Giveaway Paling Susah? Curhatan Soal Giveaway [Part 2]

Ini bukan pertama kalinya gue bikin Giveaway atau kuis di Twitter. Faktanya, ini adalah gievaway ke-22 yang gue adakan sejak pertama kali terpikir untuk meramaikan akun @ronzzykevin di Twitter dengan hadiah-hadiah lucu bernuansa KPop. Giveaway pertama gue adalah tahun 2012, bertepatan dengan debut EXO.

Awal pekan ini, gue kembali mengadakan giveaway sambil merayakan perilisan album terbaru EXO. Seperti halnya yang gue lakukan ketika ‘XOXO’ dirilis tahun 2013 lalu, gue juga membagi-bagikan dua album ‘EXODUS’ kali ini. Bedanya, di giveaway ini gue mengambil sebuah keputusan yang berisiko.

Bukan... bukan keputusan untuk ngejorokin Tao ke rawa-rawa lagi. Itu memang berisiko tapi sepertinya Tao sudah lelah. Tapi keputusan berisiko lainnya.
*


Kita sama-sama tahu, ada berbagai jenis giveaway yang diadakan di Twitter. Ada yang harus follow A, follow B, ngetweet sampai seribu kali bahkan lebih dan sebagainya. Tapi buat gue pribadi, cara-cara ini sudah kuno. Sok banget ya kesannya, tapi gue pikir alangkah menyenangkannya kalau giveaway-nya dibuat dengan konsep yang berbeda.
Masalahnya sekarang, menggunakan yang berbeda pasti merepotkan.

Gue bisa aja ngasih CD ‘EXODUS’ buat orang yang nge-tweet 10 ribu kali ke 10 ribu akun yang berbeda untuk mem-follow akun gue. Tapi di saat yang sama gue merasa munafik karena gue sangat tidak suka spamming seperti itu masuk ke tab mention gue.

Iya ini sok banget memang. Tapi jujur aja gue emang enggak suka. Nggak bisa mengurai alasannya. Nggak suka aja.

Makanya demi kebaikan bersama gue selalu menghindari cara ini dan memikirkan cara lain. Beberapa yang sudah gue lakukan seperti Scramble Words, Teka Teki Sinting (gue lupa nama persisnya apa), Cari Perbedaan Gambar, Cari Jalan Keluar dari Maze, dan yang terakhir ini pake Kode-kode ala @PathcodeEXO.

Inspirasi ini datang secara random ketika gue sedang merenung sendiri, menatap laptop kantor yang superlemot karena laptop gue waktu itu masih diservis, memikirkan konsep giveaway apa yang tidak sama dengan yang sebelumnya. Sempat kepikiran buat Scramble Words lagi tapi pasti membosankan.

Dan karena momennya memang mau bagi-bagi CD ‘EXODUS’, yaudah kenapa nggak ditiru aja konsep @PathcodeEXO yang kemaren?

Buru-buru gue ganti akun @kaoskakibau_ jadi @PathcodeRON dan beruntung akun itu belum ada yang menggunakan. Dan mulai dari itu juga gue langsung memikirkan kode-kode apa yang akan gue berikan kepada orang-orang yang mau ikut kuis ini.

Setiap kali membuat soal yang selalu jadi pikiran gue adalah “apakah ini bisa diselesaikan dengan cepat atau justru merepotkan?”

Gak usah bohong, gue tahu orang-orang nggak suka repot. Hidup ini udah repot kan. Mereka yang mau dapet CD gratisan pasti pengen menang dengan cara yang segampang mungkin. Salah satu cara tergampang adalah nge-tweet sampai sejuta kali. Tapi karena CD yang gue bagikan ini dibeli dengan uang yang gue hasilkan dari kerja sebulan, jerih payah menguras energi dan tenaga, nyangkul di sawah, gue nggak mau itu jadi cuma sekedar-sekedar.

Gue mau bikin orang jadi repot. Jadi ada usaha untuk mendapatkannya. Jadi keliatan mana yang emang niat ikutan sama yang enggak. Jadi secara natural juga akan tersaring orang-orang yang berhak mendapatkan CD-nya karena niat dan sedikit unggul karena bisa menebak dengan benar teka-teki bodoh yang gue berikan.

Hihihihihihi

Sambil memikirkan clue-clue apa saja yang akan gue tweet di giveaway ke-22 ini, gue juga memikirkan pertanyaan apa yang kira-kira harus dijawab setelah clue itu dilempar nanti. Apa tujuan dari clue-clue itu. Apakah hanya sekedar tweet saja dan tidak ada makna atau justru berguna dalam menuju titik akhir giveaway ini.

Gue memilih opsi kedua.

Well... walaupun nggak benar-benar berguna sih....

Kayaknya...

Kalau dibilang giveaway ini sangat dipersiapkan sebenarnya enggak. Karena keputusan untuk menggunakan @PathcodeRON sendiri muncul secara spontan dan dadakan. Ide brilian kan kadang datang secara tidak diduga-duga. Buktinya Einstein lagi duduk random di bawah pohon Apel ketika menemukan sebuah teori.

Bodoh. Itu bukan Einstein. Itu Isaac Newton.

Buru-buru juga waktu itu gue mencari clue pertama yang gue berikan. Sampai akhirnya gue inget salah satu poin yang batal gue masukin ke review teaser beberapa waktu lalu.

Gue menamukan fakta bahwa ada banyak teaser video EXODUS menampilkan jam sebagai penunjuk waktu. Gue pikir awalnya semua teaser ada menampilkan jam gitu kan, udah semangat mau masukin ke poin review. Tapi ternyata jam ini enggak ada di semua teaser. Akhirnya gue hapus itu dari review. Tapi ternyata itu justru jadi inspirasi untuk kode-kode giveaway ini.

Gue sengaja tidak mengumumkan kapan giveaway ke-22 akan dilakukan for the sake of making it really mysterious. Gue pun membuat tiga kode pertama sebagai clue hari dan tanggal giveaway. Terinspirasi dari teaser Sehun, Kai dan juga Chen.

Kode pertama yang gue kasih adalah

00:20 #OSH #kkb22ndGA

Secara sederhana ini berarti di detik 00:20 di teaser Sehun (#OSH = Oh Sehun) ada penampakan jam raksasa di Edinburgh. Tapi secara maksud dan tujuan tweet ini ditulis adalah bahwa giveaway akan dimulai tanggal 20 April. Dan gue sama sekali enggak tahu kalau Sehun itu ulang tahunnya bulan April--ya gue bukan penghapal tanggal lahir orang yang secara tidak personal gue kenal dengan baik--tapi memang gue sudah mengumumkan kalau giveaway-nya akan dilakukan bulan April. Secara tidak sengaja clue ini nyambung.

Kode kedua yang gue kasih adalah:

00:21 #London

Di teaser Kai yang berlokasi di London di detik 00:21, ada penampakan jam juga di sana (yang lagi-lagi gue gunakan sebagai petunjuk bahwa clue ini adalah clue untuk waktu dan tanggal giveaway). Sementara itu jika dihubungkan dengan clue sebelumnya yang ada angka 20 maka clue ini berarti giveaway akan diadakan sampai tanggal 21 April. Sesimpel itu.

Kode ketiga yang gue kasih adalah:

Almaty. #KJD

Almaty adalah lokasi teaser Chen (#KJD) dan lagi-lagi ini berhubungan dengan jam. Memang tidak ada jam yang tampil di teaser itu, tetapi kalau lo mendengarkan dengan baik adegan ketika Chen naik tangga ke menara tinggi itu, ada delapan kali dentingan lonceng jam kalau gue nggak salah hitung. Kalau gue salah maka berilah maaf itu padaku. Yang penting nyambung lah lonceng sama jam-nya meski nggak persis delapan kali. Tapi karena gue mendengarnya delapan dentingan, dari sinilah kemudian gue terinspirasi untuk membuat giveaway ini dimulai jam 8 malam di tanggal 20 April sampai jam 8 malam di tanggal 21 April.

Dari kode mengenai tanggal dan waktu giveaway gue berpindah ke kode utama. Tapi sebelum itu gue berpikir keras lagi, tujuan digunakannya kode ini tuh sebenarnya apa nantinya?

Gue malam itu sedang men-download beberapa program komputer sih sebenarnya sambilan mikir dan kemudian menemukan sebuah file .rar yang dikasi password.

AHA!

Dari situlah ide untuk membuat sebuah file yang tersembunyi di balik file .rar yang isinya petunjuk giveaway yang sebenarnya, dan hanya bisa dibuka dengan sebuah password sebagai kunci. Password ini hanya bisa didapatkan dari kode-kode yang nantinya dikasih di Twitter. Pada akhirnya kode-kode ini akan berguna.

Mulailah gue memikirkan kode-kode apa yang akan gue kasih, merujuk ke siapa dan seperti apa.

Gue jujur aja sama kayak sebagian orang di dunia ini, enggak suka yang ribet-ribet. Ketika menyuruh diri sendiri memikirkan password, yang pertama kali muncul di kepala adalah bias gue: Baekhyun dan Suho.

Tapi kalo misalnya hanya Baekhyun dan Suho kok kayaknya gampang ketebak ya? YA IYALAH ORANG SAYA SPAZZING-NYA ITU TERUS. Nah jadi abis itu gue kepikiran untuk mencantumkan angka di belakang dua nama itu dan yang pertama kali kepikiran ada 2015.

Sesimpel itu.

Lalu apa hubungannya Baekhyun, Suho dan 2015 di kode-kode yang gue kasih? Oke ini penjelasan bodohnya:

#passwordclue #kkb22ndGA 오이! 오이! 오이!

Clue ini kalau dibaca kayak ‘Oi! Oi! Oi!’ tapi ini bukan merujuk ke JKT48. ‘Oi’ berarti mentimun dalam Bahasa Korea dan ada satu member EXO yang nggak suka mentimun dan itu Baekhyun.

#passwordclue #kkb22ndGA ❄❄❄❄❄⛄

‘Gom’ berarti beruang dalam Bahasa Korea dan emotikon kristal es dan beruang salju merujuk pada suatu tempat yang dingin. Ada banyak tempat dingin di dunia ini. Cimahi mungkin bisa jadi salah satunya yang pernah gue datangi. Tapi yang paling dingin sepertinya ada di wilayah kutub. Beruang Kutub. Kutub – Pole – Polar – Polar Light – Baekhyun.

Kalau masih ada yang mempertanyakan ada hubungan apa Polar Light dan Baekhyun, silakan ke rawa-rawa sebelah bersama Tao. Salamin sama Tao juga semoga cepat sembuh kakinya.

#passwordclue #kkb22ndGA 💃💃💃💃💃💃💃💃 On/Off

Emotikon nge-dance di clue ini ya menjelaskan soal nge-dance. Sementara On/Off itu merujuk kepada stop-kontak. Siapa di EXO yang nge-dance sambil mainin stop kontak? Baekhyun.

Oke tiga clue sudah kelar dan tiga clue pertama itu adalah tentang Baekhyun. Kenapa gue kemudian tidak mencampuradukkan clue-clue ini ke jawaban yang berbeda-beda (misal clue 1 Baekhyun, clue 2 Suho) hanya karena gue tidak mau membuat keribetan yang lebih jauh lagi.

Lanjut ke clue berikutnya soal Suho.

#passwordclue #kkb22ndGA Yuz. #debutReview http://ow.ly/i/antlT

‘Cheon’ berarti ‘1000’ dalam Bahasa Korea dan ‘Yuz’ berarti ‘Wajah’ dalam Bahasa Uzbekistan. Kenapa Uzbekistan? Karena gue pikir ini deket dari Kazakhstan, lokasi teaser Chen. Lalu ada salah satu Masjid terkenal di Uzbek yang gue unggah untuk memperjelas Bahasa yang gue gunakan di clue ini. Lalu apa hubungan 1000 Wajah dengan Suho? Di situlah gue kasi petunjuk #DebutReview. Ketika EXO debut dulu, gue menyebut Suho sebagai manusia 1000 wajah hanya karena mukanya berubah-ubah di setiap kali gue ngeliatnya.

Oke ini personal sih. LOL

#passwordclue #kkb22ndGA 120415 #ig_MK

12 April 2015 (bukan 15 April 2012—karena gue menggunakan penanggalan Indonesia bukan penanggalan fansite(?)). #ig_MK berarti Instagram_MirandaKerr. Clue ini mengarah kepada postingan Sehun di Instagram pada 12 April 2015. Dalam foto yang diunggahnya ada Suho lagi pamer perut berototnya yang membuat kepalanya terlihat sangat kecil. Kasian. Kenapa gue tidak menyebutkan nama Sehun langsung? Ya supaya agak susah sedikit. MK sendiri kan sudah identik dengan Sehun di EXO.

#passwordclue #kkb22ndGA Musta💳👴👍

Musta berarti Hitam dalam bahasa Finlandia. Emotikon 💳 dan ‘Musta’ berarti ‘Black Card’. Emotikon kakek berarti ‘Grandpa’ dan emotikon jempol berarti ‘We Are One’. Ini semua merujuk kepada Suho.

Kita lanjut ke tiga clue terakhir yang merujuk ke angka 2015:

#passwordclue #kkb22ndGA Colorado. Mersaille. Berlin. http://ow.ly/3xK0ae

Colorado. Mersaille. Berlin. C. M. B. ‘Call Me Baby’ diikuti dengan link review kaoskakibau. Apa hubungannya ini sama angka 2015? Ya karena lagu ini dirilis di tahun 2015.

#passwordclue #kkb22ndGA OT10 📆

2015 merupakan kali pertama EXO merilis album sebagai grup dengan 10 member (OT10). Emotikon kalender adalah untuk memberikan penjelasan bahwa angka yang harus ditebak ini tuh angka tahun yang ada dalam kalender.


#passwordclue #kkb22ndGA #lastclue Empat Kata. Empat Angka.

Banyak yang menyangka Empat Kata Empat Angka ini adalah keseluruhan clue yang akan dijadikan password. Padahal clue ini masih bagian dari 2015 juga. Dua Ribu Lima Belas (Empat Kata), 2.0.1.5 (Empat Angka).


Jika disatukan, maka keseluruhan clue-nya menjadi baekhyunsuho2015.

NAH! SEGAMPANG ITU KAN NGGAK ADA YANG RIBET KAAAN?! HAHAHAHAHAHAHAH

Makanya karena gue merasa clue demi clue ini sudah sangat ribet, akhirnya gue memutuskan untuk tidak membuat pertanyaan sama sekali untuk kuisnya. Ketika lo membuka file .rar yang gue kasih dan menemukan file .rtf di dalamnya, maka akan ada sebuah petunjuk pengerjaan giveaway ini yang berisi sebagai berikut:

Selamat! Kamu sudah berhasil memecahkan Password dari kode-kode yang diberikan oleh @PathcodeRON. Sekarang saatnya kamu duduk manis dan buka kaoskakibau.com. Tinggalkan SATU (HANYA SATU) komentar di SALAH SATU (HANYA BOLEH DI SATU) postingan ini:

Review MV 'Call Me Baby': http://www.kaoskakibau.com/…/EXO-CALL-ME-BABY-MV-REVIEW.html

‪#‎KAI http://www.kaoskakibau.com/2015/03/EXODUS-PART1-KAI.html

‪#‎TAO http://www.kaoskakibau.com/2015/03/EXODUS-PART2-TAO.html

‪#‎CHANYEOL http://www.kaoskakibau.com/2015/…/EXODUS-PART3-CHANYEOL.html

‪#‎XIUMIN http://www.kaoskakibau.com/2015/03/EXODUS-PART4-XIUMIN.html

‪#‎SEHUN http://www.kaoskakibau.com/2015/03/EXODUS-PART5-SEHUN.html

‪#‎SUHO http://www.kaoskakibau.com/2015/03/EXODUS-PART6-SUHO.html

‪#‎CHEN http://www.kaoskakibau.com/2015/03/EXODUS-PART7-CHEN.html

‪#‎BAEKHYUN http://www.kaoskakibau.com/2015/…/EXODUS-PART8-BAEKHYUN.html

‪#‎LAY http://www.kaoskakibau.com/2015/03/EXODUS-PART9-LAY.html

‪#‎DO http://www.kaoskakibau.com/2015/04/EXODUS-PART10-DO.html

Yang perlu kamu perhatikan adalah:

1. Komentar-nya harus 25 kata. Kenapa 25? Karena sebentar lagi Suho akan memasuki usia 25 tahun (enggak deh ini sotoy). Pokoknya harus 25 kata.

Kalau sebelumnya kalian sudah pernah menulis komentar di salah satu postingan itu, atau mungkin di semuanya, nggak apa-apa. Cuekin aja nanti itu biar gue yang urus. (apa)

2. Tidak perlu meninggalkan email/akun Twitter karena di Disqus itu email yang kalian gunakan untuk meninggalkan komentar akan langsung terdeteksi dan dikirim ke email saya.

3. Komentar bebas asal tidak mengandung SARA. Mau lucu-lucuan boleh. Silakan kreatif!

4. Tidak banyak yang bisa membaca tulisan peraturan giveaway ini jadi kalau kalian sudah sampai di sini berarti kalian kece. Untuk memperbesar kesempatan menang, jangan bocorkan apapun soal clue, password dan apapun. HAHAHAHAAHAH

5. Setelah kalian menuliskan komentar, kirim email ke kaoskakibau.giveaway@gmail.com dengan format:

- Nama Lengkap

- Alamat Lengkap + Nomor Handphone yang bisa dihubungi

- Pilihan Hadiah EXODUS Korea/Mandarin (hanya ada 1 cover Baekhyun Korea dan 1 cover Sehun Mandarin--sesuai vote terbanyak yang dilakukan beberapa waktu lalu)

- Screenshot komentar kalian di Disqus.

6. Komentar kalian akan VALID dan dimasukkan ke list undian JIKA komentar ditulis pada tanggal 20 April 2015 mulai pukul 20:00 WIB sampai 21 April 2015 pukul 20:00 WIB.

7. Jangan lupa kalo berkenan tweet ke @ronzzykevin & @PathcodeRON:

"KODE TERPECAHKAN! #kkb22ndGA #exodus"

Biar rame aja. Jadi gue juga tahu elo orang-orang beruntung yang bisa jawab Clue yang gue bikin hehehehehehe

8. Its all about luck. So, good luck!

Tadinya gue mau bikin pertanyaan yang susah juga tapi rasanya kok mempersulit banget ya soalnya clue-nya aja masih banyak yang bingung, gue yakin, walaupun sebenarnya simpel (HAHAHAHAHA). Akhirnya ya cuma gitu, komentar di blog dan di capture. Sesimpel itu.

Dan walaupun sesimpel itu, yang bisa menjawab password-nya hanya 49 orang. Satu orang harus gugur karena mengirimkan komentar lewat dari jam 8 malem di tanggal 21 April ini. Jadi total peserta giveaway ke-22 kaoskakibau ini hanya 48 orang.

Jumlah ini sangat memprihatinkan karena sebelumnya gue pernah bikin kuis yang pesertanya sampe 600-700an orang. Mencengangkan juga sih melihat hanya 49 orang yang bisa mengikuti jalan pikiran gue. Ternyata gue anaknya se-absurd itu. Setidakjelas itu. Sebegitu membingungkannya. Pantesan gue nggak punya banyak temen ya. Ah tapi gue nggak sendiri. Ada 49 orang yang lain yang juga punya jalan pikiran sama kayak gue.

#mendadakngejudge

Lewat postingan ini gue mau berterimakasih buat 49 orang yang sudah berhasil menebak dengan benar password absrud yang gue berikan. Tidak Cuma 49 orang itu tentu saja tetapi semua followers gue di @ronzzykevin dan @PathcodeRON yang sudah berusaha mengerjakan giveaway ini tapi tidak berhasil menemukan password-nya.

Bukan karena kalian nggak mampu, tapi karena kalian tidak absurd. Dan bersyukurlah karena kalian normal.

HAHAHAHAHAHAAHAHAHHAHAHAHAHA

Gue juga mau minta maaf atas segala kekurangan dari giveaway kali ini. Gue tahu ini adalah yang paling susah dari yang pernah gue bikin sebelumnya. Tapi sekali lagi, effort-nya setimpal. Gue juga bisa mengikhaskan CD seharga Rp 220 ribu itu buat pemenangnya karena kerja kerasnya berasa. Ketimbang gue ngasih hanya berdasarkan siapa yang nge-tweet paling banyak.

#perhitungan #gak #deh

Intinya adalah bahwa kalo lo mau, kalo lo niat, kalo lo berusaha, lo akan dapet. Tapi tentu saja ada satu faktor lagi yang paling penting: keberuntungan.

Orang yang niat meskipun sudah berusaha keras dia bisa saja tidak mendapatkan apa yang dia mau kalau dia tidak beruntung.

Tetapi ingat juga, bukan berarti lo nggak dapet 1 CD EXO berarti lo sial. Keberuntungan lo akan digantikan dengan hal lain. Tuhan memberikan apa yang hambanya butuh, bukan apa yang hambanya pengen.

So, have a good luck for 48 saram which berhasil send email to nae ya! Tunggu pengumumannya segera!

Baca Curhatan Giveaway Part 1
*

Share:

13 komentar