EXO 'WOLF' Drama Version MV_1 Review [PART2--END]

*
Drama version ini memang membuat banyak orang penasaran. Termasuk juga gue sendiri. Karena tidak banyak dialog yang ditampilkan (padahal sebenarnya gue berharap paling nggak ada scene dimana mereka nggak cuma main ekspresi tapi juga bicara gitu) akhirnya jadi banyak yang menebak-nebak jalan cerita dramanya jadi seperti apa. Ya sah-sah aja sih, jalan cerita mah bebas, sebebas gue membuat jalan cerita drama ini versi gue sendiri kan. Hehe Walaupun sih di beberapa hal ada yang gue agak miss sedikit. Tapi yasudahlah.

Gue memuji keberanian SM untuk akhirnya kembali membuat EXO keluar dari kotak yang sebelum-sebelumnya mengurung Super Junior. Dalam hal video musik maksud gue. Sejak Dream Girl keluar gue rasa SM agak lebih serius dalam menggarap video musik artisnya. Walaupun dance version ‘Wolf’ masih terkesan sangat biasa tapi mungkin itu disengaja karena akan ada follow up MV yaitu drama version ini. Sama kayak misalnya ketika Dream Girl dibuat, efeknya oke banget walaupun masih di dalem kotak juga tapi pas Why So Serious balik lagi jadi kotak indomi yang biasa banget. Yah, ada naik ada turun ada bagus ada jelek. Nggak selamanya sesuatu itu sempurna kan. Itulah kenapa gue agak males ngereview Why So Serious. Karena MV-nya biasa aja.

Ketika video ‘Wolf’ versi dance dirilis, gue sempat bilang kalau ‘MAMA’ lebih bagus dari ‘Wolf’. Tapi kemudian gue sadar kalau sebenarnya ada yang ganjil disitu. Sebenarnya dua-duanya (MV-nya) nggak bisa dibanding-bandingkan. Loh? Iya. Masa mau banding-bandingin ‘MAMA’ sama binatang gak sopan banget?

‘MAMA’ kan video musiknya nggak pure dance version gitu tapi diselipin sama sedikit ‘kisah pencarian sesama penjaga pohon kehidupan’. Sementara ‘Wolf’ yang pertama dirilis itu bener-bener pure dance version, in the box of indomi khas SM Entertainment. Gak adil rasanya kalau dibanding-bandingkan. Trus gue baru sadar ini sekarang apa nggak jahat gue? #MenggelinjangHeboh

Waktu MV drama dirilis gue semacem ngerasa (dengan sangat kepedean dan hanya gue satu-satunya fans di dunia ini) kalo SM semacem mau balas dendam sama gue (ketawa keren). Jujur sejak pertama menonton, gue suka banget versi dramanya. Well basically gue emang suka semua MV yang dibuat dengan “niat” gitu. Maksudnya, ya setelah selesai menonton, ada sesuatu yang membuat kita berdecak kagum dan bikin kita pengen nonton lagi dan lagi dan paling nggak bertanya-tanya kenapa begini kenapa begitu. Karena seringkali, walaupun sebagus apapun gerakan dance yang ditampilkan dalam sebuah MV, sekali lagi ya cuma dance doang. Perform di TV juga mereka dance juga dan kadang lebih bagus daripada yang di MV penampilannya. Makanya gue sangat mengapresiasi banget kalo ada video musik yang dibuat versi drama. Semacem udah ngefans banget sama sinetron sih.

Saking sukanya sama versi drama, gue awalnya malah berharap SM sedikit banyak mau berbaik hati untuk video musik EXO ini. Paling nggak dibuat kayak MV-MV yang pernah mereka bikin sebelumnya. Timeless, Before U Go, atau mungkin VT-VT konser yang terkadang bahkan lebih bagus kualitasnya dari hanya video musik. Awalnya gue pikir, ‘Wolf’ drama version akan dibuat satu part saja dengan durasi yang cukup panjang (15 menit paling tidak). Tapi ternyata SM punya rencana lain dan rencana lainnya ini sekali lagi membuat kita harus menunggu lebih lama. Seperti biasa. SM Selalu Membuatmenunggu.

Di satu sisi sebenarnya seneng sih, dibuat per-part gitu, soalnya jadi ada yang bikin penasaran dan (dengan sangat menyesal) ada yang ditunggu (walaupun sudah capek). Tapi kita bisa apa sih kalo nggak nunggu. Mau merongrong SM kayak gimana juga kan nggak bisa juga. Apa perlu nelpon YouTube lagi kayak waktu itu? BAHAHAHAHA

Nah balik lagi ke MV, kalopun kenyataannya video musik ini dibuat per part, tapi banyak, yang pada akhirnya akan membuat durasinya jadi panjang juga, gue sebenarnya fine-fine aja. Tapi... Artis SM kan bukan cuma EXO. Sebentar lagi f(x) comeback, tepatnya tanggal 29, itu artinya EXO hanya punya waktu minggu ini dan minggu depan untuk perilisan part 2 dari drama version itu. Yah itu sih kalo misalnya SM mau berbaik hati. Kalo tiba-tiba part 2 nya malah keluar saat perilisan repackaged? #menggelinjangGelisah Dan sepertinya memang akan berakhir di part 2 sih gue yakin. Kalau misalnya durasinya nggak lebih panjang dari part 1, kembali kecewa. Ahahahaha.

Luhan, Kai, dan Kris cukup apik memainkan ekspresi mereka dalam drama ini. Tanpa dialog yang berlebihan dari tiga pemeran utama ini, mereka terlihat sangat natural. Sebenarnya mau mengomentari akting yang lain juga, tapi karena mereka tidak terlalu menjadi pusat perhatian di sekian banyak adegan dalam video itu, jadi selewat aja. Walaupun nggak bisa berenti kesel setiap kali ngeliat adegan Chanyeol diinjek gangster. Ekspresinya itu semacem nggak niat banget syuting MV. Gak heran kalo orang akan cepet gerah sama kelakuan dia yang pecicilan itu. Sori banget Chanyeol. Tapi kadang-kadang kamu emang agak berlebihan.

Well, sebenarnya sih gue biasanya akan menunggu keseluruhan drama keluar dulu baru mulai me-review, tapi, mengingat SM punya singkatan lain yaitu Selalu Mendelayperilisanapapun udah kayak Singa Terbang, dan semakin lama semakin menumpuk yang harus gue kerjakan dan semakin basi bahannya, jadi mulai dibahas aja. Kemungkinan review kali ini akan keluar dari storyline yang sudah gue tuliskan disini kemarin atau justru berulang.

#1 Dari awal SM merilis teaser EXO dan dimulai dengan Kai, Kai, Kai, Kai, beberapa orang saat itu berpikir apakah sebenarnya selama ini SM hanya mendewakan Kai saja? Jawabannya tentu saja iya. Hahahaha... Di video musik versi drama ini, Kai adalah salah satu peran utama selain Kris dan Luhan. Kenapa harus Kai lagi? Bosen nggak sih Kai terus Kai terus?

Dulu gue nggak begitu suka sama Kai karena SM kesannya terlalu banyak mengekspos Kai, pas awal-awal debut teaser. Tapi ternyata semakin kesini semakin beralasan kenapa harus Kai dan kenapa bukan yang lain. Alasannya mungkin bisa jadi karena Kai yang mukanya paling berkarakter kalau dari segi ekspresi. He can be a very cute boy tapi di sisi lain juga bisa jadi orang yang berkarisma gitu. 

Setelah melihat drama version ini, gue nggak bisa ngebayangin kalau peran utamanya Baekhyun terlebih jadi karakter yang kayak Kai gitu. Terpilihnya Kai sebagai peran utama disini kembali mengingatkan gue pada masa-masa awal debut. EXO-K means EXO Kai. Sejak awal memang SM itu udah niat banget mau jadiin Kai frontline-nya EXO. Image-nya EXO banget. Nah ini adalah salah satu bentuk promosi SM buat Kai. Nggak heran kalau yang pertama bakalan akting di drama nanti Kai. Walaupun gue ngarepnya Suho (WAHAHAHAHAH).

Terpilihnya tiga pemeran utama ini sebenarnya udah dikasi tahu sama SM dari teaser pertama yang pas EXO merangkak-rangkak sok serigala itu. Logo di tangan yang bersinar di teaser 'Wolf' pertama cuma punya Kai, Luhan dan Kris. Sementara yang lain bahkan logonya nggak keliatan sama sekali. Di satu adegan Baekhyun ada keliatan tapi itupun agak nggak jelas dan ya, keliatan tapi nggak bercahaya.
*
*
Nah, kalo misalnya Kris dan Luhan beneran manusia serigala nih ceritanya di video musik ini (karena mereka punya tattoo berkilat-kilat warna biru itu) dan kalau misalnya memang teaser pertama dan video-video sebelumnya berkaitan dengan MV ini, berarti plot twist-nya nanti, Kai ternyata juga ternyata manusia serigala. Ingat ini?
*
*
#2 Gue masih penasaran dengan alasan kenapa Kris pergi ninggalin Luhan sebenarnya. Kalo dari adegan yang digambarkan dalam video musik dan merujuk pada ekspresi keduanya saat adegan awal itu, bisa jadi memang ada hal serius gitu. Versi lain dari penafsiran cerita ada yang bilang kalau Kris itu semacem ketua geng serigala dan Luhan itu semacem wakil ketuanya. Kris pergi untuk melakukan sesuatu (gue nggak yakin apa gue lupa nggak baca semuanya) dan meminta Luhan untuk mengerjakan tugas itu sementara dia pergi.

Membaca ekspresi Kris ketika memegang pundak Luhan, ekspresinya sih emang semacem memohon. Semacem ada dialog, "Gue pergi, lo tingal disini plis lakukan tugas lo dengan baik." Nah tugas itu yang masih abu-abu. Apa bener ngejagain si cewek? Hahahhaa Nanti akan terjawab sendiri seiring pembahasan lebih mendalam.

Ketika Luhan berhadapan sama Kris wajahnya juga keliatan sedih tetapi ketika berjalan menjauh dari Kris (mendekat ke kamera) di detik sekitar 00:18, ekspresinya berubah lagi. Disitu keliatan Luhannya bener-bener punya tugas besar dan ada ekspresi 'bertekad' yang ditunjukkan Luhan disitu. Tapi tetep masih nggak tahu sebenarnya apa tugas yang diberikan Kris itu tadi.

MV ini kan nggak ada dialog jadi bener-bener main ekspresi dan gue rasa bagian terberat anak-anak EXO disini ya itu. Main ekspresi. Terpilihnya Kai, Luhan dan Kris gue rasa juga karena mereka memang berbakat disitu. Ekspresinya main, dapet banget. Nah ekspresi mereka disini adalah dialog mereka. TAPI TETEP MASIH MIKIR TUGAS LUHAN APA. KESEL.

Shot terakhir di adegan itu, Kris menoleh ke belakang. Menggambarkan keraguan. Kris tahu Luhan banget karena (kemungkinan) mereka memang sudah lama bersahabat (ceritanya). Nah ketika Kris membalikkan badan untuk terakhir kalinya itu, sepertinya menggambarkan keraguan gitu. Luhan bisa gak sih jalanin tugas dengan baik. Kok gue rasa dengan kepribadian anak itu yang masih labil kayaknya nggak bisa. Begitulah kira-kira.

#3 Gue agak bingung sama adegan waktu Luhan naik tangga 00:24. Hahaha oke jadi gini:

Luhan naik nih kan, perhatikan tangga dan posisi tangganya.
*
*
*
Atau sebenarnya itu Luhan emang nggak naik dari sisi lain bangunan tapi emang baru bangun tidur dan baru berniat turun? (Trus gangster datang dari mana kalo tangganya cuma satu?) Kalo misalnya bingung yaudah abaikan, tapi kan di shot awal kita dikasih liat kalo Luhan baru selesai manjat tangga. Trus di shot berikutnya?
*
*
Eh dia malah loncat turun lagi. Jadi ngapain dia naik tangga? Cuma buat pamer dia bisa loncat ke bawah gitu? Capek banget. Kalo emang dia bisa loncat setinggi itu, dari awal ngapain susah-susah naik tangga? Maksud gue, ketika lo punya kekuatan super lo pasti akan menggunakan kekuatan super lo buat banyak hal agar hidup lo mudah kan? Nah naik tangga (apalagi tangganya model begitu) adalah salah satu hal yang bikin hidup gue rempong. Means, kalo gue punya kekuatan super sih gue tinggal pake aja semisal gue bisa loncat yaudah gue loncat tanpa harus lelah mendaki. Kalo gue loh ya.

Nah ini, udah capek naik naik tangga, turunnya malah begaya. Jadi dia sebenarnya naik ke puncak gedung itu cuma buat turun lagi sambil begaya? Buang-buang waktu. Mengingat dia sedang dikejar gangster maksud gue. Ketika dia punya cukup banyak waktu buat begaya, kenapa nggak digunakan untuk melarikan diri secepat dia bisa?

Tapi kemampuan Luhan lompat indah kayak gitu emang pantas dikasih pujian sih. Effort-nya buat belajar juga patut diacungkan jempol. Paling nggak shot itu nggak sekali take gue yakin. Pasti berkali-kali. Dan berkali-kali juga dia harus jatuh entah diatas matras atau tumpukkan kardus (biasanya kalo syuting kan pake gituan supaya aman).

Anyway, adegan ini pasti akan mengingatkan lo dengan adegan Kris di MV 'MAMA'.
*
*
Plus buat Kris: Lompatnya ke belakang which is keren.
Minus buat Kris: Setelah lompat mental ke angkasa tanpa sebab, syuting dilakukan jelas tidak benar-benar di atas gedung pencakar langit (GILA LO MAU MATI APA) tapi gue rasa itu pake teknologi green screen/blue screen dan dilakukan di studio.

Plus buat Luhan: Walaupun lompatnya kedepan dan terkesan biasa, tapi dia sempat muter 360 derajat satu kali, syutingnya nggak pake green screen/blue screen alias nyata.
Minus buat Luhan: Kebanyakan gaya. Lupa banget kalo lo jadi buronan gangster? Perlu asisten pribadi buat ngingetin gak?

#4 Selain ekspresi, gesture juga jadi hal yang sangat penting kalau nonton drama tanpa dialog kayak gini. Nah, ada banyak gesture Luhan di video musik ini yang menggambarkan dia adalah seorang manusia jadi-jadian. Selain contoh nyata di akhir MV ketika dia jalan sempoyongan kayak orang abis minum bodrex pake fanta, selain matanya yang berubah menjadi merah, selain tattoo biji karambol-nya yang bisa nyala, selain dia bisa muter-muter di udara, gesture ini juga sedikit banyak menjelaskan kalau dia adalah setengah serigala:
*
*
Gesture diatas tentu mengingatkan kita pada koreografi 'Wolf' di menit-menit terakhir sebelum Luhan dan Sehun keluar dari goa. Ya itu sebenarnya gesture pas para member lagi membentuk goa. Tapi, apakah sebelum melompat indah Luhan perlu melakukan gesture itu? Sepenting itu? Dikejer gangster loh. (Masih) Sempat aja begaya. Tapi bagian kerennya adalah: Luhan melakukannya sendiri (ya loncat, ya muter, ya loncat lagi, ya muter lagi) :)

#5 Mungkin kita perlu mempertanyakan sebenarnya adegan Luhan loncat dari gedung dan adegan Sohee naik ke atap gedung itu persisnya jam berapa. Soalnya, agak aneh kalau misalnya adegannya itu di siang bolong kayak misalnya jam 12 atau jam 2 siang misalnya. Gue sih sering liat kalo pagi-pagi sekitar jam 10-11an kita masih bisa melihat bulan. Tapi kalo misalnya jam 12 atau jam 2 siang? Oke gue belum pernah benar-benar perhatiin apakah bisa melihat bulan atau nggak jam segitu. Di Jakarta juga seringkali berawan dan jarang langit terlihat biru.

Alasan kedua kenapa jam kejadian jadi penting adalah karena ada Sohee berseragam sekolah disitu. Kalau misalnya itu terjadi di pagi hari, means, Sohee bolos dong? Di tengah persaingan yang sangat ketat menembus universitas di Korea, wanita yang satu itu..... (perhatian banget sih Ron).

Alasan ketiga kenapa jam kejadian jadi penting adalah kalo misalnya itu terjadi pagi hari ketika bulan masih ada lo bisa bayangin wanita macam apa Sohee? Tidur dari pagi sampai malam di atap gedung kayak gitu? Ini cewek ngantuk apa hobi ngemil obat bius? Terlepas dari kenyataan bahwa setelah dia terbangun (DARI TIDUR PANJANG DI BAWAH SINAR MATAHARI) kulitnya masih putih-putih aja.

Shot bulan di adegan ini sekali lagi membawa EXO kembali ke jaman awal debut teaser dimana bulan selalu jadi poin utama di banyak teaser. Selain itu, bulan di adegan ini (yang mana belum purnama) sebenarnya jadi kode bahwa masa-masa jelang purnama itu biasanya emosi manusia serigala juga jadi labil (kalo di Harry Potter biasanya kan Lupin minum ramuan kalo siklus bulannya udah jelang-jelang purnama). Nah itulah kenapa kerap kali kekuatan Luhan muncul (tattoo biji karambolnya menyala) soalnya siklus bulan jelang purnama. Ya gimana sih cewek kalo mau dapet suka mules mules biasanya (tau banget Ron?) ya Luhan juga gitulah.
*
*
#6 Gue cukup mengerti bagaimana adegan menjadi tidak continue setelah posisi kamera berubah. Terlebih lagi jika adegannya cukup rumit untuk dibuat persis sama. Tapi kalo gak masuk di poin review rasanya ada yang kurang HAHAHAHA. Contohnya ketika Luhan loncat harimau dari tangga terakhir kemudian rol depan di lantai. Beda angle emang, beda detik emang, tapi idealnya itu adegannya terjadi disaat bersamaan hanya diambil dari sudut yang berbeda. (Gue juga memprotes diri sendiri untuk poin ini tapi karena udah repot bikin gambarnya jadi biarin aja).
*
*
Dan Luhan memang terlihat keren karena editing videonya membuat dia terlihat seperti loncat-mendarat-langsung tiger sprong-langsung rol depan. Bisa saja sebenarnya adegan-adegan itu dibuat terpisah. Keliatan Luhan baru mulai tiger sprong di akhir detik 00:38. Gapapa Luhan, tetep keren. Iya dong untuk ukuran pemula (ahaha?) dia keren banget.
*
(itu yang gambar terakhir kayak kecoak pasrah. Tau kan kecoak kalo telentang susah bangun lagi? Terjatuh dan tak bisa bangkit lagi gitu lah)
*
#7 Momen dimana Luhan tertawa setelah koprol itu sebenarnya bisa jadi dua kemungkinan. Yang pertama karena dia emang nggak sengaja ketawa. Yang kedua karena memang itu bagian dari skenario dimana dia merasa puas bisa loncat-mendarat-tiger sprong-rol depan secara bersamaan.
*
*
Cumaaaaan, adegan tertawa ini jadi aneh ketika di adegan selanjutnya Luhan tiba-tiba terlihat sangat khawatir. Jadi ternyata memang adegan tertawa itu tidak disengaja? Hahahahaha Ya siapa sih yang ketawa-ketawa dikejer gangster. Cuma Luhan doang. Yang banyak gaya pas dikejer gangster? Ya cuma Luhan doang.

#8 Adegan ketika Luhan menarik Sohee ke pojok itu sebenarnya nggak penting dan bukan justru menyelamatkan Sohee tapi melibatkan dia dalam masalah. Kalau aja Luhan nggak narik Sohee, dia nggak bakalan ketahuan punya kekuatan supranatural.

Simpelnya gini, si gangster gak ada urusan sama Sohee jadi kalaupun misalnya Sohee terbangun dari tidurnya dan bertemu dengan para gangster yang sedang mengejar Luhan, yaudah si gangster mah harusnya gak usah rempong ngurus Sohee. Yang jadi target kan Luhan. Sohee gak ada urusan apa-apa disitu.

Kecuali kalo ceritanya emang bener Sohee ada hubungannya sama Kris dan para gangster tahu. Tapi masa di episode awal udah ketauan aja sih. Biasanya kalo Cinta Fitri, episode 300 masih perkenalan tokoh. #menurutNgana
Tapi cerita takkan seru tanpa kebodohan Luhan itu sih.

Nah, perhatiin adegan itu lagi deh. Pertama, Sohee turun dari atap dan jalan di depan lampu-lampu yang kedap kedip kan?
*
 *
Tapi ternyata adegan itu juga cukup aneh. HAHAHAHAHA Oke coba perhatikan gambar di bawah ini:
*
*
Sekarang kita lihat urutan kejadian di MV:
*
1. Sohee turun dari atap, berdiri di atas gundukan. Menit 01:00
*
*
2. Sohee berjalan di depan lampu-lampu setelah turun dari gundukan karena lampu-lampu ada di lantai di bawah gundukan. Menit 01:02. Dinding di belakang Sohee di gambar di bawah ini adalah tempat yang sama ketika Luhan menariknya ke pojokan. Tapi Luhan tidak ada disitu. (Ya jelas ceritanya kan emang lokasinya beda)
*
*
3. Adegan berikutnya Sohee tiba-tiba baru turun dari atas gundukan lantai ketika Luhan menariknya ke sudut. Lalu Luhan datang darimana? (di adegan sebelumnya Luhan gak ada) Dia bisa teleportasi juga sekarang? Kalaupun iya, lalu kenapa Sohee berjalan mundur (kembali menuruni gundukan padahal sebelumnya sudah setengah jalan meninggalkan gundukan).
*
*
Apakah itu gundukan di tempat yang berbeda? Nope. Tempat yang sama dengan gundukan yang sebelumnya:
*
*
Poinnya disini adalah: Sohee sudah hampir setengah jalan meninggalkan gundukan tempat Luhan menariknya kesudut (dan melewati lampu-lampu) tetapi di akhir adegan itu dia malah kembali lagi ke gundukan yang sama. Karena diambil di lokasi yang sama, adegannya terkesan terbalik. Kayak misalnya.... lo udah di KM 10 tapi Luhan malah nunggu lo di KM 1 dan secara aneh lo kembali ke KM 1 secara tiba-tiba. Makin bingung? Sama.

#9 Pas adegan di kelas, 01:16:
*
*
Ada biru-biru di lehernya. Adegan berikutnya masih di 01:16 posisi semuanya berubah tiba-tiba. Lay dari yang duduk di kursi jadi duduk di meja. Biru-biru di leher Lay pas di syut dari depan malah hilang.
*
*
Posisi berubah mungkin ya karena jarak waktunya emang jauh okelah tapi biru-birunya? Loh Ron itu kan tadi biru-birunya di belakang, kalo di syut dari depan ya iyalah nggak keliatan!

Tapi.....

Di menit 01:22..... dari depan kok.
*
*
Loh itu kan karena kerah jasnya keangkat makanya keliatan?

Berarti tadi di awal kerahnya naik, trus gak sampe sedetik turun, terus naik lagi? Iya deh bebas aja.

Trus.... tadi Lay duduk di kursi trus duduk di meja trus gak sampe sedetik udah duduk di kursi lagi sementara Tao harus lari-larian ketempat duduk tapi Lay bisa sekejap merapihkan posisinya. Hasek. Lay juga bisa teleport.

#10 Dari sekian banyak anak cewek dikelas itu kenapa Sohee milih duduk sendiri ya. Kenapa cewek yang lain milih duduk sama cowok. Sohee ini jangan-jangan tipe public enemy. 

Ketika Luhan pertama kali melihat Sohee, ekspresinya langsung shock. Penuh pertanyaan juga shock-nya kenapa. Apakah karena "Loh? Ini cewek yang kemaren kan?" atau karena "Loh ini pacar Kris bukan?" Walaupun lebih masuk akal dia kaget karena yang pertama sih. Karena kalau yang kedua, kenapa dia harus terkejut bukankah sejak awal dia ditugaskan untuk menjaga wanita itu? Semakin lemahlah plot Kris dan Sohee saling kenal.

Gue rasa disitulah Luhan mulai merasakan sesuatu yang aneh terjadi dalam dirinya. Ketika dia berjalan ke kursi dan Sohee memberinya tatapan membunuh, Luhan seperti terpesona gitu. Ternyata selama ini tipe cewek Luhan yang kayak-kayak Miska, antagonis gitu. Sementara Sohee sendiri, karena kejadian semalam, dia semakin penasaran sama si Luhan.

Perhatikan menit 01:28 ketika Luhan menatap Sohee dan lihat posisi kepala Sohee saat itu juga sedang mengarah ke Luhan. Idealnya mereka saling tatap kan. Itupun Luhan sendiri yang menoleh ke Sohee.
*
*
Tapi di 01:29 dengan posisi wajah masih menghadap Luhan (dan di detik sebelumnya Luhan dengan canggung menatap Sohee), dia memalingkan wajah secepat itu? AH! Padahal kalo misalnya itu lama saling tatapnya.........................kan.........................
*
*
#11 Ah ya, di storyline sebelumnya gue bilang kalo mereka menghabiskan waktu kurang dari 24 jam ya? Oke berarti dipoin ini gue ralat ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ Betul, dari adegan bermain bola sampai mengajar berkelahi itu prosesnya berhari-hari. 

Dan dari adegan mengajar berkelahi sampai ke malam mereka berantem sama gangster itu juga berarti ganti hari dong? Seharusnya iya. Walaupun ada beberapa member yang nggak pernah ganti baju sih. Jorok.

Nah disitu mulai muncul Kai dengan cerita lain di antara dia dan Sohee.

Kalau dilihat-lihat sih di sini masih belum pacaran sampai akhirnya nanti adegan dicium kayak yang ada di teaser. Jadi masih semacem pedekate. Si Sohee sendiri mungkin seiring waktu berlalu semakin penasaran dengan Luhan dan naksir juga sama Luhan. 

Waktu adegan Kai nyuruh Sohee pulang dan dia masuk ke bus yang gue rasa juga nggak ada supirnya itu, Luhan sempat terlihat memberi tatapan bermakna (anjrit) sebelum semua member balik badan. Luhan juga mulai jatuh hati?

#12 Kemudian gangster datang nih, kemudian mereka berantem di gudang. Itu hari yang sama juga? Seharusnya. Kalau misalnya harinya beda, terus buat apa Sohee turun dari bus? ã…‹ã…‹ã…‹ Yang aneh, Sohee turun dari bus, trus abis itu dia kemana? Bukannya dia turun karena khawatir terjadi apa-apa pada teman-temannya karena melihat gangster datang? Kita asumsikan bahwa kejadian ketemu gangster di depan sekolah dan berantem di gudang adalah kejadian yang berurutan di hari yang sama.

Jadi....

Baju Luhan dan Kyungsoo, ketika gangster datang:
*
 *
Baju Luhan, Baekhyun, Kyungsoo ketika sudah di gudang. Well, rambut Luhan juga berubah gaya sih. Sempat gitu nyalon dulu mo berantem.
*
 *
Kita juga pernah membahas beberapa adegan pukul-pukulan yang tidak kena sebelumnya di review teaser 2. Beberapa yang lain ada seperti misalnya:

Tao melawan dengan cara seperti ini:
*
 *
Laki-laki yang tak pernah serius dalam hal apapun dan malah tertawa ketika disiksa:
*
*
Yang paling nggak gue ngerti, kalau emang niatnya berkelahi, kenapa Kyungsoo harus menghentikan Luhan ketika dia ingin meninju salah seorang gangster itu? Kyungsoo mau sok suci kali ini? Gak ngerasa udah terlambat sok sucinya? Kenapa gak dari awal pas adegan berkelahi dimulai kamu ceramahin dulu orang-orang itu? Please.....

Dan... Ketika gue sudah yakin bahwa Kyungsoo melakukan adegan terlempar ke kardus itu seorang diri, ternyata HAHAHAHAHA NGGAK DENG KYUNGSOO NGGAK SEBERANI ITU TANPA STUNTMAN:
*
*
Stuntman-nya emang nggak keliatan jelas tapiiiii itu mukanya gempal gitu terus rambutnya juga beda sama rambut Kyungsoo :p Bahkan sebelum dia terlempar, bibirnya sudah terlihat ada efek bonyok (sebelah kiri bawah). Akan tiba saatnya Kyungsoo jadi jagoan beneran bukan ibu-ibu yang suka masak :")

Yang aneh lainnya: baju mereka tetap bersih padahal udah geletak-geletak di lantai, nggak ada yang memar sama sekali mukanya di akhir adegan? KOK BISA? Men, Baekhyun Chanyeol, Xiumin, kayaknya tiga orang itu yang terlihat paling tersiksa tapi muka mereka mulus-mulus aja. Perhatiin juga yang pada pake jas, mana ada yang dasinya mencong mencong abis berantem. Rapih semua. Heran.

Bahkan..... Luhan (dan yang lain) sama sekali tak terlihat berkeringat........ Suntik ya? Kelenjar keringatnya disuntik supaya mampet?

Bahkan setelah sekian lama bertarung dan setelah diinjak-injak para gangster, D.O tetep nggak keliatan bonyok dimukanya EH TAPI PAS NABRAK KARDUS MALAH BERDARAH DARAH YA ALLAH GIMANA KALO LO NABRAK TRONTON.
*
*
Dibandingkan dengan adegan Kyungsoo yang menabrak kardus, adegan loncat-loncat Luhan terlihat lebih berbahaya. Tapi Luhan bisa sendiri tuh ah Kyungsoo kenapa deh kardus doang gitu yang ditabrak. HAHAHAHAHHA (BELOM PERNAH NYOBA SIH NABRAK KARDUS)

Tapi yah meskipu begitu, jika tidak iseng menekan tanda panah ke kanan detik demi detik frame demi frame, MV ini tetap terlihat sempurna kok. Yang penting jangan iseng aja. Nonton aja biasa pasti bakalan keren. Karena kalo udah nonton dengan cara seperti ini (nunjuk kaca) kadar kekerenan MV-nya jadi berkurang wakakakka Tapi tetep gue suka MV-nya!

Adegan diakhiri dengan wajah penyesalan Luhan dan penuh tanya dan airmata Sohee. Kira-kira KAPAN AKAN BERLANJUT?!

Kalau misalnya ngeliat tanggal rilis part satunya sih 7 Ramadhan, berarti rilis part 2 nya 14 Ramadhan. Hari Senin. Purnama. WAH WAH WAH WAH. Beneran jadi serigala nih episode 2. Hahahaha... 

PS: Apakah Luhan pake stuntman atau tidak, dia melakukan semua adegan dengan baik :) Ini bukan sekedar memuji.
*


Share:

62 komentar

  1. Bang, Luhan pake stuntman kok. Pas dia lompat2 dan disyut dr belakang atau mukanya gak keliatan, keliatan yg lompat badamnya lebih gede sedikit dari luhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sehun ya. soalnya kan mrk mirip pas di closeup aja ganti lu han.makanya luhan tiger sprong baru di detik 00:38 krena sblumnya bukan Lu Han!! hahaha just kidding

      Hapus
  2. Seperti biasa keren review nya :)
    Menurut aku sih ya, Kris belum kenal ama cewek itu sih, (Sohee)
    Kayaknya sih ya :) Keren lah pokoknya. "Chanyeol, maafin Kak Ron ya??"

    Eh iya, Kak Ron penggemar cinta fitri banget ya?? XD

    BalasHapus
  3. chanyeol begitu bukannya dia emang punya satu ekspresi ya kak? -.,- mukanya nggak biasa aja

    BalasHapus
  4. Gimana bs nganggep mv nya keren sempurna, klo udh bc review-an elo ron? ^_^. Tp exo tetep daebak. Duh kpn c part 2 nya keluar ya? Resah neh... g tenang hidup rasanya...

    BalasHapus
  5. Waw detail tp kakak ga sedetail yg biasnya bukan kris luhan kai sm tao wkk mungkin krn trlalu biased mereka smpbtau adegan pas berantem biasnya gmn aja...

    Pas bagian awal itu luhannnya nongol dr dalem gedug kali kak jadi dia naik tangga itu tujuannya buat keluar gedung alias tangganya sendiri itu kyk letter u kebalik... kyknya sih gt

    Oh iya kak suho jd ketua kelasnya loh kak ciee selamat yaaa pas guru dtg dia yg jd lider beri hormatnya wkk.

    BalasHapus
  6. Hahahaha. Anjeeerr banget pokoknya lo kak ron gila abeezz #menggelinjanghebat

    BalasHapus
  7. kak,bahkan ini habis sahur..tapi udah bikin laper gegara lemes ketawa -_-
    aku juga mikir banget soal bulan yang penampakannya siang hari *MikirKeras
    curiga deh kalo ujung tu teleskop emang udah dipasangi gambar bulan..(kayak mainan kamera-kameraan jaman dulu noh)

    BalasHapus
  8. Gue ngakak liat foto jurus tao itu xD ternyata ini review detail ya, gue kira udh dirilis lagi kelanjutannya makanya langsung di review-_-Daebak!!

    BalasHapus
  9. hampir sama kaya review gue, cuma nggak detail sih yang bagian berantem itu.
    tapi gue suka ekspresi lawak chanyeol

    BalasHapus
  10. aku gak tau apa yang ada di pikiran kaka setiap ngeriview kaya beginian. selalu bikin ngakak XD


    btw ka, nanya dong, kaka biasanya kalo ngedownload video (terutama dari youtube) pake apa? #serius

    BalasHapus
    Balasan
    1. nimbrunggg jawab kak...
      IDM, bisa juga dengan masukin url videonya ke http://en.savefrom.net/

      Hapus
  11. dikitik kitik kitik anjir ngakak gue kak hahaha
    kak, kyungsoo bukan cuman jatoh di kardus deh kayaknya. liat aja pas kyungsoo jatuh, disitu ada kayak efek tembok yang kayak mau runtuh gitu. jadi mungkin mukanya kyungsoo ketiban beberapa potong tembok yang runtuh? -,- oke kata-kata gue gak nyambung banget. kalo ga tau yaudah :p

    review yang ini lucu abis , ngakak gilaaa

    BalasHapus
  12. kirain kak ron mau bahas teaser f(x) yang pink tape itu, ternyata wolf dv part 2! hahahaha daebak ka reviewnyaaaa *_*b
    gara-gara kakak review mv ini lagi,gue jadi nonton lagi tuh kan videonya, padahal kemarin-kemarin udah bosen banget diulang-ulang terus hahahaa-_-
    yah semoga aja kak beneran tanggal 14! gaksabaaaaaaaar >,<
    sampe sekarang masih ngakak aja tuh sama muka chanyeol! wkwkwk
    aduh chanchan oppaaaaa-_______-
    kalo bisa review teaser f(x) dong kak, plus foto teasernya yang kontroversial itu kak haha-_-v aaaaaarggggh kaistaaaaaaaal!!!!!

    BalasHapus
  13. siang siang lemes puasa..
    dibikin tambah lemes gara gara ketawa #aduhpipigueee
    ini ini SM banget lah Selalu Membuatmenunggu

    jempol lah kak~~

    'Luhan juga berubah gaya sih. Sempat gitu nyalon dulu mo berantem.'
    iya lah kak, kan boyband tukang mandi bareng~~ hahaha, berantemnya kan harus kece.

    keep write !

    BalasHapus
  14. Kereennn.... Gak bisa ngomong selain itu... Hahahaha... Aku suka banger cara kakak nistain bias... Aku juga suka kok... Eh, kakak mau nggak nge-review mv Infinite yang Destiny??? Please...

    BalasHapus
  15. XDD~
    nggak bisa berkata2 lagi kak, aduh ngakak banget,apalagi tjanyeol kkkkk >.<

    BalasHapus
  16. Kaaaaaaaaa,aku pas wolf drama rilis langsung ngescreencap full tiap detik wolf drama version,niatnya mau buat ava(nyari foto yg terbagus) ehhhh malah poin plus'a bisa liat wolf drama secara slow motion. jadi tau kalo luhan itu ketawa pas dikejar2 gangster XD aku agak bingung,soalnya dia ketawa kayak "ini gw ngapain sih pppffft" Kalo buat kai ngekting itu,aku makin sadar kalo dia istimewa itu pas teaser fx featuring krystal YA TUHAAAAN aku tuh ampe deg2'an ka ngeliat dia ekspresi+pose gtu. Yaaaaah ga salah lah emang milih Kai,dan ga akan salah^^

    BalasHapus
  17. adegan tao wktu nendang musuhnya kyk beneran tuh.. tp EXO tetep keren bgmanapun keadaannya... thank's uda di review chingu

    BalasHapus
  18. padahal aku udah nungguin review-an why so serious loh kakTT.TT ngomong-ngomong itu si mbak sohee berasa IU+NaEun bininya Taemin gak sih?? puas sama semua review-nya kak haha, ngakak bener. review teaser f(x) dong kak roooon. dan itu ngerasa gak sih aura teaser f(x) yang udah dikeluarin SM mirip teaser SJ?? aku juga ngerasa itu campuran danger+electric shock. ah biarlah kak ron yang menjawab nanti

    BalasHapus
  19. itu bukan bulan. itu salah satu planet
    venus kalo ga salah

    BalasHapus
  20. ampun kak itu muka Chanyeol emang begitu bawaan bayi. (kata emaknya siih -,-)
    itu sedang meringis kesakitan, nggak bisa dibedain emang.. sama kalo lagi ketawa. RICH TEETH, bentar lagi tanda tangan kontrak iklan odol *senyum pepsodent DDD*

    BalasHapus
  21. kak lu tau ga,/gue lupa menit ke berapa/ anunya chanyeol mau ditendang kak haha

    BalasHapus
  22. Kak ron, istirahatin dulu otak lo sebelum nge review drama ver part 2 XD
    Sumpeh, smua review an lo itu keren kak!!! 대박 !!!!!

    BalasHapus
  23. Kak Ron, tapi kan di teasernya ada foto Kris & Luhan yg jatoh terus pecah tuh. Kayaknya ada kemungkinan juga kalo Kris & Luhan musuhan gitu

    BalasHapus
  24. ntar deh kak .
    apa lo gak inget yang foto Kris sama Luhan dibanting ??
    apa jangan2 ya Kai itu salah satu dari mereka juga bener ,
    dan Kai lebih dulu ninggalin Luhan dan Kris ._.
    terus jangan2 mereka bertiga itu pernah konflik gitu kek apa :3
    *review salah*

    BalasHapus
  25. chanyeol emang dri orok(?) mukanya udah bgitu kak, g bisa dbedain mana tuh kesakitan mana kegelian.
    (mnurutku sih :3), tapi ttep suka sam review-an mu kak:))

    BalasHapus
  26. waw... yups wau aja komen gw buat review kali ini. gw udah gak tau harus gimana lagi muji konsep mv ini. kece om... kece....

    kalo menurut gw yah om, alasan kenapa kris harus pergi itu karena dia kudu nuntasin tugasnya yang sampe saat ini belum gw temuin. bisa jadi tugas buat ke london cari tau ramuannya lupin biar emosinya gak naik turun kalo pas dateng bulan. trus si luhan disuruh bertahan sambil ngelindungi sohee. nah si sohee ini mungkin ceritanya dia itu adeknya si kris, tapi luhan belum pernah ketemu sebelumnya jadinya rada shock gitu. hari2 brg sohee ngebuat luhan suka sama sohee. aduh udah deh komen gw daripada makin gaje aja.


    ah jadi besok senen baru dirilis? ya salah dong gwnya? jam brapa om? biar gw bisa stay tune. hehehe ... oh yah, makasih yah om, finally gw tau alasan lo knapa gak ngereview wss. nah ngomong dong dari awal biar gw gak ngerasa di php. *LOh?*


    udah sih gitu aja komen gw. kebanyakan yah? yawdah dibuang kelaut aja.
    bye

    TSA-NangkringDiKepalaChanyeol-

    BalasHapus
  27. sadis..
    Ga tau kenapa gue berharap ada pihak SMent yang ga sengaja baca reviewan lo terus iseng ditranslate bahasa korea, terus dikasih liat ke semua member exo dan jadi berita besar seantero korea,
    Mwahahaha....

    Okelah sekedar comment nih ye, kayanya tato yang melambangkan wolf itu berubah biru kalau aura wolf dari mereka keluar atau udah berubah lagi jadi aura manusia, makanya ada yang tatonya keliatan tapi ga bersinar mungkin karena aura wolf doi belum keluar..
    Tapi ini Menurut gue aja sih..

    BalasHapus
  28. gue harus ngomong apa ya?? kaga ada haru2 nya.. yang ada gue SAKIT PERUT GEGARA NGAKAK bahahaha xD

    BalasHapus
  29. hahah om ron teliti banget masalah lompat melomat, sampe ngasih poin plus minus gitu ke luhan kris. sebenernya om ron ini fanboy atau atlit lompat indah??

    BalasHapus
  30. Halo kak Ronji ^^ sekian banyak saya membaca postingan kakak, aku semakin mengerti apa itu 'cinta'. Kak aku cinta kamu -_- #serius
    stalking kamu, lihatin blog kamu.. kak Ronji istimewa.
    huhulalalalala
    ~~
    KAK DAEBAK BUAT REVIEW POST KAMUUU~~

    BalasHapus
  31. kak ronz, lay bisa ganti posisi duduk dengan kilat bukan karna bisa teleport tp emang lay ga pernah beranjak jauh dr bangkunya..dia cuma beralih dr duduk di kursinya ke meja. jd ya ga sampe lari-larian kayak tao..:P

    BalasHapus

  32. Oh man! I'm late! Iseng buka kaoskakibau taunya ada review baru. Udah gitu commentnya udah 35 aja lagi. Telat banget gue~
    Well, first of all lu keren bang. Gak ada matinye lah. I just love everything you write gitu nah.
    Iya nih penasaran banget sama cerita dibalik Kris sama Luhan. Tugas apa yg diemban Luhan? Trus knp di teaser Kris musti ngebuang foto dy sm Luhan? Apa gitu yang ngebuat dy marah? Trus kalo menurutku Kai termasuk salah satu Wolf. Cuma dy udah lebih bisa ngendaliin diri gitu drpd Luhan. Tapi gak tau juga sih. Tunggu MV Part 2 ajalah.

    @irvaadfa

    Oh iya! BANG REVIEW-IN TEASER F(X) DONG. YANG PINK TAPE ITUH. YANG KAISTAL ITUH.
    KAISTAL's feels in the air banget dah.

    BalasHapus
  33. Ya Allah ngakak Ya Allah. kenapa sih kak kenapa?!! hahaha.
    semua MV jadi berasa salah emang kalo udah di review sama kak *ehem* su..ho.... yah..~~
    jeli banget. tapi iya ya kenapa mereka sebelum dan saat berantem bajunya beda hahahaha bahkan gaya rambutnya luhan juga beda aduh ngakak ke salon dulu XD

    daebak deh reviewnya. makasih^^

    BalasHapus
  34. SUMPAHHH NGAKAK ABISS. Masa Chanyeol dipukulin malah ketawa. Anehh
    TAPI DAEBAKKK LAHH.

    BalasHapus
  35. Kak lo liat di terakhir terakhirnya deh. Itu pas dishoot kakinya luhan masa tadinya ngangkang(?) Jadi rapet? Wkwk -_- hehe

    BalasHapus
  36. Jujur baca reviewnya ngakak lo kak ron.

    CIUS detail banget.

    Cuma menurut aku itu si D.O bukan kayak melarang luhan ato menahan luhan, Tapi lebih kayak D.O sama luhan sama2 mau menyerang atau bergegas menghantam para gangster didepan mereka, Tapi saking semangatnya tangan mereka TERSANGKUT #sepeletapilebay Dan karna pada saat itu luhan dalam kondisi lepas kontrol mau brubah jadi wolfman, yaah jelas D.O kalah dan akhirnya kepental deh ke kardus2.

    Dan anehnya KOK TIBA2 BERANTEMNYA SELESAI? Apa yg membuat tiba2 para gangster kabur gitu aja?

    Haha tapi marahnya kai ke luhan cuma sebatas nyenggol luhan aja. #sungguhsingkatsekali namanya juga gada dialog hanya main ekspresi.

    Demikian unek2 saya, mohon maaf bila ada salah kata. Kesempurnaan milik Allah kesalahan milik bunda dorce. Hehe justkid

    Selamat puasa ya.

    BalasHapus
  37. ngga ah biasa aja. Yes wolf, I'm a wolf, awooooooh.........”sigh.......EXO suck. Apa bagusnya tu lagu gak jelas abis maksain bgt ya.. Super junior hero biar sederhana tp lagunya bagus, jelas, enak. ga kaya exo dibagus2in juga ga bagus hahahahaaaa

    BalasHapus
  38. kak perhatiin lagi deh alasannya chanyeol meringis pas dihajar tuh gara-gara salah satu gangsternya nendang selangkangannya chanyeol, emang gak begitu kelihatan sih karena adegannya cepet banget tapi kalo pake caranya kak ron alias di step-step kelihatan ada sepatu yang deket sama kamera terus nendang selangkangannya chanyeol

    BalasHapus
  39. repiu lu om...always bikin ngakak gedhhee...ampun deh bang XD ....apa lagi itu chap picture'a hahahaha

    BalasHapus
  40. om ron,,, mv teaser exo growl da muncul,, drama version lanjutanya kyknya di pending hahah

    BalasHapus
  41. Keren sekali reviewnya Kak Ron !!
    well semuanya bkin ketawaaa terutama yang DO jadi babak belur cma karena ga sengaja dilempar ke kerdus wkwkwk
    oh iya, soal summary drama ver WOLF ini, aku ga sengaja nyari di fanbase twitter EXO gitu, dan bginilah critanya : http://pbs.twimg.com/media/BPnXZKVCcAA8-ZX.jpg
    cuma gatau apakah itu akurat atau tidak hahaha
    BTW aku suka sekali semua review kak ron. semuanya ngocol perut dan keren

    BalasHapus
  42. Ada lagi kak. Itu waktu Lu Han lg b'klahi ada kotoran di baju putih Lu Han bag. blkng. Kan g mungkin bs ada kotoran dstu secara sama Lu Han ditumpuki baju hitamnya apalagi posisinya g d ujung tp lbh naik. nah loh?

    BalasHapus
  43. Harusnya post foto2 derp mreka...
    Gilaaa....... exo itu raja derp. hahaha

    BalasHapus
  44. Keren lah Reviewnya. Komennya Gokil. tp Klo Dipikir2, Eh Iya Ada Benernya Juga ya. Jeli Banget Ngeliatnya.
    Ngakakguling-guling
    Part 2 nya lamaa bgt Yaa..

    BalasHapus
  45. kak, yg waktu adegan luhan cs berantem sama gangster kan di gudang tuh. nah itu tempatnya sama kayak yang buat syuting MV growl? kok kayaknya mirip yaah..?

    BalasHapus
  46. Iya bener-bener *manggut-manggut*

    BalasHapus
  47. BANG RONZY PERTAMA-TAMA GUA MAU NGUCAPIN MAKASIH DULU BUAT CAPTURAN LU PAS LAY DUDUK DI MEJA (DI SAMPINGNYA ADA SEHUN, SAMA XIUMIN LG BERDIRI DI DEKETNYA) DIH BANG SUMPAH ITU LAY SEXY DADANYA KLIATAN ADUH AH SUMPAH BANG PIKIRAN GUA KEMANA-MANA LAY SUMPAH DUH AH YA ALLAH YA TUHANKU #SEKARAT

    padahal sebelumnya gua kagak focus tuh sama lay, kagak nyadar lay duduk dikursi gitu =_=
    yg gue cari cuma suho suho suho, eh ternyata yg pas abis luhan nge cetal gol pas main bola pas celebration (bener kagak ye istilahnye) nah itu ada suho meluk luhan, haha. terus pas latihan berkelahi itu ternyata partner nya suho, duh bang kiranya lu bakal bahas suho, hiks.
    tapi kagak apa sih, bukan salah lu jg bang. di sini member lain emang tampak transparan gegara yg focus cuma muka luhan, kai, kris. hhhmmm :|

    terus yg pas lu bilang "kayak kecoa pasrah" njir ngakak parah XD mana boxer luhan kelihatan aing. sexay O_O

    terus yg pas stuntman itu gue juga kagak sadar sebelumnya. lah elu jeli amat bang :|

    terus yg pas abis kelahi kok pada bersih terus masih rapi gitu. ya biarin aja lah bang, kadang sinetron indonesia jauh lebih aneh lagi. contohnya tuh tendangan si madun #dihkenapajadibahasmadun (?)

    ah udah ah gitu aja, ttp emejing selalu postingannya XD

    keep FIGHTING! ^-^)9

    BalasHapus
  48. Ngakak serius ngakak. Apalagi bagian D.O nabrak kardus itu. Nabrak kardus aja bisa bonyok gitu, itu kardus isi apa emang bahahahaha.
    Keren bisa merhatiin se detail itu! Jempol deh!

    BalasHapus
  49. Ngakak gila ane, naisu review, :V
    aokaokaok, #ngakakGila

    BalasHapus
  50. gilzzzz ngakakk hahaha gokill lanjutkan!!

    BalasHapus
  51. lagu yg ada di situ apa aja kak ??

    BalasHapus
  52. mungkin pas si kyungsoo nemplok ke kardus,isi kardusnya itu tembok atau batu bata#atauSemacamnya (yg penting keras)
    ya gitu kali saya juga gak tau yg sebenarny #PLAKK

    itu si chanyoel bukan di siksa deh kayaknya tapi di kilik kitik...
    gak tau deh itu rahasia SM yg selalu SeMaumaunya

    BalasHapus
  53. kak, abis baca reviewan lo gue akuin lo jeli banget. saking jeli nya sampe gue ga mudeng sama review an lo hiks -,,-

    BalasHapus
  54. sumpah kak,abis baca review kk
    aku ketawa2 ngakak

    BalasHapus
  55. gua kaga suka review lu,sama aja lu ngejelekin exo kl begini.najis

    BalasHapus
  56. luhan takut sama ketinggian

    BalasHapus
  57. Oh My God !!! Gue shock bgt !!! Bukan karna hasil review lo. Tp trnyata lo ka ronzzy yg ada ditwitter hahha.. yg gue minta polbek tp ga dipolbek2 *eh hahahhaa... gue suka bgt sm cara2 lo stiap kali mengemukakan pendapat kayanya tuh 'pas' banget gitu.. makanya ga heran sm postingan lo, yg sedetail ini. Koq bisa yaa ?? Hahhaa gue salut bgt lah pokoknya.. gue boro2 bs sedetail ini hhahhaaha... bisa nnton aja gue udh sukur hahah

    BalasHapus
  58. Wolf dan Growl tidak bisa dipisahkan..... Ini tuh drama persion Growl, kalau drama persion Wolf itu yang pas di Mel0n Awards yg Kai jd "pemeran utama"nya (menurut gw)

    Don't forget to check out http://thelostplanet.wikia.com/wiki/EXO_Wiki

    BalasHapus