sudah sampai di mushola satu lantai di atas hall tempat kita nongkrong gabut itu. Ambar sudah masuk duluan dan melihat-lihat kondisi. Walaupun sebenarnya dia agak takut juga masuk sendiri karena katanya dia takut hilang. Tapi toh ujung-ujungnya dia masuk duluan juga.

Hari ini semua dilancarkan banget sih, sampai sejauh ini, sampai jelang adzan Maghrib berkumandang. Ternyata mushola-nya juga udah cukup rame. Udah ada sekitar sepuluh atau dua belas (ehem kayak familiar sama angka ini) fanboy yang siap menghadap Allah SWT dan ada beberapa fangirl juga yang siap diimami (HAHAAH). Sebelum melihat paha-paha bertebaran di panggung, sebaiknya memang bertaubat dulu kepada Allah. Mohon ampun yang sedalam-dalamnya. Mohon doa restu juga supaya abis ini bisa nyelinep ke Pink.

AMIN YA ALLAH.

Yang jadi imam sore itu suaranya bagus banget! Tadinya gue khawatir, kalau nanti bacaannya jadi kecampur-campur sama lemon soju, tequila dan mojito. Tapi Alhamdulillah... merinding euy denger suara imamnya. Alhamdulillah dilancarkan sampai rakaat ketiga. Alhamdulillah nggak salah baca ayat dan nyambung ke "tell me why nae mami mami jakku heundeulini". Alhamdulillah maghrib sudah ditunaikan.

Ini nih, saat-saat paling mendebarkan...

Gue berusaha kalem. Karena kalau gue panik maka semuanya nggak akan berakhir dengan baik. Panik itu tidak akan menyelesaikan masalah. Pengalaman gue di konser-konser sebelumnya membuktikan itu. Gue berusaha buat santai dan nggak terlalu mikirin proses penyelundupan ini. Walaupun sebenarnya dada udah berdebar-debar. Gue nggak biasa bohong. Sama sekali nggak bisa bohong.

"Gue deg-degan nih Rey..." kata gue pas kita sedang jalan turun dari mushola lewat tangga darurat ke ruang konser.

BLUE sendiri bukan section yang jelek sih sebenarnya. Dibandingkan dengan yang di belakangnya lagi, BLUE itu udah yang paling ideal kalau buat yang mau nonton dan bener-bener menikmati konsernya. Tapi PINK itu menggiurkan. Terlebih karena sepengalaman gue nonton konser, gue nggak pernah sama sekali berdiri di area PINK. Makanya gue penasaran. Dan karena PINK juga lebih dekat dengan panggung utama jadi gue juga merasa makin harus nyelundup ke PINK. Meskipun itu salah.

"Aku udah di dalem." Ambar kirim LINE. "Udah di depan PINK A. Masuk lewat PINK A aja. Nggak dicek," lanjut dia di LINE. 

Tapi kalimat terakhirnya nggak gue cerna dengan baik. ANJIR GUE DEG-DEGAN BANGET. BENERAN NGGAK BERANI BOHON DAN NGGAK BISA BOHONG. Ngumpetin air minum aja deg-degan, apalagi ini mau ngebohong soal section. Gimana kalau misalnya dicek tiketnya? Gimana kalau misalnya ketahuan? Gimana kalau misalnya....

AARRRGGGGHHHHHHHH.

Rey ngekor di belakang gue dan akhirnya gue nggak ngikutin saran Ambar. Gue nggak masuk lewat jalur PINK A tapi masuk lewat jalur BLUE, sebagaimana seharusnya. Dan ternyata emang beneran nggak dicek dong.

NGGAK DICEK DONG?!?!?!?!?!?

Pas gue udah sampe di depan security, dia nggak nanya tiket gue mana, atau ngecek tiket atau apapun. Dia cuma tanya, "Kelasnya apa?" gitu. Sebenarnya bisa aja gue jawab PINK karena kan tiketnya nggak dicek. Tapi dengan bodohnya gue jawab "Blue." YA GIMANA SIH KATANYA MAU NYELUNDUP?!?!?!??!

Tetep aja anaknya nggak bisa bohong.

Gue masih deg-degan. Geblek. Terus abis itu yaudah dia bolehin kita masuk. Tas sama sekali nggak dicek sampai di situ. Rey masih di belakang gue dan pas kita udah ada di dalam ruangan konser, makin deg-degan. Tapi kali ini karena ngeliat panggungnya yang udah depan mata banget.

Kita berdiri persis di depan sekat masuk ke section BLUE. Sementara Ambar sudah berdiri di depan section PINK.

Gue merasa masih nggak aman untuk belok ke kanan, ke PINK, karena kayaknya security itu masih ngeliatin kita. Tapi Ambar manggil-manggil terus sambil lambai-lambai-in tiket. Gue mematung sebentar. Tapi rasanya kayak lama. Reysa juga mematung dan nggak ada dari kita yang ngeluarin suara. Perasaan gue masih nggak enak karena masih takut pandangan security yang tadi masih ke gue. Karena sempat gue noleh sejenak dan dia emang masih ngeliatin. Gue ngelirik ke section PINK dan di sana udah ada temen-temen yang gue kenal juga. Banyak.

GUE MAKIN DEG-DEGAN. ANJIR. SECURITY-NYA MASIH NGELIATIN NGGAK YA?!?!?!?!? Reysa juga kayaknya kebingungan. Ambar manggil lagi dan nyuruh gue mendekat. Ya dan akhirnya gue mendekat walaupun masih diselimuti rasa takut. Di kepala gue, security itu masih mengintai. Tapi gue nggak berani menoleh untuk memastikan. Di saat seperti ini bener-bener parno. Takut kalau tiba-tiba bakalan disamper atau apa. Terus dicek dan dipaksa masuk ke BLUE. Terus pas mau coba nyelinap lagi nggak bisa karena mukanya udah dikenali.

GILA SIH IMAJINASI GUE KALO UDAH PARNO TUH BIKIN NGGAK BERANI BERBUAT APA-APA SELAIN PATUH.

Tapi gue pun nyamperin Ambar.

Dan sejauh itu nggak ada tanda-tanda kita disetop atau gimana.

Gue ngelirik ke belakang, security yang tadi udah teralih perhatiannya. Di depan gue ada security lain yang emang ngejagain di pager PINK A. Tapi mereka sama sekali nggak ngecek tiket. Akhirnya entah gimana, gue yang dari tadi nunduk aja karena takut, mendadak punya kepercayaan diri. WAKAKAKKAKAKA SOALNYA UDAH SELANGKAH LAGI INI MASUK PINK A. Dengan langkah pasti dan tegas, cuek aja sama kondisi sekitar, gue melangkah masuk ke PINK. Reysa ngikutin di belakang sementara Ambar sudah duluan selangkah di depan gue.

Satu detik.

Dua detik.

Tiga detik.

Nggak terjadi apa-apa. Nggak ada sirine tanda bahaya berbunyi. Nggak ada peluit yang mendadak ditiup karena ada tiga orang penyelundup yang harusnya di BLUE tapi malah masuk PINK. Nggak ada security yang heboh neriakin "WOOYYY ITU YANG PAKE BAJU MERAH YANG GAMBAR OBAT NYAMUK DITANGKEP AJA ITU DIA NYELUNDUP!"

Nggak ada.

Tujuh detik.

Delapan detik.

Sembilan detik.

"NJIR NGGAK DITANGKEP KAN KITA NIH!?" kata gue agak kenceng sambil gemeteran. Gue ngelirikke Reysa yang mukanya antara tegang campur excited.

"Nggak kak."

"SERIUS NIH NGGAK!?!"

"Nggak kak!"

LA HAULA WALA QUWATA ILA BILLAH. BERKAH SEMBAHYANG MAGHRIB. MAKASIH YA ALLAH. YA ALLAH MAKASIH.

"ASTAGA ASTAGA ASTAGA ASTAGA KIM TAEYEON!!!!!!!!!"

Padahal belum juga konsernya mulai.

Dan di situlah, dengan tidak tahu malu karena sudah melakukan kecurangan, gue baru sadar kalau di PINK A itu sepi banget.

[jangan lupa juga nih add LINE@ KaosKakiBau buat rame-ramein aja hihihi @ecd6150l (di search pake @ jangan lupa)]

Share:

0 komentar