EXO Comeback Spoiler EXPLAINED!


Terakhir kali gue nulis soal EXO adalah curhatan tentang fans yang... yeah, well, lo bisa baca sendiri. WKWKKWKW. Tapi izinkan gue sekali lagi memberikan sebuah permakluman(?): tulisan itu dibuat dalam kondisi emosi yang tidak stabil, tulisan tengah malam, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi perasaan penulis. Yang bisa gue pastikan adalah pendapat gue tidak berubah sih, paling nggak untuk saat ini. Tapi di tulisan kali ini gue nggak mau membahas soal itu karena yah biarkanlah itu jadi satu realita di fandom yang memang akan sulit diubah dan nggak akan hilang dengan segera. Jadi ya sekarang ngefans masing-masing aja.

Gue memang udah nggak jadi bagian dari fandom ini lagi tapi itu nggak bikin gue meninggalkan EXO. Kalau boleh jujur, setelah tulisan itu gue buat justru gue merasa lebih dekat (WKWKWKW) dengan EXO daripada sebelumnya. Gue mulai mendengarkan album EX’ACT dan OBSESSION yang sebelumnya sama sekali nggak gue sukai dan bahkan sekarang sudah punya lagu favorit dari album itu. For fact, gue sekarang lagi obsessed banget sama Baby You Are dan Butterfly Effect dari album OBSESSION.

Jadi di tengah-tengah gue sedang kembali menggandrungi EXO inilah berita comeback datang. Sesuatu yang nggak gue harapkan terjadi tapi terjadi. Hihihi... kayak, wow, ternyata SM sebutuh duit itu ya? HAHAHAHAHAHAHAHA... Engga deng ini mah sotoy-sotoyan gue doang karena sebelumnya gue kayak pernah baca artikel soal pemasukan SM gitu dan EXO memang masih jadi tulang punggung “keluarga” nih. Jadi gue pikir kayak oh oke, wajar kalo semisal SM membuat comeback ini beneran kejadian walaupun menurut gue pribadi sebenarnya nggak ideal.

Gue nggak tahu dengan orang lain tapi gue adalah orang yang merasa agak aneh kalo EXO comeback tanpa leader. Kayak... gatau ya, mungkin karena memang kebanyakan grup yang gue suka nggak pernah melakukannya jadi ini sebuah pengalaman yang baru aja gitu. Cuma sejauh ini sih gue masih berharap ada plot twist soal absennya Suho di comeback kali ini.

Kenapa plot twist? Karena dari bocoran MV yang dikasih EXO pas anniversary mereka tahun ini, MV baru ini bakal diproduksi dengan teknologi CGI yang dominan. Mereka juga menjanjikan story line di situ jadi gue berharap member-member yang nggak hadir diberikan story line yang paling nggak mengisyaratkan bahwa mereka tidak dikesampingkan. Akan lebih menyenangkan kalau Lay juga muncul dalam story line sih soalnya belakangan kayak mohon maaf manajemen lupa kali ya kalo ada member bernama Lay ini. WKWKWKWKWKWWK.

Dan karena MV-nya akan penuh CGI jadi gue pun kayak merasa akan sangat masuk akal kalau ada Suho dan Lay diselipkan dengan teknologi CGI juga. Kalau mereka bisa bikin pesawat terbang, harimau, dan ular raksana muncul di arena konser Beyond Live, harusnya mereka bisa sih nyelipin Suho dan Lay ke dalam story line. Paling nggak itu bisa mengisi kekosongan dan juga menjadikan comeback ini jadi lebih istimewa. Bukankah ini comeback buat perayaan anniversary? Harusnya sih istimewa ya. Setidaknya sih sembilan member bisa bersatu walaupun hanya lewat CGI, hologram, atau teknologi lainnya.

Sudah tiga mingguan berselang dari pengumuman comeback dan kita belum dikasih teaser foto atau video buat comeback ini. Satu-satunya teaser sampai tulisan ini di-posting adalah behind the scene (aka BTS, LMAO) dari lokasi syuting MV. Cukup mengejutkan sih mereka mau bikin spoiler seperti ini karena treatment ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Tapi dengan spoiler sebanyak ini, Sehun nggak lagi ngasih spoiler tipis-tipis di Instagram seperti biasanya ya? Ada satu foto yang kayaknya diambil dari lokasi syuting tapi nggak memberi bocoran yang banyak juga.

Dalam kurun waktu tiga minggu setelah perilisan video spoiler ini tentu saja yang repot adalah tim orang dalam SM wkwkwkkwkw ya ini waktunya buat jualan, menghubungi sponsor, siapa nih yang mau pasang iklan di MV tipis-tipis, dan sebagainya.

MV Story Line


Dalam video spoiler yang dirilis tiga mingguan yang lalu, para member menjelaskan soal story line dari MV baru mereka nanti. Set-nya akan dibuat seperti landasan pesawat terbang tapi nggak tahu bentuk pesawatnya akan kayak gimana. Mungkin akan lebih banyak interior yang ditunjukkan nanti. EXO juga bilang kalau ceritanya masih berhubungan dengan MV Power yang mana jadi MV mereka yang paling banyak menggunakan CGI.

Kalau diliat lagi, di MV Power mereka sempat terpisah karena si kucing mencet tombol terus pada kesetrum dan mental sana sini. Baekhyun kecebur di Samudera Hindia dan mengapung tanpa tujuan. Tapi di MV baru nanti mereka akan bersatu lagi. Kalau kata D.O, semuanya akan berteleportasi seperti Kakarot. Gue nggak nyangka sih mereka akan menggunakan referensi Dragon Ball di momen itu. Sebuah penegasan kalau orang-orang ini adalah generasi 90-an ya.

Kakarot yang kanan. Dikenal juga dengan nama Goku.
Kakarot yang kanan atau dikenal juga dengan nama Goku.


Kai juga bilang kalau mereka di lokasi itu sedang syuting verse pertama dari MV mereka, sebelum mereka terbang.

Jadi kayaknya setelah mereka berteleportasi (kayaknya teleportasinya pakai si orb masing-masing) ke satu lokasi itu, mereka bikin satu pesawat bersama untuk terbang bareng. Mungkin mereka benerin pesawat yang rusak yang ada di lokasi karena waktu itu sempat perang tembak-tembakan sama si robot kan.

Kalau kita lihat di opening MV Power, ada beberapa universe berbeda yang ditampilkan di sana. Apakah mereka akan mengunjungi salah satu universe itu? Atau justru yang didatangi lagi adalah universe Power? Soalnya kostum yang mereka pakai rada-rada mirip kan.

Gue sempat kepikiran mereka akan kembali secara random ke salah satu universe yang ditampilkan di awal MV Power (kayak ada beberapa lagu seperti Lucky dan Love Me Right) dan mereka akan ketemu doppelganger mereka di universe tersebut. Seru aja sih rasanya karena ini kan proyek anniversary, jadi mereka kayak mengunjungi kembali fase-fase comeback mereka terdahulu.

Spoiler Lagu


Ada sedikit spoiler lagu yang dikasih juga di video spoiler kemaren dan dari spoiler itu kita bisa denger lagunya mirip-mirip Power yang fun, happy, dan summer vibe. Power bukan lagu kesukaan gue sih dan repackaged The War itu belum gue jamah lagi sampai sekarang (tapi The War yang OG gue suka banget. Sekarang ringtone HP gue What U do? Wkwkwkkw). But anyway, EXO selalu comeback dengan title track yang fun dan catchy. Semoga aja mereka nggak terlalu menjadikan comeback ini sebagai momen buat eksperimen tapi lebih jadi momen nostalgia dengan membawakan lagu-lagu yang vibe-nya seperti lagu-lagu yang sudah mereka rilis sebelumnya.

Semacam tribute buat album-album terdahulu.

Jadi so far kita nggak tahu akan seperti apa konsepnya meski kostum yang baru keliatan rada-rada mirip Power (dan Monster tapi versi dance di hangar). Yang pasti comeback ini bakalan jadi comeback perpisahan buat Chanyeol dan Baekhyun karena mereka wamil. Sekaligus jadi comeback pertama juga buat D.O dan Xiumin setelah keluar dari wajib militer.

Yang pasti juga MV-nya bakal banyak detail angka-angka sakral buat fans dan EXO kayak E-408 dan L-1485. Yang bikin gue agak seneng adalah tulisan 09 Bay yang ada di belakang EXO di bagian akhir video spoiler kemaren. Paling enggak mereka masih memberikan penegasan jumlah member ya meski member yang satu lagi selow aja sibuk sendiri dan SM kayaknya juga nggak terlalu berisik soal dia.

Jadi buat merangkum comeback EXO ini, ada beberapa hal yang sudah kita tahu sejauh ini:



1. MV-nya sudah selesai syuting dan tinggal dirilis saja

2. Cerita dalam MV-nya melanjutkan MV Power

3. MV-nya akan penuh CGI, jadi gue berharap SM mau nge-CGI-in Suho, Chen, dan Lay di MV. Jujur agak khawatir kalo semisal SM malah memilih mengesampingkan Chen gitu cuma karena dia udah nikah dan punya anak. Berisik aja deh pasti fans-fans bau.

4. Bisa jadi nggak semua spoiler yang dikasih lihat di video itu beneran soalnya kayak becanda banget rasanya wkwkwkkw ada satu momen Xiumin kayak nggak bisa nahan ketawa dan gue mikir, NI NGE TROLL LU YA PADA?! Atau gue memang nggak update nih sebenarnya ini hanyalah april mop?

5. Comeback pertama buat D.O dan Xiumin, comeback terakhir buat Chanyeol dan Baekhyun. Yang dua terakhir semoga bahagia bersama di wajib militer ya. Gak deng.

6. Sehun mengambil alih posisi Suho buat ngasih salam penutup. Gemes banget.

7. D.O suka Dragon Ball. Confirmed.

8. Video spoiler ini adalah idenya D.O dan Xiumin. Udah kangen comeback rupanya ya.

9. Member EXO masih 9 sampai hari ini. Nggak tahu besok. Namanya hati manusia nggak ada yang tahu.




Share:

0 komentar