Throwback Tuesday: Tatap Muka dengan NIKI Zefanya [Part 3 - Habis]


Ini adalah bagian terakhir dari wawancara gue dengan NIKI Zefanya. Di bagian ini, NIKI menceritakan bagaimana dia ingin menampilkan sisi kejujuran diri ke dalam musiknya. Enjoy, guys!

#PART 3

"I'm a very real person."

Dalam sesi interview dengan NIKI, penyanyi asal Indonesia yang kini bernaung di bawah label Amerika Serikat 88rising yang juga membawahi Rich Brian, kalimat itu selalu digarisbawahi olehnya. Penyanyi perempuan berusia 20 tahun tersebut tampak yakin bahwa lewat musik yang digubahnya dengan elemen-elemen personal yang datang dari pengalaman hidupnya, NIKI bisa menggaet pendengar dari kalangan anak-anak muda yang akan merasa related dengan lirik yang dia tulis.

Jujur dalam bermusik bisa dibilang adalah visi dari seorang NIKI. "I always say this, tapi don't try to be something that you're not or somebody that you're not!" katanya ketika ditemui di kantor Warner Music Indonesia di kawasan Jakarta Pusat belum lama ini.

Sejak awal serius berkarier di jalur musik, di industri hiburan yang menjadi kiblat dunia, NIKI selalu berusaha jadi dirinya sendiri. Menurutnya, itulah yang membuat orang-orang pada akhirnya menyukai sosoknya. Lebih dari itu menyukai musiknya.

"Selama aku berkarier, aku sudah try my best to be sejujur-jujurnya as I can. Dan kurasa, fans bisa bener-bener melihat itu. Ujung-ujungnya, aku bisa nge-attract fans yang sehati sama aku. Fans yang punya pemikiran sama. Ketika mereka melihatku, mereka akan berpikir kalau aku juga sama dengan mereka, aku juga manusia biasa seperti mereka. Itu juga jadi salah satu tujuanku di industri ini. Aku ingin ketika orang melihatku, mereka akan ingat untuk tetap jadi diri sendiri, to be real an honest all the time,"  katanya.


Ada satu sosok penting di industri musik Amerika yang berperan besar dalam membentuk pola pikir NIKI tersebut. Suatu hari, menurut ceritanya dalam sesi wawancara yang sama, dia pernah secara tidak sengaja bertemu dengan Randy Jackson. Siapa yang tak kenal Randy Jackson? Seorang penyanyi dan produser musik yang pernah jadi juri American Idol juga. Yang membuat NIKI amazed adalah bahwa Randy Jackson tahu siapa NIKI.

"Aku nggak sengaja bertemu Randy Jackson dan yang lebih gilanya lagi, dia tahu aku. Dia bener-bener suka aku. Bener-bener dia tuh kayak yang, 'Dude, I believe in you!'," cerita NIKI. Yang membuat momen tersebut tidak terlupakan menurut NIKI adalah nasihat yang diberikan oleh Randy kepadanya. Nasihat yang akhirnya melekat dan sedikit banyak mengubah cara berpikirnya, memperkuat rasa percaya dirinya, dan membentuk NIKI yang sekarang.

"Yang bener-bener aku take way adalah advice dia yang bilang, 'Dude, what you're doing, like keep doing it. Be yourself.' Dia juga bilang kalau dia nggak pernah menemukan kasus kayak aku ini sepanjang karier dia di industri musik," lanjut NIKI. 

Pesan terakhir dari Randy Jakcson kepadanya semakin menekankan bahwa dia harus tetap berada di jalur yang sudah dia jalani sekarang ini: menjadi musisi yang jujur dan selalu berusaha to keep it real and personal.

"Dia bilang ke aku, 'di saat kamu mencoba untuk jadi sesuatu yang bukan kamu, itulah saat kamu akan gagal. Di saat kamu mencoba untuk jadi orang lain, di saat itu juga kamu akan gagal'. Sejak itu, aku bener-bener nggak lagi mikirin kayak apakah aku sudah ada di level Kehlani atau siapa. Sejak ketemu Randy Jackson, aku buang pikiran itu. Sekarang aku benar-benar ingin menciptakan musik yang menginspirasiku dan membuatku merasa bahwa ini adalah benar-benar yang sedang aku rasakan. Aku akan fokus ke situ,"  katanya yakin.


Share:

0 komentar