5 Lagu IU Ini Pernah Menenangkan Masa-masa Susah Tidur Gue


Ada satu posting-an di blog ini beberapa bulan lalu yang menceritakan betapa gue mengalami insomnia yang... nyebelin. Meski secepat apapun gue tidur di kasur, terlelapnya bisa lama banget. Bahkan pernah di satu masa gue baru bisa tidur setelah lepas jam 5 pagi. Padahal itu tidurnya udah dari jam 12 malam. YA KAN NYEBELIN!!!!

Ada yang bilang untuk bikin gampang tidur bisa dengan mendengarkan lagu-lagu yang selow. IU, my love from the star (gak deng), juga punya pemikiran yang sama soal lagu selow. Dia bikin lagu selow buat ngebantu orang yang susah tidur. Ya mungkin nggak 100% begitu sih tapi dia pernah bilang di konser Love Poem di beberapa kota, di Jakarta juga waktu itu, IU bilang "Sebuah kehormatan yang besar kalau kalian bisa tidur pas dengerin lagu ini,"

Pas itu gue yakin dia bercanda sih tapi mungkin tulus itu bercandaannya. Pas di Tennis Indoor Senayan selama dua hari di 28 dan 29 Desember 2019, dia membolehkan Jak-Aena buat tidur waktu mendengarkan lagu yang dia bawakan. Ya tapi nggak mungkin dong kita semua tidur gitu kan pas dia nyanyi. I MEAN, SAYANG AMAT DUIT TAPI MALAH TIDUR DI KONSER WKWKKWKWKWKWKW. Ya tapi memang suara dia tuh sebagus itu sih. Somehow malah menenangkan jadi emang bikin rileks dan gak heran kalau bikin tidur.

Nah, makanya ini ada beberapa lagu IU yang gue rekomendasikan ke lo, kalau misalnya sekarang lo lagi ngerasa susah tidur. Kali aja membantu, ya kan.

Knee


Ini adalah salah satu lagu yang akan langsung muncul di kepala gue kalau udah nyentuh bantal di kasur sih. Track di album CHAT-SHIRE ini kan memang dibuat IU buat meringankan beban susah tidur mereka-mereka yang ada di luaran sana termasuk mungkin gue. Liriknya juga menggambarkan kondisi seseorang yang sedang terjaga di malam hari.

"Apakah aku sedang menunggu seseorang? Atau apakah ada sesuatu yang harus aku lakukan?"

"Jangan bangunkan aku, aku akan tidur nyenyak..."


Ya tapi sebenarnya lo nggak perlu juga sih sampe mengerti liriknya. Karena melodi piano dalam lagunya sendiri sudah selow dan bikin nangis kadang-kadang juga bikin kepala ringan dan kalau beruntung lo bisa tidur pulas.

Bad Day


Gue suka bagaimana IU yang terkenal karena Good Day kemudian merilis lagu kebalikannya: Bad Day. Karena, hey, tentu saja nggak semua hari itu hari yang baik. Gausah munafik deh, pasti ada hari di mana lo merasa semua sangat menyebalkan. Bad Day muncul sebagai sebuah perayaan akan hal itu. Bahwa ya, hari ini memang buruk, dan yaudah nggak apa-apa. Mari kita rayakan bersama.

Di lirik lagunya, IU memberikan gambaran bahwa di hari yang buruk itu, nggak satu pun rencana berjalan dengan baik. Atau nggak satu hal pun berjalan sesuai rencana. Semua terasa salah. Ya kan, hal yang kadang kita rasakan juga kan?

"Aku sendirian di ruang yang sepi. Merasa cemas. Kutinggikan suara televisi tapi mengapa orang-orang itu tertawa? Aku berharap hujan yang gelap turun."

"Angin hari ini terasa lebih dingin dari kemarin, jadi aku meringkuk lebih dalam ke dalam selimut. Tapi angin merasuk ke dalam dan membuatku merasa dingin di setiap sudut dan celah."


It's so gloomy yet comforting.

Through the Night

YAUDAH SIH KALO INI MAH UDAH JADI LAGU WAJIB SEMUA ORANG. Gue seneng banget dia rilis dan nulis lagu ini karena lagu ini sebagus itu. Pernah ada di satu masa gue suka banget sama lagu ini dan selalu gue dengerin sebelum tidur bahkan setelah bangun dari tidur (pas itu maksudnya masa-masa di mana gue belom insomnia). Tapi serius deh, lagu ini emang enak banget buat tidur, gak sih?!

Jadi inget pas Love Poem in Jakarta, dia harus ber-"ssssstttt!!!!" dulu sebelum nyanyi ini karena fans teriak terus. Dan dia lanjut nyanyi "Joheun kkum igil barayo..." ("Kuharap kau bermimpi indah..."). GUE MAU NANGIS KARENA KAKI GUE UDAH GAK BERASA KAN PAS ITU GUE SAKIT TERUS DINYANYIIN SAMA DIA KAYAK YA ALLAH ASTAGFIRULLAH BUKANNYA KE RUMAH SAKIT MALAH NONTON KONSER.

Gue nggak tahu apakah ada pembaca kaoskakibau yang belum dengerin lagu ini. Tapi just in case lo permbaca baru, here you go:


Lullaby

Album Love Poem tuh isinya memang lagu-lagu yang sangat comforting. Salah satunya Lullaby ini. Di sini menurut gue IU tuh cengkok-nya beda banget dari lagu-lagu lain yang ada di album itu. Liriknya juga sesuai untuk yang susah tidur karena menjanjikan ketenangan dan tidur yang nyenyak. Bahwa kita nggak akan bermimpi buruk dan kita bisa beristirahat dengan tenang dalam tidur malam ini.

IU pengin mereka yang mendengarkan lagu ini merasa nggak sendiri. YA ALLAH EMANG ITU SIH YANG GUE BUTUHKAN SELAMA GUE INSOMNIA. Sebuah keyakinan bahwa oke gue nggak sendirian di dunia ini bahwa ada Tuhan, teman-teman, dan semua keluarga di belakang gue yang pasti akan mendukung gue. Kalau aja gue lebih terbuka soal masalah gue.

"Aku akan selalu ada di sana untukmu dan hari-hari di mana aku tidak bisa lagi melihatmu..."

"Kau bisa melupakan semuanya, tidak apa-apa. Tidak apa-apa. Biarkan dia pergi..."

"My lullaby... baby sweet goodnight..."



BONUS: Dear Name

Nggak bisa nggak baper dengerin ini. Apalagi dengerin pas Live. Beruntung, di sesi encore di Love Poem in Jakarta dia mau bawain lagu ini di hari kedua. Karena dia pernah bilang lagu ini tuh salah satu yang susah dibawakan pas live. Dia juga bilang kalau dia nggak latihan buat ngebawain lagu ini pas di Jakarta. TAPI YA NGGAK LATIHAN AJA BISA SEBAGUS ITU ANJIR BODO AMAT AH U.

Lagu ini juga enak banget buat tidur. Asal jangan nangis ya...


Selamat tidur, kawanku yang susah tidur!

(Tulisan ini pernah tayang di KASKUS dengan judul 5 Lagu IU Buat Kamu yang Susah Tidur (Zzzzz...))

Share:

0 komentar