EXO Episode 1: Emergency Landing


Gue terkesan banget sama episode 1 SM Culture Universe (SMCU) di comeback aespa kemaren. Walaupun gue nggak suka lagu Next Level (jujur wkwkwkwk) tapi setidaknya ada hal positif dari comeback aespa ini yang bikin gue semangat. Nggak cuma semangat menunggu apa lagi nih yang bakal ditampilkan SM ke aespa berikutnya, tapi bagaimana SM bakal mengembangkan SMCU ini.

Gara-gara episode 1 SMCU yang Black Mamba itu, ada beberapa pertanyaan yang cukup mengganggu gue. Mau sampe kapan ini konsep akan dilakukan? Siapa aja nih grup yang bakal masuk ke universe ini? Grup senior masuk nggak nih? aespa jadi pembuka doang kan, berarti ada kemungkinan juga dong comeback EXO berikutnya bakalan masuk sini juga?

Kalau nggak salah di konten aespa yang di 1theK, mereka bacain satu artikel yang bilang kalau aespa ini adalah pembuka dari SMCU. Tapi nggak dijelasin, apakah itu berarti yang akan masuk ke dalam universe ini nantinya adalah grup-grup baru setelah aespa atau hanya aespa saja. Gila nggak sih kalo cuma aespa doang, sepi banget dunia isinya cuma dia lagi, dia lagi. Ya bukan kapasitas aespa juga sik buat ngejelasin si SMCU ini dengan detail karena gue rasa mereka juga nggak tahu apa rencana SM selanjutnya buat SMCU.

Tapi kalau gue mikirnya, kenapa SM membuka SMCU dengan aespa ya supaya exposure aespa lebih gede aja. Biar kesannya nih grup rookie emang patut dilihat karena mereka jadi opening sebuah universe yang akan dibikin sama SM. Jadi memang nggak menutup kemungkinan kalau EXO benar-benar melakukan perjalanan ke KWANGYA sepanjang foto teaser Don’t Fight The Feeling episode 1 ‘Emergency Landing’ ini.

Hanya saja... yah... bukan fans namanya kalau tidak ada drama dan perdebatan yang tidak perlu.

Rupa-rupanya, perjalanan ke KWANGNYA tidak direstui oleh segelintir penggemar karena katanya EXO kan punya planet sendiri. WKWKWKKW. Pantesan setiap kali gue ngetweet soal EXO ke Kwangya, pasti aja ada yang balesin “KE EXO PLANET KALI!”

Iye dah. Elu kan yang nulis skenario. Iye dah. Biar cepet. WKWKKWKWKWKWK

Gue pengin tahu lebih banyak soal SMCU ini dan pengin tahu lanjutannya. Makanya sekarang gue jadi kepikiran banget dan penasaran bagaimana SM bakalan ngejahit semua cerita dari masing-masing artisnya ke dalam SMCU. Posisi mereka ini sebenarnya di mana sih? Bagaimana satu dan yang lain bisa ketemu? Lalu apakah EXO memang melakukan perjalanan ke Kwangya, Serpong, atau ke Cianjur?

Sebelumnya kan udah pernah gue bahas soal jalan cerita dari MV dan konsep comeback ini di posting-an yang terdahulu. EXO bakal melanjutkan cerita dari MV Power dan di sana mereka sempat terpisah dan ternyata melakukan pendaratan darurat di planet-planet yang berbeda. Planet-planet ini kemudian ditampilkan di teaser foto Episode 1: Emergency Landing.

Baekhyun


Jadi judul Emergency Landing ini memang cukup masuk akal kalau melihat ending MV Power di mana Baekhyun terjun bebas tanpa parasut, seperti jatuh dari sebuah pesawat dan kemudian kecebur di permukaan sebuah planet biru dengan air penuh glitter. Kita nggak tahu ini di mana dan barulah dijelaskan di Emergency Landing kalau ternyata Baekhyun mendarat darurat di sebuah planet dengan permukaan penuh bongkahan es. Seperti di antartika tapi versi planet yang berbeda tapi yang pasti ini bukan di bumi. Nggak terlalu banyak petunjuk sebenarnya dari foto-foto teaser Baekhyun buat Emergency Landing ini selain lokasi pendaratannya. Soalnya bagaimana dia bisa ganti baju dari MV Power yang bajunya warna item dan matanya di situ warna biru, jadi pakai baju nuansa oranye-merah dan matanya berubah hitam gini nggak bisa dijelaskan dengan nalar manusia biasa. Satu hal yang harus disyukuri adalah dia masih hidup dan nggak mati membeku. Alhamdulillah. Takbir!

D.O


Lokasi pendaratan D.O di sisi lain terlihat panas membara. Semacem planet yang permukaannya penuh dengan lahar panas, kayaknya planet ini nggak jauh dari “matahari”. Permukaannya agak kasar(?) dengan bongkahan-bongkahan batu besar yang kayaknya terbentuk dari semburan lahar yang terjadi setiap hari. Langitnya oranye-merah mirip-mirip baju yang dipake Baekhyun nih warnanya dan sekali lagi kita patut bersyukur D.O masih bisa bertahan dalam kondisi ekstrem seperti itu. Mungkin kekuatan supernya cukup membantu buat bisa bertahan beberapa lama di sana.

Xiumin


Tempat ini mirip banget sama setting universe-nya aespa. Warna langit dan bebatuan di sekitar lokasi pendaratan Xiumin ini mungkin bisa jadi petunjuk besar buat keterkaitan EXO ke SMCU. Ada cahaya indah macem aurora di langit planet tempat Xiumin mendarat. Semacem ketuker nggak sih sama Baekhyun? Karena di Baekhyun ada es, di sini malah banyak cahaya. Tapi yang pasti lokasi pendaratan darurat Xiumin kelihatan yang paling “aman” meski gersang dan sepertinya tidak ada AlfaMidi kalau-kalau lapar dan ingin beli sari roti.

Kai


Kai selalu kebagian lokasi-lokasi gersang entah kenapa deh. Di MV Obsession juga dia kayak menari-nari di lokasi-lokasi gersang gitu. Tapi Kai seperti sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan jadi jago berkamuflase. Soalnya warna rambutnya sudah mirip sama warna tanah dan debu di planet tempat pendaratan daruratnya. Mungkin itu salah satu triknya untuk bertahan hidup. Di salah satu foto kelihatan kayak Kai lagi bersembunyi dari kejaran seseorang. Mungkinkah itu kejaran si Naevis? Atau kejaran Black Mamba? Kalau dilihat-lihat juga, Kai sama D.O ada foto yang ekspresinya memang sedang kayak was-was gitu. Mungkin mereka memang sedang jadi target seseorang.

Chanyeol


Chanyeol sama Kai kelihatan sepertinya ada di planet yang sama, tapi lokasi pendaratannya berbeda. Dari foto kita bisa ngeliat tekstur planet mereka berdua sama-sama gersang. Kayak beda kutub aja. Ibarat Chanyeol mendaratnya di Tambun sementara Kai mendaratnya agak ke Bekasi Timur dikit. Lokasi Chanyeol masih ada hidup tumbuhan soalnya sementara di Kai kayak totally gersang gitu. Karena mereka kemungkinan ada di planet yang sama, kemungkinan nanti Kai sama Chanyeol yang bakal duluan bertemu. Sama seperti Kai juga, Chanyeol sudah jago berkamuflase dengan menggunakan pakaian yang mirip seperti ilalang.

Sehun


Yang satu ini agak beda nih. Kalau yang lain sepertinya terperangkap di sebuah planet, Sehun seperti terperangkap di dalam sebuah dimensi. Mungkin ketika berusaha buat melakukan pendaratan darurat, Sehun terjebak di black hole yang kemudian membawanya ke sebuah dimensi yang abstrak, alih-alih di planet seperti yang lain. Nggak ada apa-apa di lokasi Sehun berada, hanya kekosongan dan kenangan masa lalu yang hangat di kening dan pahit dikenang.

*deep sigh*

MEMANG ANDA NIATNYA UNTUK MENYAKITI HATI SAYA LEBIH JAUH YA?! @SMTOWNGLOBAL?!?! KENAPA BISA-BISANYA ANDA MEMBUAT FOTO TEASER SEHUN SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA SAYA JADI BAPER DAN TERBAYANG-BAYANG ADEGAN INI TERUS?! MOHON DIJELASKAN AGAR TIDAK TERLALU BERSPEKULASI BERLEBIH.

TRIMS.

*deep sigh*

*kalem*

*istigfar 9999x*

Gue kaget banget asli waktu ngeliat foto teaser Sehun itu karena gue kan nggak update sama teaser fotonya di jam 10 teng WIB. Jadi pas baru pulang liputan gue lihat Instagram dan kok ada Sehun sama bola-bola gini. Gue nggak bisa nggak kepikiran adegan di MV MAMA ketika si cowok karambol dengan kekuatan telekinesisnya menerbangan bola-bola di udara.


Ini sebuah homage buat MV MAMA yang efeknya linu-linu ngilu gimana gitu di hati.

Foto pertama Sehun di teaser Emergency Landing cukup detail juga sih. Ada enam bola (orbs) di sana yang mewakilkan enam member EXO yang hilang (di MV MAMA juga kalo nggak asalah ada 12 orbs hehehe tapi banyak banget tuh yang ilang kesasar di labirin heheheheheh). Gue bilang enam karena orang ketujuh adalah Sehun. Enam itu termasuk (bismillah) Lay. Sehun nggak ditampilin orbs-nya karena ya dia ada di situ.

Lalu kenapa orbs ini warnanya abu-abu/hitam karena lokasi dari pemiliknya enggak terdeteksi. Sama seperti adegan di MV Power (menit ke 3:35) ketika masing-masing member sudah mendapatkan orbs-nya semua member punya warna masing-masing sementara Baekhyun (karena di sepanjang MV dia enggak ada kecuali sampai adegan kucing dan terjun bebas) di situ warna potretnya gelap (abu-abu/hitam di bagian wajah). Agak mirip sama Kai tapi kalo Kai wajahnya enggak gelap, jadi cuma Baekhyun yang lokasinya tidak diketahui.

Meski pada akhirnya di MV itu Baekhyun dapet orbs-nya sih.

Dan sama seperti MV Power juga, mereka mendapatkan kekuatan mereka setelah masing-masing memegang orbs dan kemudian gerhana terjadi (lihat menit 4:25). Di Don’t Fight The Feeling, setelah episode 1 Emergency Landing, teaser berikutnya adalah Eclipse (gerhana). Di sinilah muncul sosok yang bisa jadi akan jadi juru selamat dari semuanya: LAY.

HUHUHUHU AKHIRNYA BANG TOYIBBBBBBBB!!!! BUTUH PESAWAT ULANG ALIK RUPANYA BARU BALIK KAU DARI PERANTAUAN KE KAMPUNG!?!??!?!


Tapi masih enggak tahu bagaimana Lay akhirnya bisa menyelamatkan masyarakat. Apa yang dia lakukan? Bagaimana kemunculannya bisa terjadi? Bagaimana mereka bisa bertemu? Lay bisa jadi orang yang muncul di detik-detik terakhir dan memberikan tumpangan pesawat untuk melanjutkan perjalanan reuni ini ke pemberhentian mereka yang selanjutnya. Karena judul episode 2 adalah One Giant Leap, bisa jadi dari sini mereka akan muncul di Kosmos/Flat/Apapunlah itu namanya dan abis ini mereka ketemu lagi sama X-EXO yang ternyata sudah akrab sama ae-aespa dan menjalin kisah cinta.

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

Di poster jadwal perilisan nggak ada episode 3. Setelah episode 2 adanya EXO-Ship Saga. Apakah ini maksudnya kisah EXO dalam perjalanan mereka menuju planet yang nantinya akan mereka tinggali? Atau maksudnya EXO-Ship Saga ini kita disuruh nge-ship Baekhyun-Chanyeol?

Wallahualambishawab.


(PS: Cerita Baekhyun ngapung di air di ending MV Power sebenarnya dari komik The Eve yang dirilis juga berbarengan dengan album The Power of Music. Tapi tulisan ini dikarang tidak mengikutsertakan cerita di komik yang jujur gue juga nggak ngerti).



Tags:

Share:

0 komentar