Cry For Love Baekhyun yang Bikin Halu


Sejak pertama kali Baekhyun rilis album solo, gue nggak merasa cocok dengan genre musik yang dia nyanyikan. Gue yang selalu berharap Baekhyun rilis album solo dengan lagu-lagu pop-rock atau ballad dikasih lagu yang berat banget R&B gitu jadi pusing. Memang sih gue nggak bilang gue nggak suka genre R&B karena kayaknya cukup banyak lagu di genre ini yang bisa gue nikmati. Beberapa tahun belakangan misalnya gue suka banget sama lagu No Scrubs-nya TLC. Gue nggak yakin ada yang tahu lagu ini sekarang karena ini lagu tua banget sik.

Kebanyakan lagu R&B yang dirilis di tahun 2000-an bisa gue nikmati tapi yang sekarang-sekarang ini mood-nya kayak nggak ke situ. Jadilah gue nggak bisa banget menikmati satu album solo pertama Baekhyun yang mana sangat disayangkan mengingat dia adalah bias utama gue di EXO.

Ketika dia rilis Candy, gue kembali mencoba peruntungan gue dengan mendengarkan album itu. Dan lagi-lagi, gue merasa asing banget sama lagu-lagu yang ada di sana. Di situlah gue merasa bahwa mungkin memang lagu-lagu Baekhyun di album solonya nggak diciptakan buat gue. Walaupun gue sesuka itu sama Baekhyun, tapi untuk dua album solonya ini gue nggak bisa menikmati lagu-lagunya. Akhirnya itu dua album gue sekip abis-abisan.

UN Village mungkin jadi satu-satunya lagu R&B Baekhyun yang masih bisa gue toleransi. Itu karena gue lihat performance live-nya di konser ExplOration dan lagu itu bener-bener melengkapi setlist yang sempurna banget di konser. Dan karena gue lihat live-nya dua kali jadi oke gue bisa memberikan toleransi pada lagu ini tapi cuma di konser aja. Ini bukan lagu yang akan gue dengarkan setiap hari atau di saat senggang atau dalam sesi mendengarkan musik di kosan. Mungkin untuk saat ini, ini bisa berubah kapan aja.

Waktu IU nge-cover lagu ini gue juga jadi kayak mulai bisa menikmatinya. Tapi yaudah sampai di situ aja.

Di sisi lain lagu-lagu Baekhyun di luar album solo, kayak soundtrack buat drama gitu gue suka banget. Gue sempat berpikir yaudahlah mungkin memang gue nggak “jodoh” sama Baekhyun dalam hal lagu-lagu solo dia di album.

Sampai akhirnya Bambi keluar.

Sudah bisa ditebak gue nggak akan suka Bambi. Waktu album ini rilis gue nggak mau memberikan judgement sebelum benar-benar mendengarkan semua lagu di albumnya. Tapi setelah gue dengerin, beneran lho nggak ada satu lagu pun yang langsung nyangkut di kepala gue. Not even Bambi. Sampai akhirnya kita tiba di track terakhir di album itu...

Cry For Love.

Ada sedikit cerita lucu sebenarnya soal lagu ini. WKWKWKWK GAK DENG INI LUCU BUAT GUE DOANG KALI AH.

Jadi kan sebelum albumnya dirilis, Baekhyun sempat ngasih bocoran judul-judul lagu di Instagram. Salah satu yang dikasih bocoran adalah Cry For Love. Lalu ketika tracklist albumnya dirilis, confirmed itu jadi salah satu lagu dalam album Bambi. Gue merasa judul ini sangat familier karena gue tahu ada anak SM juga yang punya lagu yang sama. Atau ada lagu anak SM yang liriknya kayak gitu juga.

Cry for Love...

Secara mengejutkan WOW TERNYATA TAEYEON!


KWKWKWKWKWKWKWKKWKW Jadi ada satu lagu Taeyeon di album My Voice yang judulnya Sweet Love, lirik lagunya mencantumkan kalimat “Crying for love...” dan itulah yang jadi pemantik gue sebenarnya. Pemantik bahwa sebenarnya SM masih nge-ship mereka. AHAHAHAHAHHAHAHAHAHA gak deng.

Jadi setelah cocoklogi ini, gue kayak sedikit merasa punya harapan gue akan suka sama lagu itu. Walaupun gue nggak pernah berekspektasi apapun sama lagunya karena sekali lagi gue nggak pernah beruntung dengan UN Village dan Bambi. Tapi lalu setelah albumnya dirilis dan gue dengarkan lagunya, wow...

WOWWWWWW!!!!

KENAPA SIH MEREKA NGGAK MENJADIKAN LAGU INI TITLE TRACK-NYA?!

Menurut gue Cry For Love di album Bambi-nya Baekhyun ini paling beda dari yang lain. Nggak cuma dari lagu-lagu di albumnya sih, kayaknya dari semua lagu-lagu di album solo Baekhyun sejauh ini. Ditempatkan di track terakhir, Cry For Love ini jadi sebuah lagu yang bener-bener melengkapi dan mengubah semua kesan “gue nggak ngerti sama lagu-lagu lo Baek” dalam kepala gue. Selama ini gue yang selalu skeptis soal apakah gue bisa suka sama album Baekhyun atau tidak akhirnya bisa berubah karena lagu ini.

Apakah ini sebuah berkat dari cocoklogi Baekhyun-Taeyeon di atas?


Dua lagu ini memang punya cerita yang berbeda. Tapi anehnya berhubungan. Cocokloginya nggak cuma dari judul Cry For Love dan kutipan lirik “Crying for love...” yang ada di dua lagu itu. Tapi secara cerita dari lagunya yang bertolak belakang pun terasa sangat berhubungan.

Jadi Sweet Love-nya Taeyeon ini bercerita tentang dua orang yang sedang jatuh cinta. Tentang pasangan yang lagi dimabuk asmara banget dan saling membutuhkan satu sama lain. Bagaimana mereka saling melengkapi juga satu sama lain. Pokoknya lagu Sweet Love-nya Taeyeon ini tipe-tipe lagu yang dinyanyikan oleh orang yang lagi jatuh cinta, di tahap-tahap awal hubungan percintaan mereka. Saat semua terasa manis, semua terasa seperti membahagiakan.

Verse 1 lirik lagunya kayak gini:


Crying for love, if we can grow as deep

As the amount of tears we shed

We would swim in a blue ocean

And be each other’s lights

As we leave in each other’s warm embrace

I’m in love


Lalu masuk ke chorus:


I’ll take you high (take you higher)

So we can fly (so we can flyer)

Days I spent without you, alone

I don’t even remember them babe

Higher, we pulled on each other

I learn what love is every day

I’m drunk with this sweetness, give me your

Sweet sweet love lovin

So sweet sweet love


Tentu saja dalam sebuah kisah cinta akan ada naik turun, akan ada konflik, akan ada ketidakstabilan, akan ada kata putus dan akhirnya cerita cinta itu berakhir. Dan entah gimana ceritanya, akhir dari cerita cinta itu dinyanyikan di lagu Cry For Love-nya Baekhyun.



Verse 1 lirik lagunya kayak gini:


This boring story is over

I didn't know I was the only one holding onto it

I kept looking back at you and me in that story

What's driving me crazy is that you act like nothing happened


Lalu masuk ke chorus & post-chorus:


You made me feel so high, babe

Then crashed me to the ground, babe

I'm not good at love

I fall in love so easily, babe

Every time that I cry

My tears don't ever dry

Lingering days and nights pass

I didn't know you as much as I thought

But I fell too deeply for you

Was it really love, baby?


Lucu aja gitu bagaimana dua lagu yang dirilis oleh dua artis yang berbeda di tahun yang berbeda, tapi pernah punya sejarah satu sama lain, bisa kebetulan berhubungan kayak gini. Sebuah cocoklogi yang memang berniat untuk membuat percikan jiwa-jiwa shipper gue. Meski kali ini mungkin gue sudah harus mengikhaskan kalau-kalau cerita ini memang sudah berakhir.

Dari kutipan lirik lagu di atas yang bikin gue kayak AAAAAAAAAAAAAAKKKKKK YA ALLAH DEMI APA adalah bagian yang:

Taeyeon: I’ll take you high (take you higher).. So we can fly (so we can flyer)

Lalu

Baekhyun: You made me feel so high, babe... Then crashed me to the ground, babe

Gue yang kayak... KOK BISA........... ;;;...;;;

Semakin dibaca dua lirik lagu itu semakin kayak ngeliat dua orang yang emang udah nggak cocok lagi. Gimana Taeyeon di lagu Sweet Love menyanyikan kebahagiaan cinta-cinta di awal pertemuan yang bener-bener menunjukkan kalau dua pasangan yang jadi subjek di lagu itu sangat membutuhkan satu sama lain; lalu gimana Baekhyun merasa bahwa selama ini kisah cintanya membosankan dan dia berjuang sendiri sementara orang lain dalam cerita itu udah nggak peduli lagi dan yaudah kayak nggak ada apa-apa di antara mereka gitu.

Cuma sekutip lirik aja gue heboh banget deh pas gue sadar ini. Kayak... YA ALLAH BENERAN NIH BERARTI UDAH KELAR SHIPPING-SHIPPING INI?! UDAHAN NIH KAPALNYA SEGITU AJA?! APAKAH INI WAKTUNYA BUAT BERGABUNG DENGAN CHANBAEK SHIPPER?!

Sampai Baekhyun keluar dari wamil dan gue dapat lagu baru tentang cinta lagi, sampai Taeyeon rilis lagu baru yang bisa dicocoklogiin lagi, gue rupanya harus bersabar.

Mungkin ini cuma break sebentar ya. Karena gue mau kapal ini tetap berlayar. Meski gue halu.

Gajelas banget emang. Ya tapi gak apa-apa, namanya juga netizen. Kalau ChanBaek boleh jadi materi halu masyarakat, masa BaekYeon nggak boleh.



Share:

0 komentar