Obama ke UI

Seperti yang semua orang ketahui, dari TV, koran dan berbagai social network kalau hari ini Obama dijadwalkan memberikan kuliah umum di kampus tercinta saya. Whoaaa... Sebagai salah satu mahasiswa UI, seneng banget dong rasanya Obama, seorang presiden kharismatik yang TOP itu bisa dateng ke Indonesia dan mampir UI buat ngasih kuliah umum. Walaupun saya nggak bisa hadir ke kuliah umumnya, tapi rasa bangga itu tetap ada karena saya adalah salah satu mahasiswa UI. Well, beberapa temen-temen saya mungkin hadir di sana, sedangkan saya hari ini bangun jam 12 siang. Jadi hanya bisa menyaksikan bapak Presiden via YouTube dan beberapa update-an status dari temen-temen.

Walaupun kontroversial, tetapi kunjungan ini mau nggak mau memang bikin semua orang heboh dan ribut. Disatu sisi Obama dateng banyak yang seneng, di sisi lain banyak orang-orang termasuk mahasiswa yang menolak kedatangan Obama. Hari ini juga ada demo yah? Demo hari pahlawan sih, bukan demo Obama. Hahaha... Tapi sebagai orang yang berpikiran dangkal ( dan saya bangga? oh please... ) saya rasa kita memang harus mengapresiasi kedatangan Obama sebagai bentuk kerja sama Indonesia dan Amerika. Benar kan? Hehehe... yang saya heran, kenapa kalau berhubungan sama Amerika gampang banget ada demo yah? Kalau Korea kok tenang-tenang aja. Kkkkk~

Sekelompok mahasiswa UI tolak Obama

dari BBC Indonesia ( klik judul untuk link ke BBC Indonesia )
Demo anti Obama

Meski disambut besar-besaran hingga meliburkan kegiatan perkuliahan dua hari terakhir, kegiatan Presiden Barack Obama di Universitas Indonesia juga banyak disambut protes. Beberapa kelompok kegiatan mahasiwa UI melakukan aksi protes yang baru nampak setelah pidato Obama selesai karena dijaga ketat polisi dan tentara.

"Kami menolak Obama karena hubungan Indonesia-Amerika Serikat terbukti tidak menguntungkan rakyat Indonesia,"seru juru orasi Kelompok Forum Aksi Mahasiswa UI.

Aksi demo dengan puluhan mahasiswa ini bahkan sempat menimbulkan bentrok dengan petugas pengamanan dalam kampus karena diikuti dengan aksi merobek dan membakar foto Presiden Obama di halaman stasiun Kereta Api kampus UI, Depok.

"Kedatangan Obama dikawal dengan pengamanan super ketat dari Brimob hingga tentara, sementara kami mahasiswa malah dipukuli aparat," protes seorang mahasiswi.

Sementara Kelompok Dakwah Kampus Nasional UI dengan ratusan peserta menggelar demo dengan menggunakan kendaraan bak terbuka dan pengeras suara, menyuarakan protes akibat kebijakan pemerintah AS dikawasan Timur Tengah yang dinilai merugikan masyarakat Islam.

"Mana janji Obama untuk memperbaiki hubungan dengan dunia Islam?" kata juru demo kelompok ini, yang disambut sorak-sorai peserta aksi.

Sambutan meriah

Namun aksi demonstrasi hampir tak terendus liputan media massa karena ketatnya pengamanan aparat. Lingkar dalam seputar kampus sudah dinyatakan steril dan ditutup dari lalu lintas bahkan warga kampus, sejak pukul 07.00 WIB.
Demo anti Obama
Kebijakan AS di Timur Tengah menjadi salah satu tema protes aksi demo. Jajaran tank, meriam air, dan polisi anti huru hara memagari kawasan kampus UI hingga radius beberapa kilometer.
Hasilnya, agenda pidato Presiden Barack Obama berjalan nyaris tanpa hambatan. Beberapa bagia pidatonya juga dihujani tepuk tangan dan sambutan meriah para hadirin, sekitar 10.000 undangan dan mahasiswa yang mengantongi undangan khusus di Balairung UI.

"Bagian paling menyentuh adalah pengakuan Presiden Obama yang menyebut bagaimana masyarakat Indonesia yang majemuk ternyata justru merupakan masyarakat yang memiliki toleransi besar terhadap eprbedaan agama," kata Indra Mukti , mahasiswa Fakultas Teknik. Sementara Ade Ariantika menilai janji Obama untuk memperbaiki hubungan ekonomi dan pendidikan merupakan bagian pidatonya yang paling penting.

"Itu menunjukkan bukan kunjungan (seremonial) saja, tapi ada manfaat lain," tambahnya.
Dalam pidatonya Persiden Obama banyak memuji masyarakat Indonesia terkait praktek toleransi beragama, janji membuka kesempatan lebih luas untuk mahasiswa Indonesia belajar ke AS, serta menjelaskan posisi negaranya terkait kebijakan di Timur Tengah.

Dengan fasih Obama juga menyebutkan sejumlah kata dan kalimat dalam bahasa Indonesia, yang disambut gemuruh tepuk-tangan hadirin.
Dari pagi saya menerima banyak SMS dari keluarga saya dan teman-teman saya yang tidak berdomisili di Depok dan Jakarta. Mereka iri karena saya bisa bertemu Obama. Saya cuma tertawa sendiri karena saya pun tidak tahu bagaimana cara mendapatkan tiket untuk menyaksikan kuliah umum itu. Dan saya juga punya pengalaman buruk masalah tiket ( SHINee tentunya ) hahaha... Jadi saya katakan bahwa saya tidak datang ke Kuliah Umum nya karena memang saya tidak punya tiket. Hahaha... kenyataan pahit.

   
Musiron/Republika
 Kuliah Terbuka Obama, Sejak Subuh Ribuan Mahasiswa UI Antre
Kampus UI

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Ribuan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang akan mengikuti kuliah terbuka bersama Presiden Amerika Serikat (AS), Barrack Obama, berkumpul di depan Stasiun UI, Rabu (10/11) pagi. Mereka berkumpul untuk mendapatkan undangan kuliah terbuka tersebut yang akan dilaksanakan di Balairung UI, pukul 09.45 WIB nanti.

"Memang disuruh kumpul di depan Stasiun UI oleh pihak Dekanat Fakultas pukul 05.30 WIB," ujar Dewi, mahasiswi dari Fakultas Psikologi UI, yang ditemui Republika di depan Stasiun UI Depok, Rabu pagi.

Senada diucapkan Reno, mahasiswa Fakultas Teknik UI. Bahkan Reno telah datang ke lokasi berkumpul sejak pukul 04.30 WIB.

"Saya takut kehabisan tiket. Lebih cepat saya sampai dan dapat tiket, lebih tenang," ucap mahasiswa yang tinggal di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan ini.

Pihak Rektorat UI sendiri menyediakan 2.000 tiket untuk mahasiswa dan dosen. Setiap fakultas dari 12 fakultas dan 1 fakultas pascasarjana, memiliki jatah masing-masing 100 orang. Sisanya untuk dosen-dosen berprestasi dan alumni-alumni UI.

Obama sendiri rencananya akan memberikan kuliah terbuka di Balairung UI pukul 09.45 WIB. Ia akan memberikan pidatonya dengan tema 'Demokrasi, Pembangunan, Pluralisme, dan Toleransi Beragama'.

Tadi sempet buka satu blog yang lagi hit banget di twitter, dan dia ngasih link YouTube dimana di video itu opening pidatonya Obama di UI. Walaupun sebenarnya biasa saja, tapi mendengar presiden itu berbahasa Indonesia jadi Wow juga...




Haha... Beberapa kali mendengar Obama menggunakan bahasa Indonesia, beberapa kali itu juga merinding. Keren banget nih presiden. Setidaknya dia menghargai masa lalunya yang dulu pernah tinggal di Indonesia.

Meskipun kedatangan Obama ke UI adalah suatu hal yang Wow, tetapi ada juga nih imbasnya buat yang lain. Negatif atau positif ya? Kalau yang satu ini kayaknya negatif deh. Jadi hari Senin tanggal 8 November kemarin, kayaknya persiapan buat hari Rabu ini sudah dimulai. Jadi UI harus disterilkan sejak jam 6 sore. Nah, isu-isunya adalah, kedatangan Obama akan menyebabkan beberapa hal: Kereta yang melintas di stasiun UI tidak akan ada, sinyal ponsel akan di Jam dan tidak akan ada sinyal selama Obama datang, dan semua pintu masuk ke UI akan ditutup kecuali Gerbatama. Nah, kalau masalah kereta dan pintu masuk, mungkin nggak masalah, tapi sinyal ponsel? Waduh... sebegitu mengganggunyakah sinyal ponsel? Bisa mati kalau satu hari nggak SMSan dan internetan. Hahaha... Tapi ternyata cuma hoax kayaknya karena dari pagi SMSan bisa-bisa aja tuh... Cuma kasian nih baca berita yang satu ini:

Obama ke UI, Angkot Males Narik 
Niken Widya Yunita - detikNews


Jakarta - Kunjungan Presiden AS Barack Obama ke Universitas Indonesia menyebabkan kemacetan luar biasa di ruas Jl Raya Bogor arah Jakarta. Bahkan angkot-angkot yang melintas di jalan tersebut tidak mau mengangkut penumpang.

Pantauan detikcom, Rabu (10/11/2010), di ruas Jl Raya Bogor sekitar RS Sentra Medika, angkot 37 (Bojong Gede-Rambutan) dan 41 (Citeureup-Kp Rambutan) tidak mau mengangkut penumpang dengan alasan tidak menjanjikan bisa mengantar sampai tujuan.

Sebagian angkot memilih memutar balik ke Jl Raya Bogor arah Bogor.

Sementara itu, para penumpang yang terlanjur naik, terlihat bengong dan pasrah di dalam angkot. Sebagian ada yang memilih turun dan mencari tempat peristirahatan. Para penumpang adalah kaum pekerja atau pun komuter yang hendak berangkat mencari rezeki.

(lrn/nrl)

Agak gimana gitu rasanya kalau harus mengorbankan orang banyak. Ya nggak sih? Kasian juga kalau hari ini bapak-bapak sopir angkot dapet duit sedikit. Semoga rejeki bapak-bapak angkot bisa lebih di besok hari ya... hari ini mungkin memang dikasi cobaan seperti itu. Nanti kita tagih janji Obama bersama-sama.

Kayaknya hari ini Obama jadi Trending Topic semua masyarakat deh, nggak cuma di TV, Koran, dan media massa lain, tapi social network juga kayaknya.Oke lah, saya bercinta-cita ingin melanjutkan kuliah di Amerika suatu saat nanti. Semoga hubungan Indonesia Amerika sudah membaik ketika saya melanjutkan kuliah di sana.

Aja aja fighting, Obama!

Share:

0 komentar