About Life...

Kita nggak pernah tahu jalan kehidupan kita bakalan kayak gimana ke depannya. Apakah kita akan mengalami kemajuan, atau mungkin kita akan mengalami kemunduran. Apakah kita akan menjadi lebih baik atau bahkan kita akan menjadi lebih buruk. Apakah kita akan bisa memaafkan ataukah kita hanya bisa bertahan. Kita semua tahu, hidup ini seperti roda yang berputar. Kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Tapi begitu menyakitkannya kalau posisi kita selalu saja ada di bawah tanpa pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi seseorang yang berada di atas.

Tuhan sudah merencanakan hidup kita seperti ini. Tuhan sudah menuliskan takdir kita akan seperti apa. Apa yang bisa kita usahakan, maka akan merubah takdir kita. Tapi apa yang diluar daya kemampuan kita, maka itulah yang menjadi takdir kita yang abadi. Sekali lagi, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah kita masih bisa bernapas atau kita sudah terhimpit papan dan tanah. Bisa saja kemarin seseorang mencintai kita, namun besok dia sudah benci pada kita. Bisa saja kemarin seseorang masih menjadi teman kita, tapi besok dia sudah menjadi musuh kita.

Dunia ini hanya sekedar persinggahan dimana kita harus berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk kehidupan kita yang selanjutnya. Itu artinya, kita harus tetap bangkit untuk maju dalam perubahan menuju kebaikan, walaupun kita selalu berada di bawah, walaupun kita tak lagi punya teman dan walaupun kita tak lagi punya seseorang untuk kita cintai. Kita harus bisa menerima takdir yang sudah dituliskan untuk kita, apalagi kalau takdir itu berubah karena kesalahan kita sendiri. Ingat, jika seseorang yang pernah hadir dalam hidupmu, yang pernah membutuhkanmu, yang pernah menjadi bagian dari hidupmu hilang dan pergi karena sesuatu yang tak kau mengerti, maka percayalah, walaupun dia pergi dan tak mungkin kembali lagi, tapi dia tetap akan menjadi orang itu, menjadi orang yang ada dalam hidupmu, menjadi orang yang membutuhkanmu, dan menjadi bagian dari hidupmu. Tak akan ada yang bisa merubah itu, walau bagaimanapun kau mengingkarinya. Apa yang telah kita lalui bersama dia, apa yang telah terjadi diantara kita dan dia adalah sesuatu yang akan tertanam dalam hati kita dan akan sulit sekali untuk dilepaskan. Walau bagaimanapun cara kita untuk melupakan masa lalu kita dengannya, tetap saja, kenangan itu akan selalu melekat dalam diri kita dan seakan menjadi bayangan yang tak bisa jauh dari kita. Dia mungkin sekarang membencimu, tapi suatu saat dia pasti akan kembali seperti asalnya dulu, membutuhkanmu dan mencintaimu.

Percayalah, sesuatu yang pergi darimu, akan kembali dengan lebih baik dan lebih sempurna. Apa yang telah hilang darimu, akan kembali dengan kebahagiaan yang dulu pernah dibawanya, bahkan akan lebih dari itu. Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok, karena kita hidup di hari ini. Kita hanya bisa tahu apa yang akan terjadi besok jika kita berani menghadapinya. Karena jika kita hanya diam dan tak berbuat sesuatu, maka hari esok tidak akan ada buat kita.

What that I wanna say is, face your sorrow like you face your happiness.
Hadapi keterpurukanmu seperti kau menghadapi kebahagiaanmu.

-if you need to scream, then scream-


Share:

0 komentar