Yay! Its f(x)'s 'Pink Tape' Comeback! [PART 1]

Seneng banget rasanya ngeliat f(x) kembali menggeliat-geliat di atas panggung setelah sekian lama sejak 'Electric Shock' mereka sibuk dengan kegiatan off-air. Musim panas (di belahan dunia lain) tahun 2013 ini memang bisa dibilang jadi musim panas paling heboh buat industri musik K-Pop. Ya nggak sih? Semua berkumpul di satu panggung. Mulai dari yang sebelumnya nggak pernah di kenal sampai yang memang sudah ditunggu-tunggu banget.

Sejak awal Juni gue memang cukup intens bongkar-bongkar berbagai macam situs K-Pop dan mengikuti banyak berita dari mereka. Karena itu gue juga jadi update soal lagu-lagu K-Pop yang sebelumnya padahal boro-boro didengerin, ngelirik aja udah kayak males banget gitu. Tapi.... Apalah daya, persaingan yang semakin ketat di industri musik Korea Selatan ini membuat grup-grup semakin kreatif dalam mencipta lagu, dance dan mengonsep video musik mereka.

Belakangan gue bahkan agak heran kenapa gue jadi suka banget sama dua lagu terakhir yang dirilis B.A.P. Bahkan gue jadi seneng dengerin Infinite. Ya sebenarnya sih gue nggak bermasalah karena sejauh ini gue masih tahu batas-batas kehidupan indah ini (maksudnya masih bisa membatasi diri buat nggak terlalu ngefans-ngefans banget karena gue tahu itu membawa mudarat buat gue haha). Baguslah akhirnya gue bisa kenal grup di luar SM yang selama ini menyelimuti bagaikan pelukan Lucifer.

Seperti halnya tahun lalu, setelah EXO debut (tahun ini comeback), yang paling dinanti-nantikan adalah f(x). Tentu saja. Jadwalnya sudah berurutan dan akan selalu seperti itu. Ketika f(x) mengumumkan diri mereka akan kembali ke panggung musik, gue jadi mikir aja. Kayaknya, f(x) sama lamanya dengan EXO nggak comeback, tapi kenapa pas EXO orang-orang pada meraung-raung sih.

Kemudian mikir.

Oh ini semua salah agensi sebelah yang tiap bulan rilis lagu sementara EXO nggak. Peternakan kelinci tetangga sebelah ladangnya subur banget sementara EXO harus nunggu waktu dulu berubah dari alien jadi serigala. Transformasinya cukup memakan waktu. Menyesuaikan emosi selama pancaroba.

But anyway, its time for f(x) (ノ´ヮ´)ノ*:・゚✧*・゜゚・*☆♫ !!!!
*
*
Kembalinya grup-versi-cewek-dari-SHINee ini sebenarnya gue harapkan seheboh SHINee dengan 'Misconceptions'-nya awal tahun ini. Soalnya, dibandingkan dengan semua grup yang ada di SM yang selama ini gue ikutin, f(x) adalah satu-satunya grup cewek yang bisa memberikan harapan sebuah konsep out of the box. Walaupun pada akhirnya tetep inside the box. MV-nya maksud gue. Tapi kita bahas itu nanti.

Yang menarik dari comeback kali ini, tentu saja teaser fotonya. Gimana nggak? SM berhasil mengumpulkan dua fandom jadi satu dan mengadu domba keduanya dengan sebuah foto manis bagaikan gula merah ini.
*

Comeback f(x) jujur sih sebenarnya gue sendiri merasa ini terlalu cepat. Tapi... Yah bagaimanapun memang mereka sudah nggak bisa ditahan-tahan lagi. Bahkan gosip comeback mereka aja udah berhembus jauh sebelum EXO resmi merilis teaser comeback untuk XOXO.

Gue sedang berada di tengah-tengah kebahagiaan menonton siaran radio Chanyeol-Xiumin waktu seseorang di Twitter mention gue dan f(x) udah rilis teaser. Buru-buru ke fx.smtown.com dan yang gue temukan adalah gadis yang rambutnya kebakaran (orang mah dimana-mana jenggot yang kebakaran ini rambut merah banget) sedang memeluk seorang pria berbaju kotak-kotak khas bapak Gubernur.

Entah kenapa gue merasa hidup gue sangat terberkati saat itu. Gue merasa sangat disayang Tuhan. Nggak cuma Baim aja yang di sayang Tuhan tapi gue juga. Foto di atas jelas-jelas membuat menggelinjang vertikal sentosa sekali.


Gue tahu cewek itu Krystal karena gue sebelum lihat foto itu gue liat duluan yang foto Krystal madep samping. Tapi identitas laki-laki itu?

Namanya perasaan orang tua yah, kalau ngeliat gejolak cinta anak muda kayak gini, pasti heboh langsung berspekulasi siapa pria yang sepertinya cocok dengan Krystal. Dan satu-satunya pria yang bisa menangani kepribadian Krystal ya cuma Mr. Jongin Kim aka Kai. Oke ini lebay. Tapi waktu pertama kali gue ngeliat foto itu, gue langsung yakin itu Kai. Nggak ada keraguan sedikitpun. Kecuali.... ketika orang-orang heboh kalo itu adalah orang lain.

Bentuk sebelah muka Kai itu khas banget, tulang pipi dan bentuk rahangnya juga sangat Kai sekali. Dan entahlah ini mungkin nggak masuk akal, tapi saat gue lihat foto itu, gue bisa nyium bau badan Kai walaupun gue nggak pernah sekalipun ketemu langsung sama dia. Hebat ya? Iyain aja.

Beberapa orang termasuk gue dan para KaiStal shipper tentu saja menggelinjang bijaksana dan heboh mempesona. Sementara para anti-straight-couple (can I just say it like that?) banyak yang ngamuk-ngamuk. Well, sudah biasa. Hal ini sangat wajar sekali karena ketika jaman-jaman SNSD-SJ ini sudah terjadi. Nggak heran. Wajar kok. Siapa sih yang nggak cemburu melihat cewek bermuka antagonis memeluk cowok berwajah cukup bernafsu.

Disaat banyak orang menentang, memaki, mencaci teaser foto ini, seperti biasanya, tugas gue adalah sebagai kompor. Gue pernah ngomporin Siwon kenapa nggak sekalian ngomporin yang lain. Loh hahahaha. Sebenarnya gue termasuk tipe yang suka manas-manasin orang lain yang udah panas. Seru aja. Berasa goreng tempe di tengah gurun Sahara. Baru di iris di talenan langsung mateng. Padahal belom nyemplung ke minyak.

Awalnya pertanyaan semua orang belum terjawab. Masih simpang siur. Itu Kai? Atau Zayn Malik? Kenapa tiba-tiba gue tulis Zayn Malik? Gue juga nggak tahu. Tapi seperti biasa, beberapa fans mulai kepo. Mencari jawaban sampai tersebutlah nama KIM HYOBIN, member grup 200WON, jebolan K-Pop Star Season 2, dan orang yang wajahnya mirip Kai ini spontan saat itu jadi terkenal korban fitnah. Orang nggak ngapa-ngapain disangka berbuat mesum dengan anak gadis orang kan fitnah namanya.
*
*
Tapi hebat memang para fans pengalih isu ini. Awalnya gue mulai yakin kalau itu memang Hyobin bukan Kai. Gue sampe yang banding-bandingin muka Kai sama Hyobin dan memang mirip. Tapi dari 100% keyakinan yang ada di dunia ini, 75%-nya masih Kai. Terus gue mikir lagi. Kalau memang ini Hyobin, kenapa? Kenapa?

Alasan pertama yang muncul di kepala sih karena Kai terlalu kontroversial mengingat jumlah fans laki-laki itu banyak banget. Terlebih lagi jika di pasang-pasangkan dengan seorang cewek. Dari manajemen yang sama. Berwajah antagonis pula.

Alasan kedua dan ini agak jahat sih sebenarnya, Hyobin butuh popularitas. Ah masa sih. Gue rasa justru Hyobin lebih terkenal dari EXO di Korea. Ini ceritanya gue lagi berantem sama diri sendiri.

Hanya saja saat itu semakin sore gue semakin ragu. 75% kepercayaan gue tadi berkurang jadi 50%. Tapi, gue kembali mikir dan pikiran ini menaikkan kadar kepercayaan gue jadi 90%. Alasannya, kenapa semakin berasa kalau orang-orang mengeluarkan statement bahwa itu Kim Hyobin terdengar/terbaca seperti hanya untuk menenangkan diri mereka doang. Semacem meyakinkan diri sendiri kalau itu bukan Kai. Entah kenapa gue kayak mikir itu semacem denial gitu (HAHAHAHAHA). Semacem, kalo lo berbuat salah lo nggak pengen disalahin akhirnya lo nyari-nyari kesalahan orang lain buat nutupin kesalahan lo. Kayak lo kentut trus lo nggak mau ketauan lo nuduh orang di sebelah lo dengan memberi mereka tatapan mencela.

Ya gitu sih gue mikirnya. Hahahaha

Kim Hyobin terpaksa jadi korban fitnah hanya untuk menenangkan hati para fangirls yang anti idolanya dipasangkan dengan wanita manapun (mungkin karena ini Krystal sih yah hahaha). Padahal disaat yang sama bukan cuma lo doang yang ngerasa kayak gitu. Jangan one-sided gitu dong. Pikirin juga perasaan fanboys Krystal (bukan gue, gue sih bahagia aja) dan pikirin juga fangirls Hyobin dong.

Kalau misalnya fangirls Hyobin juga kondisinya juga nggak suka kalo Hyobin dipasang-pasangin sama Krystal, kan yang jadi penyebabnya fans EXO. Jeleklah nama fans EXO. Nyebar fitnah sih. Atau mungkin karena memang fans Hyobin adalah tipe yang tidak peduli dan tidak menye-menye kali ya kayak fans EXO. Hahahahaha Kita harusnya dewasa saja menanggapi segala hal ini xxingoo. Padahal suka suka sih kenapa gue yang harus gatel. Demokrasi.

Cuma, ya, harus berapa contoh lagi sih supaya terbiasa? Taemin-Naeun, Teuk-Sora, Kai-Sohee, masa iya masih dibahas dan belum terbiasa juga.

#menggelinjangSarkas

(ya walaupun sebenarnya mereka punya hak melakukan itu sih Ron, ngurusin aja urusan orang | biarin | yaudah bye)

Yang jelas nggak tahu kenapa hari itu gue berasa kasian banget sama Hyobin. Dia nggak ngapa-ngapain, cuma sedikit mirip Kai di sebuah foto dan hanya dari beberapa angle doang, langsung dituduh yang bukan-bukan. Haha! Kalo gue sih karena nggak pernah kenal Hyobin jadi gue semacem yang, oh, Hyobin, yah kok bukan Kai. Walaupun sih awalnya gue juga kemakan sama gosip yang beredar ini. Kkkk~

Setelah kurang lebih beberapa belas jam kemudian, sebuah angin segar, sebuah cahaya terang di ujung gang sempit yang gelap muncul dan EUREKA~! (ノ´ヮ´)ノ*:・゚✧*・゜゚・*☆♫ Ternyata memang Kai. Ahahahaha

SM bener-bener sangat mencintai para shipper (dan haters). HunHan, KaiSoo, TaoRis, BaekYeol, dan sekarang SM ngasi KaiStal~! Gue rasa (dengan sangat ngakak) bisa dipastikan ada divisi khusus di SM yang kerjaannya baca fanfiction, kepoin fans, kepo soal ship-shipan mereka, dan hasilnya adalah... Gelora Cinta Anak Muda ah ah ah~ (ノ´ヮ´)ノ*:・゚✧*・゜゚・*☆♫
*
*
Dulu gue selalu mikir kalau misalnya suatu saat nanti ada member EXO yang akan terjun ke dunia drama gitu, salah satunya pasti Suho atau Baekhyun yang pertama memulai. Tapi... Setelah dipikir-pikir... Dua orang itu ternyata.... Nggak cocok.... Bias sih jatohnya. Karena gue melihat mereka tuh kayak Siwon-Donghae gitu loh. Tetep bias. Ahahahaha.

Tapi setelah Luhan-Kai-Kris muncul sebagai peran utama di drama version, gue jadi kayak, wah ini orang pasti bisa banget nih berkarier sebagai aktor. Luhan sama Kris itu kesempatannya bisa besar banget main di film China kayak Siwon-Hangeng-Donghae. Kris mungkin suatu saat bakalan main film Hollywood. Kai bisa jadi apa aja gue rasa. Bisa jadi peran antagonis, bisa juga jadi protagonis. Tapi tolong, kalau misalnya Kai main drama jadiin dia anak sekolah ala ala Lee Jong Suk di School 2013 aja. Soalnya kalo main yang berat-berat agak nggak tega. Masih kecil.

(baru sadar ini postingan f(x) tapi yang dibahas dari tadi banyakan EXO)

Bersamaan dengan perilisan beberapa teaser foto, SM ternyata juga merilis sebuah video yang diberi nama 'Art Film'. Oke sebenarnya ini namanya doang diganti biar keren, tapi sebenarnya ini juga bisa disebut teaser video juga. Biasanya kan SM merilis behind-the-scene photoshoot album jacket setelah MV dirilis, nah kali ini prosesnya aja terbalik. Sebelum MV dirilis, dikasi dulu semacem potongan gambar supaya makin penasaran lah gitu ceritanya.

Tapi emang bikin penasaran sih...... soalnya videonya bagus.
*


Ketika SM menyebutnya sebagai 'Art Film', rasanya tuh videonya bener-bener artistik gitu. Gue suka sama cara pengambilan gambarnya. Editingnya juga bikin jatuh cinta. Ada beberapa shot yang menurut gue bagus banget dan bener-bener seni gitu loh. KYAAAAA hahahahaha pokoknya pas liat ini langsung spazzing abis-abisan. Langsung heboh nggak ketulungan. Sejauh ini, apresiasi terbesar SM buat f(x) di YouTube kayaknya emang video ini.

Krystal memulai videonya dengan narasi berbahasa Inggris. Bicara tentang cinta. Bicara tentang--bisa jadi--konsep album 'Pink Tape' itu sendiri. Kalau melihat dari teaser foto yang dirilis sebelum video ini, yaitu foto dimana Krystal menghadap ke samping dan memeluk Kai dan beberapa foto lainnya juga ada kalimat yang berbeda di masing-masing teaser. Kalau disambungin mungkin jadi satu paragraf tuh yang jelas sih masih ngomongin soal cinta.

"Love is exist but with an absence of eternity. After first moment of the lovers encounter, there is an affirmation of love. Psychologically lunacy, emptiness, panic, delusion that the moment would lasts forever. I'm seized by the desire. I hide behind my back and postpone all my answers."
Harus bilang apa lagi ahahaha itu kalimatnya jujur banget sih soalnya (dan sialnya). Gue paling suka bagian kalimat ketiga, "Psychologically lunacy, emptiness, panic, delusion that the moment would lasts forever." Itu jujur banget :")

'Pink Tape' mungkin nanti isinya banyak lagu-lagu tentang cinta, pengalaman cinta, sakit karena cinta, gila karena cinta, cinta pertama, cinta terakhir, dan semua hal yang bisa dijadikan lagu soal cinta. Tapi Cinta Fitri kayaknya sih nggak ada. Iyalah gila aja.

Pemilihan judulnya juga unik, 'Pink Tape' yang kalau di bahasa Indonesiakan pilihannya bisa banyak 'Selotip Pink' yang bisa diartikan sebagai perekat antara dua sejoli dalam hubungan cinta (biasanya pink itu kan warna unyu munyu buat orang jatuh cinta gitu). Bisa berarti 'Pita Pink' yang berarti pita (dalam hal ini kaset kayak VHS gitu) yang merekam kisah-kisah cinta. Yah semacem itu. Jadi konsep keseluruhannya adalah cinta cinta dan cinta. Konsep VHS ini ternyata dijadikan packaging albumnya dan wah! Keren banget >__< Positif ini harus punya.
*
*
Mungkin karena ini full album kali ya, jadi packaging-nya jadi lebih menarik dari mini album 'Electric Shock'. Gue gak pernah liat sih IGAB kemaren bentuk albumnya kayak gimana, tapi menurut gue kali ini SM semacem bener-bener niat banget. Dari judul ke packaging CD-nya dapet banget.

Tapi... kalo gue boleh tanya.... kenapa di tulisan depannya yang di centang ROMANCE sama CULT sih? WAKAKAKAKAKA.... ROMANCE sih nggak apa-apa ya. Tapi CULT? Kenapa harus CULT? Oke sih artinya emang sama dengan 'fans' dan 'penggemar'. Tapi arti lainnya.... 'Pemujaan'. #ups

Teaser foto yang lainnya menarik. Konsep vintage-nya dapet. Gue suka warna sama editing-nya yang bikin foto itu keliatannya antik banget. Gue suka sama kostum yang mereka pake di teaser foto ini. Dan gue suka bagaimana ekspresi cara Krystal memeluk Kai di foto yang ada di samping tulisan ini. Semacem 'I will never let him go whatever happen.' AH.... semacem poster film yang kisahnya tentang dua orang wisatawan Korea kesasar di Perancis dan keduanya jatuh cinta ketika sama-sama sedang mencari jalan pulang. Judulnya? BUTIRAN DEBU PART 2. Ahahahaha.... Ah gimana sih gue harus menjabarkan Kai dan Krystal. Itu tuh mereka kayak Chris Brown sama Rihanna gitu. Kalo dibikin dialog, "Kai, kumohon, jangan pernah pergi. Sakiti aku, buat aku berdarah-darah, tapi aku tetap mencintaimu." #pulangkeLombokSeketika
*
Victoria terlihat sangat remaja di foto teaser yang ini. Awalnya gue pikir ini Krystal dan sempat salah tulis juga waktu bikin laporan ahahahaha Gue suka sama kostum anak sekolahnya. Gue suka sama dandanannya yang simpel dan nggak terlalu menor kayak pas 'Electric Shock'. Mungkin karena kali ini tampilannya lebih simple kali ya, jadi enak aja gitu diliatnya. Dan konsep refleksi cermin dan coretan lipstik di cermin ini juga semacem unik aja gitu. Au au au~~~~~
Siapapun yang melihat Amber di foto ini pasti akan menyangka dia cowok dan memang dia mirip banget sama Jonghyun SHINee gue pusing banget. Baju oke, celana pendek oke, dasi oke, tapi kenapa kesannya justru nggak total ketika gue melihat kaos kakinya ya? Ahahahaha Mana ada cowok pake kaos kaki Sailormoon setinggi lutut begitu?! (oh) (maaf) (ada) (sekarang) (selain pemain bola) (hip hop juga pake) (gue lupa) (dan yang lebih penting) (Amber cewek, Ron) (baiklah......)

Okelah gue mungkin agak jarang baca fanfiction Kai-Krystal tapi kenapa sih di foto yang di sebelah kanan ini..... dengan tulisan yang kayak gitu.... bikin ngayal yang macem-macem...... bikin membayangkan mereka lagi dalam sebuah adegan di film Titanic. Bukan pas di mobil bukan, tapi pas kapalnya mau tenggelem. Pas Jack sama Rose menggigil di tengah laut. Trus di foto ini Krystal kayaknya semacem, "Hanya dirimu yang memberikan kehangatan di jiwa ini." BAHAHAHAHA YA ALLAH.
*
Untuk individual teaser yang lainnya juga nggak kalah bagus sih sama teaser yang ada di atas, cuma jadi kayak yah, biasa aja ujung-ujungnya. Meskipun demikian, konsep kali ini lebih juara daripada konsep bertopeng binatang di 'Electric Shock' tahun lalu. Apa sih itu semacem negeri dongeng gitu kan ya? Bagus sih. Tapi lebih bagus yang tahun ini HAHAHAHAHA

Ngomong-ngomong soal tahun lalu, 'Flora & Fauna' masih inget? Tahun ini kayaknya nggak banyak berbeda ya? :p

Next Post~


Share:

19 komentar